Peningkatan Kompetensi Keprotokolan dan Master of Ceremony Pada Anggota Organisasi Wanita dengan Metode CPDL

Jeni Wulandari, Gita Paramita Djausal

Sari


Organisasi seringkali dihadapkan pada kegiatan seremonial yang membutuhkan pemahaman protokoler dan public speaking, khususnya menjadi Master of Ceremony (MC). Pada praktiknya, pelatihan yang dilakukan berkenaan dengan public speaking lebih banyak pada aspek teoritis sehingga peserta organisasi tidak begitu merasakan perubahan kompetensi sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan. Hal ini menstimulus untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi keprotokolan dan MC dengan menggunakan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL). Sasaran dalam kegiatan ini adalah anggota organisasi wanita yang secara rutin memiliki kegiatan aktif baik secara formal maupun informal sehingga etika dan tata cara penyelenggaraan acara menjadi aturan pergaulan yang harus dipahami anggota organisasi. Terdapat peningkatan kompetensi protokoler dan MC pada peserta berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test yang dilakukan, baik pada materi maupun praktik. Hasil ini menunjukkan efektivitas penerapan metode CPDL dalam meningkatkan kompetensi peserta di bidang keprotokolan dan MC. Perlu dilakukan latihan berulang bagi peserta dengan aktif terlibat secara langsung pada kegiatan seremoni yang diselenggarakan organisasi untuk mendukung penguatan kompetensi sebagai MC profesional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dewi, S. I. R., Dewi, D. K., & Marlia, M. (2020). Komunikasi Keprotokolan Dalam Pelaksanaan Upacara Wisuda di Universitas Padjadjaran. JCommsci - Journal of Media and Communication Science, 3(1), 26–38. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i1.59

Diana, F., & Wahyuni, F. A. (2021). Efektivitas Metode Ceramah plus Demonstrasi dan Latihan dalam Meningkatkan Pemahaman Ubudiyah Santriwati pada Program Kuliah Subuh. Fakta: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 78. https://doi.org/10.28944/fakta.v1i2.302

Fitriani, Pananrangi, A. R., & Baharuddin, B. (2022). Pengaruh Metode Ceramah Plus dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa melalui Kualitas Proses Pembelajaran. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 2(2), 170–185. https://doi.org/10.59065/jissr.v2i2.45

Hafizah, E. (2019). Implementasi Tata Laksana Pedoman Master of Ceremony (MC) Bagi Siswa-Siswi Sekolah Dasar (Studi Kasus pada Siswa-Siswi Sekolah Dasar Alam Mahira Kota Bengkulu). Al-Hikmah, 13(1), 77. https://doi.org/10.24260/al-hikmah.v13i1.1336

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Hernani. (2014). Studi Tentang Penerapan Kegiatan Keprotokolan di Kantor Gubernur Provinsi Kalimantan Timur. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(3), 83–93. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=1592

Muhaimin, Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Metode CPDL (Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan) pada Siswa Kelas VIII G SMPN 5 Mandai. Equals, 3(1), 1–9. https://doi.org/10.46918/eq.v3i1.551

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif. Wacana, XIIII(2), 177–181. https://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/view/143

Pace, R. W., & Faules, D. F. (2018). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Remaja Rosdakarya.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374

Ritonga, N. A., Zulaekah, M., & Hidayah, H. (2021). Pelatihan Master of Ceremony (MC) Kegiatan Keagamaan Ibu-Ibu Pengajian Komplek Bukit Indah Karimun. Jurnal Al Muharrik Karimun, 1(1), 29–34. http://e-journal.stitmumtaz.ac.id/index.php/JURNAL-AL-MUHARRIK-KARIMUN/article/view/22/

Solihatun, S., Dinihari, Y., & Wijayanti, E. (2019). Penggunaan Layanan Penguasaan Konten dengan Pemanfaatan Bahan Rumah Tangga Bagi Lansia Jakarta Utara. SIMPONI: Peningkatan Kualitas Publikasi Ilmiah Melalui Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 912–921. https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.448

Sriwartini, Y., Yusreini Sabrie, N., & Lestari, A. (2021). Pelatihan Menjadi Master of Ceremony (MC) Acara Formal Untuk Pelajar SMK. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(3), 873–880. https://doi.org/10.30653/002.202163.790

Wahyuni, I., Junaidi, I., & Arifmiboy. (2022). Penerapan Metode Ceramah Plus dalam Pembelajaran PAI Selama Pandemi COVID-19 di Kelas 5 SD N 02 Rumbai Kabupaten Dharmasraya Semester Ganjil Tahun Ajaran 2021-2022. Jurnal Multidisiplin Imu, 1(1), 247–263. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i1.25




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.16750

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.16750.g6359

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License