Pelatihan Pengelolaan Laporan Keuangan dan Manajemen Data Pada Rumah Qur’an Tegal dengan Menggunakan Sistem Informasi Berbasis Website

Angga Ardiansyah, Suleman Suleman, Ery Suryanti

Sari


Pendidikan Al-Qur'an memiliki peran yang sangat penting dan harus ditanamkan sejak usia dini dengan menghafal dan mempelajari Al-Qur'an. Pembelajaran Al-Qur'an adalah suatu ibadah bagi orang muslim karena membaca Al-Qur'an dapat menenangkan hati. Rumah Qur'an Kota Tegal merupakan tempat untuk belajar Al-Qur'an secara nonformal dengan menggunakan metode usyafahah dan ardul qiro'ah. Permasalahan yang dihadapi oleh Rumah Qur'an Tegal adalah kesulitan dalam pembuatan laporan keuangan dan pengelolaan data santri, guru, dan donatur yang masih dalam bentuk manual. Solusi untuk permasalahan tersebut adalah membuat pengembangan laporan keuangan dan aplikasi berbasis website serta memberikan pelatihan tentang pengelolaan laporan keuangan dan pengoperasian sistem manajemen pengelolaan data kepada admin. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah adanya sosialisasi, pelatihan penggunaan aplikasi sampai dengan pendampingan pasca penerapan aplikasi. Dalam hal ini yaitu pengembangan pengelolaan keuangan dan manajemen data pada Rumah Qur'an Tegal. Diharapkan dengan pelatihan dan pendampingan ke mitra akan memberikan dampak yang masif dalam peningkatan SDM dan kualitas pelayanan ke masyarakat yang lebih prima. Akhirnya dapat disimpulkan, bahwa pengurus rumah qurán sangat antusias dan tertarik mengikuti tahapan dari semua kegiatan yang dilaksanakan, ini dilihat dari jumlah kehadiran dan banyaknya pertanyaan dari peserta, aplikasi ini akan diterapkan di mitra, dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (santri) yang lebih prima sekaligus sebagai aset data digital Rumah Qurán di masa mendatang.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahyat, N. (2017). Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Edusiana: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 4(1), 24–31.

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264.

Asmah, A. Y. (2019). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Akuntabilitas Laporan Keuangan Pondok Pesantren Kholaf (Studi Kasus pada Pondok Pesantren Kholaf di Kabupaten Demak). UIN Walisongo Semarang.

Asrori, M. (2015). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah, 5(2), 26. https://doi.org/10.18860/jt.v6i2.3301

Asyafah, A. (2019). MENIMBANG MODEL PEMBELAJARAN (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). Tarbawy : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569

Gurendrawati, E., Murdayanti, Y., & Indriani, S. (2019). Pengembangan Potensi SDM Pesantren Melalui Pelatihan Pemahaman dan Pengetahuan Pengelolaan Keuangan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1). https://doi.org/10.30651/aks.v4i1.2513

Jandra, M. (2018). Pendidikan Islam dan Lapangan Kerja. Panangkaran: Jurnal Penelitian Agama Dan Masyarakat, 2(1), 121. https://doi.org/10.14421/panangkaran.2018.0201-07

Karmina, F. (2017). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas. Jurnal.Univpgri-Palembang.Ac.Id, 1, 13–20.

Niati, A., Suhardjo, Y., Wijayanti, R., & Hanifah, R. U. (2019). Pelatihan Pengelolaan Manajemen Keuangan dan Pelaporan Keuangan Akuntansi Pesantren bagi Pengelola Yayasan Pondok Pesantren X di Kota Semarang. Jurnal Surya Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.26714/jsm.2.1.2019.76-79

Nurhayati, Anjarwani, S. E., & Zubaidi, A. (2022). Sistem Informasi Keuangan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda KR. Tapen Berbasis Web. Jurnal Teknologi Informasi, 4(1), 1–10.

Rianto, H., Putri, A., & Aseandi, R. (2022). Peningkatan Kesejahteraan Keluarga Muslim Melalui Implementasi Manajemen Keuangan Islami. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1). https://doi.org/10.30651/aks.v6i1.4585

Riyadhi, B., Prasetyo, H., Fiorintari, F., Arindya, W. S., Khamim, K., Kurniasih, N., & Farizi, Z. Al. (2022). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan pada Pondok Pesantren Al I’tishom Berbasis Komputerisasi. Jurnal Abdinus : Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(1). https://doi.org/10.29407/ja.v6i1.16770

Satria, C. (2021). Implementasi Penginputan Dan Pelaporan Keuangan Manajemen Masjid Wilayah Sumatera Selatan. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.36908/akm.v2i1.294

Supriyati, Ramadhan S. Bahri, D. F. M. (2021). Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Pondok Pesantren pada Forum Pondok Pesantren Jawa Barat. Alkhdmat:Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2).

Supriyati, S., & Bahri, R. S. (2020). Model Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Laporan Keuangan Pondok Pesantren Berbasis SAK ETAP. Is The Best Accounting Information Systems and Information Technology Business Enterprise This Is Link for OJS Us, 4(2). https://doi.org/10.34010/aisthebest.v4i02.2749

Yahya, M. S. (1970). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Kemajuan Iptek. Insania : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 11(1), 63–75. https://doi.org/10.24090/insania.v11i1.99




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.16807

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.16807.g6112

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License