Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pemrograman Aplikasi Mobil Menggunakan Flutter di SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta
Sari
Pembelajaran di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan lebih mengarah pada penekanan siswa untuk siap kerja. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah 1 Yogyakarta merupakan sekolah yang memiliki peminatan kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Siswa RPL diajarkan untuk memprogram dan mengembangkan aplikasi mulai dari tingkat dasar sampai tingkat menengah. Bahasa pemrograman yang diajarkan pada peminatan Rekayasa Perangkat Lunak masih menggunakan Hypertext Preprocessor (PHP). Sedangkan untuk mengarah ke pemrograman secara mobil, bahasa pemrograman PHP tidak terlalu mendukung. Oleh karena itu dilakukan pengabdian kepada masyarakat dengan bentuk pelatihan pemrograman aplikasi mobil menggunakan platform flutter melalui bahasa pemrograman dart. Dari pelatihan yang telah dilakukan menghasilkan peningkatan yang cukup, meskipun tidak terlalu signifikan. Hasil peningkatan tersebut ditunjukan pada semua kategori penilaian, diantaranya indikator dasar pengetahuan pemrograman mobil dari 71 persen menjadi 79 persen, pemahaman penggunaan alat flutlab.io dari 33 persen menjadi 44 persen dan cara penulisan kode pemrograman mobil menggunakan dart dari 40 persen menjadi 46 persen.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afriyudi, A., Abdillah, L., Marlindawati, & Fatmasari. (2022). Pelatihan Pemrograman Mobile Berbasis Cloud (SMA Unggulan Negeri 17 Palembang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, 1(September), 7–16. https://doi.org/10.33557/jpm_itech.v1i2.1855
Alhalafawy, W. S., Najmi, A. H., Zaki, M. Z. T., & Alharthi, M. H. (2021). Design an Adaptive Mobile Scaffolding System According to Students’ Cognitive Style Simplicity vs Complexity for Enhancing Digital Well-Being. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 108–127. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i13.21253
Angriani, L., & Dayat, A. R. (2019). PKM Peningkatan Kompetensi Guru dan Siswa Melalui Pelatihan Pemrograman dan Jaringan Komputer pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kota Jayapura. ABDIMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 23(2), 92–98. https://doi.org/10.15294/abdimas.v23i2.16463
Chang, R., & Little, T. D. (2018). Innovations for Evaluation Research: Multiform Protocols, Visual Analog Scaling, and the Retrospective Pretest-Posttest Design. Evaluation & the Health Professions, 41(2), 1–24. https://doi.org/10.1177/0163278718759396
Diningrat, M. S. M., Soedjiono, B., & Henderi, H. (2019). Evaluasi Penerimaan Aplikasi Mobile Banking BNI Terhadap Minat Nasabah Menggunakan UTAUT Studi Kasus:BNI Cabang UGM. Jurnal INFORMA Politeknik Indonusa Surakarta, 5(4), 9–13. https://doi.org/10.46808/informa.v5i4.132
Peraturan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) (2018).
Kuswoyo, D. (2022). Pelatihan Membuat Aplikasi Android Pemula untuk Para Peserta Pencari Kerja. Seminar Nasional Pengabdian kepada Masyarakat (Senpedia), 77–84. https://prosiding.polimedia.ac.id/index.php/senpedia/article/view/11
Lutfina, E., & Wardhani, A. K. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Pemrograman Berbasis Blok Bagi Anak. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 01(1), 107–111. https://doi.org/10.24246/jms.v1i12020p107-111
Muslim, M., Sari, R. P., & Rahmayuda, S. (2022). Implementasi Framework Flutter pada Sistem Informasi Perpustakaan Masjid. Jurnal Komputer dan Aplikasi, 10(01), 46–59. https://dx.doi.org/10.26418/coding.v10i01.52178
Oliveira, T., Martins, R., Sarker, S., & Thomas, M. (2019). Understanding SaaS adoption: The moderating impact of the environment context. International Journal of Information Management, 49(February), 1–12. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2019.02.009
Sari, T. A., & Soenarno, S. M. (2008). Pendidikan dan Pelatihan Konservasi Alam Bagi Siswa dan Guru SD Melalui Metode Learning by Game. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Biologi, 15–20. http://seminar.uny.ac.id/semnasbio/prosiding/pendidikan-dan-pelatihan-konservasi-alam-bagi-siswa-dan-guru-sd-melalui-metode-learning
Sugiharto, B., Sambada, F. R., Purwadianto, D., & Kusbandono, W. (2021). Pelatihan Pemrograman Komputer dengan Visual Basic Pada Siswa SMK Pangudi Luhur Muntilan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 82–87. https://doi.org/ 10.24071/aa.v4i2.3488
Syafruddin, Musahrain, Noviati, W., Safitri, A., & Suhendra, R. (2020). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan Di Bidang TIK Bagi Guru SD Negeri Leseng Moyo Hulu. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 3(4). https://doi.org/10.29303/jppm.v3i4.2207
Yuhenita, N. N., Majid, Y. M., Murat, A. R., Muliyani, R., Alfahmi, R. A., & Abdillah, M. Z. (2021). Pendampingan Dalam Menghadapi Pembelajaran di Masa Pandemi Bagi Warga Dusun Macanan. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 215. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.3711
Zulfadhilah, M., & Hidayah, N. (2020). Pengenalan Aplikasi Android Sebagai Bahan Bantu Pengajaran Mata Pelajaran Kimia SMA. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 345–348.
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.15267
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.15267.g6346
Terindex oleh:
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License