Implementasi Budaya Literasi, Numerasi dan Teknologi di SDN 1 Purbadana Melalui Program KM 5

Dedi Purwanto, Primandani Arsi

Sari


Merdeka Belajar Kampus Merdeka merupakan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Salah satu program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka adalah Kampus mengajar (KM). KM memberikan sebuah kesempatan pada mahasiswa untuk improvisasi diluar kelas dengan cara bekerjasama dengan guru dan sekolah untuk melakukan sebuah inovasi pada model pembelajaran. Adapun target yang menjadi tujuan akhir adalah meningkatkan kemampuan literasi, numerasi dan teknologi di tingkat SD, SMP dan SMK. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dasar literasi, numerasi dan teknologi siswa di kelas 1 SD Negeri 1 Purbadana melalui program KM 5. Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) bulan. Adapun tahapan yang dilakukan yaitu observasi, pelaksanaan kegiatan, serta melakukan evaluasi di akhir kegiatan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil dari rangkaian proses kegiatan yang sudah dilaksanakan menunjukkan bahwa kemampuan literasi, numerasi dan teknologi siswa-siswi kelas 1 di SD 1 Purbadana meningkat, yang dilihat dari kelancaran menulis, membaca, berhitung, dan menggambar dari beberapa gabungan bangun datar yang di perlihatkan di papan tulis.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. In Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan (Vol. 8, Issue 9). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2023). Buku Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 5 (Kepala Program Kampus Mengajar - Pertukaran Mahasiswa Merdeka (KM - PMM), Ed.). Program Kampus Mengajar Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://pusatinformasi.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/15638029831705-Buku-Panduan-Kampus-Mengajar-Angkatan-5

Marbun, A. S. N., Tampubolon, E., Lumbantobing, F. S. L., Aryni, Y., & Hutasoit, R. (2022). Implementasi Budaya Literasi di SD Negeri 173320 Siborutorop melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 3. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Bangka Belitung, 9(1), 63–66. https://doi.org/10.33019/jpu.v9i1.3494

Marlina, T., & Halidatunnisa, N. (2022). Implementasi Literasi Sosial Budaya Di Sekolah Dan Madrasah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 426. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.1002

Meilia, A. T., & Erlangga, G. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar Sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar di Indonesia. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17(2), 120–128. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/42453

Perdana, R., & Suswandari, M. (2021). Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas Atas Sekolah Dasar. Absis: Mathematics Education Journal, 3(1), 9–15. https://doi.org/10.32585/absis.v3i1.1385

Prasetyo, R. A., & Andriani, A. (2021). Proses Pembelajaran Daring Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Terhadap Keaktifan Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 2 Pliken Kembaran Banyumas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 389–399. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.3490

Pratiwi, D. kartika P., & Sudibyo, E. (2018). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Komik Pada Materi Gerak Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMP Kelas VIII. Pensa: E-Journal Pendidikan Sains, 6(02), 290–295. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/24263

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rosita, D. A., & Damayanti, R. (2021). Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Perintis Pada Sekolah Dasar Terdampak Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.852

Simatupang, E., & Yuhertiana, I. (2021). Merdeka Belajar Kampus Merdeka terhadap Perubahan Paradigma Pembelajaran pada Pendidikan Tinggi: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 2(2), 30–38. https://doi.org/10.47747/jbme.v2i2.230

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157. https://doi.org/10.53802/fitrah.v1i1.13

Suhartoyo, E., Wailissa, S. A., Jalarwati, S., Samsia, S., Wati, S., Qomariah, N., Dayanti, E., Maulani, I., Mukhlish, I., Rizki Azhari, M. H., Muhammad Isa, H., & Maulana Amin, I. (2020). Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar. Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat, 1(3), 161. https://doi.org/10.33474/jp2m.v1i3.6588

Warsidah, W., Amir, A., Linda, R., Sofiana, M. S. J., & Satyahadewi, N. (2022). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Adaptasi Teknologi Melalui Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar No 5 Sejajah Kabupaten Bengkayang. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 163–172. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1959

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar melalui Kampus Mengajar Perintis di Sekolah Dasar. METODIK DIDAKTIK Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 16(2), 102–107. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30125




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.16455

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.16455.g6345

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License