Optimalisasi Website Bycraft.Id Untuk Penjualan Produk Kerajinan Penyandang Disabilitas Desa Krebet Kabupaten Ponorogo

Anang Martoyo, Suparman Hi Lawu, Putriarrum Kusuma Wardani, Windi Indah Purnamasari, Izaz Hafighaniyyu

Sari


Penggunaan Website bycraft.id sebagai media pemasaran produk kerajinan penyandang disabilitas di Lembaga Kasih Sayang (LKS) Desa Krebet, Kabupaten Ponorogo belum dimanfaatkan secara maksimal untuk mendukung penjualan produk kerajinan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan website bycraft.id oleh relawan LKS. Metode yang digunakan yaitu 1) identifikasi masalah menggunakan data primer yang melibatkan pengurus lembaga dan relawan melalui wawancara mendalam, diskusi, dan observasi, 2) menyusun program pembimbingan dan pelatihan dalam penggunaan website, 3) pelaksanaan pengabdian di Lembaga Kasih Sayang Desa Krebet, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo pada tanggal 18 Desember 2021 – 27 Maret 2022 kepada 20 relawan LKS, 4) monitoring penjualan dan melakukan survey kepada pelanggan untuk mengetahui efektivitas penggunaan website Bycraft.id, 5) kesimpulan. Hasil survey menunjukkan bahwa 88,2% responden merasa mudah dalam menggunakan website bycraft.id sebagai media untuk melakukan pembelian dan pembayaran. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abadi, S., Sari, R. P., Maseleno, A., & Sutrisna. (2021). Pemanfaatan E-Commerce Berbasis Web Mobile Pada Pemasaran Produk UMKM Kerajinan Batok Kelapa di Kecamatan Adiluwih. NEAR, 1(2), 1–10. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/nr/article/view/267

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. Jurnal SEMAR, 11(2), 92–101. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Fattah, F., & Azis, H. (2020). Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyebaran Informasi Pada Desa Tonasa Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar. Ilmu Komputer Untuk Masyarakat, 1(1), 15–20. https://doi.org/10.33096/ilkomas.v1i1.771

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. Jurnal Manajemen Dewantara, 1(2), 62–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Harto, D., Pratiwi, S. R., Utomo, M. N., & Rahmawati, M. (2019). Penerapan Internet Marketing dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 39–46. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3033

Haryono, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Website terhadap Penjualan Produk Pengusaha UMKM pada Asosiasi Industri Kreatif Depok. Sosio E-Cons, 10(1), 39–46. https://doi.org/10.30998/sosioekons.v10i1.2324

Jasri, Arfan, A., Hasanuddin, & Hasan, H. A. (2022). Penerapan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah. Iltizam Journal of Shariah Economic Research, 6(2), 212–225. https://doi.org/10.30631/iltizam.v6i2.1452

Mahmud, M. (2022). Pemanfaatan Media Sosial & E-Commerce Guna Peningkatan Penjualan Produk UMKM Pada Masa Pandemi. Mopolayio, 2(1), 20–29. https://mopolayio.fe.ung.ac.id/index.php/mopolayio/article/view/43

Martoyo, A., Hendrawan, S. A., & Hesananda, R. (2022). Perencanaan Strategi Pemasaran Tanaman Hias Taman Anggrek Ragunan di Masa Pandemi Covid-19. Widya Cipta, 6(2), 114–123. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v6i2.12379

Noerchoidah, & Nurdina. (2022). Media Website Sebagai Solusi Promosi Penjualan pada UMKM. Jurnal Kreativitas Dan Inovasi, 2(1), 1–6. https://doi.org/10.24034/kreanova.v2i1.5212

Raharja, S. J., & Natari, S. U. (2021). Pengembangan Usaha UMKM di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Penggunaan dan Pengelolaan Media Digital. Kumawula, 4(1), 108–124. https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361

Septarina, L., Hakim, L., Febriani, O. M., & Azim, F. (2023). Pelatihan Pembuatan Website untuk Pemasaran Produk UMKM Desa Ceringin Asri. NEAR: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 1–4. https://doi.org/10.32877/nr.v2i2.747

Silalahi, P. R., Wahyudi, I. H., Nurul, M. T., & Rahman, A. Z. (2019). Peran E-Commerce dalam Menopang Keberhasilan UMKM di Indonesia. Jurnal Masharif Al-Syariah, 7(4), 1–13. https://doi.org/10.30651/jms.v7i4.13930

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui Media Sosial dan E-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(259–279). https://doi.org/10.24198/jmk

Ulumuddin, D. I. I., Haryadi, T., Prabowo, D. P., & Ihwan, A. M. (2022). Adaptasi Digital Marketing berbasis Website untuk Produk UMKM Fatikha Sweet Honey. Jurnal Informatika Upgris, 8(1), 55–61. https://doi.org/10.26877/jiu.v8i1.11524




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.15722

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.15722.g6348

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License