PKM Guru SDK Yaperna Jak Kefamenanu dalam Peningkatan Keterampilan Penulisan Sitasi Artikel Jurnal Berbasis Software Mendeley

Iswan Afandi, Rika Handayani, Adelya I. Manalu, Debora Chrisinta, Juanda Juanda

Sari


Mitra yang diabdi dalam kegiatan PKM ini ialah guru-guru di SDK Yaperna Jak Kefamenanu. Masalah yang dialami para guru ialah: (1) guru tidak mampu mengunduh dan membuat akun mendeley; dan (2) guru tidak mampu menulis sitasi berbasis mendeley sehigga tidak memiliki keterampilan dalam menulis sitasi berbasis mendeley. Oleh karena itu, kegiatan PKM bertujuan agar guru-guru SDK Yaperna Jak mampu menulis sitasi dalam artikel jurnal berbasis mendeley. Metode yang dipakai dalam penyampaian materi ialah metode ceramah, demonstrasi, diskusi, dan sesi tanya jawab bersama peserta yang diabdi. Hasil yang telah dicapai, yaitu: 1) guru dapat membuat akun dan mengunduh aplikasi mendeley; 2) guru dapat membuat daftar pustaka dengan mendeley sehingga memiliki keterampilan dalam penulisan artikel jurnal dengan memanfaatkan mendeley.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afandi, I., & Akbar, F. (2021). PKM: Software Mutakhir (Zotero) untuk Peningkatan Keterampilan Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. Aptekmas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 43–47. https://doi.org/https://doi.org/10.36257/apts.v4i2.3356

Cahnia, Z. A. (2021). Pemanfaatan Mendeley Sebagai Manajemen Referensi pada Penulisan Skripsi Mahasiswa Program Studi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Bengkulu. Palimpsest: Jurnal Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 12(1), 48–54. https://doi.org/10.20473/pjil.v12i1.26471

Gunawan, I., Triwiyanto, T., & Kusumaningrum, D. E. (2018). Pendampingan penulisan artikel ilmiah bagi para guru sekolah menengah pertama. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 128–135. www.sciencedirect.com;

Haunschild, R., & Bornmann, L. (2016). Normalization of Mendeley reader counts for impact assessment. Journal of Informetrics, 10(1), 62–73. https://doi.org/10.1016/j.joi.2015.11.003

Nurcahyadi, I. (2021). Panduan Instalasi Mendeley. Yogyakarta: Institut Seni Indoensia Surakarta. http://digilib.isi.ac.id/9566/1/Panduan Instalasi Mendeley.pdf

Patak, A. A., Naim, H. A., & Hidayat, R. (2016). Taking mendeley as multimedia-based application in academic writing. International Journal on Advanced Science, Engineering and Information Technology, 6(4), 557–560. https://doi.org/10.18517/ijaseit.6.4.890

Patak, A. A., & Tahir, M. (2019). Avoiding plagiarism using mendeley in Indonesian higher education setting. International Journal of Evaluation and Research in Education, 8(4), 686–692. https://doi.org/10.11591/ijere.v8i4.20268

Ramadhan, K., Hafid, F., & Nurfatimah, N. (2021). Dominasi Mendeley sebagai Manajer Referensi pada artikel Ilmiah di Indonesia. Publishing Letters, 1(1), 20–25. https://doi.org/10.48078/publetters.v1i1.6

Reiswig, J. (2010). Mendeley. Journal of the Medical Library Association : JMLA, 98(2), 193–194. https://doi.org/10.3163/1536-5050.98.2.021

Thelwall, M. (2019). Do Mendeley reader counts indicate the value of arts and humanities research? Journal of Librarianship and Information Science, 51(3), 781–788. https://doi.org/10.1177/0961000617732381

Triyanto, T., Yana, R. H., & Nurkhalis, N. (2020). Sosialisasi Mendeley Pada Mahasiswa Universitas Teuku Umar. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), 7. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2053

Ulfa, M. (2019). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah bagi Guru di SMP negeri 3 Kamal. Jurnal Abdiku, 2(No. 2), 1–9. https://www.dosenpendidikan.com

Vaidhyanathan, V., Moore, M., Loper, K. A., Schaik, J. Van, & Goolabsingh, D. (2012). Making Bibliographic Researchers More Efficient: Tools for Organizing and Downloading PDFs, Part 1: iCyte, Mendeley Desktop, Papers, PDF Stacks, PubGet PaperPlane, WizFolio, and Zotero. Journal of Electronic Resources in Medical Libraries, 9(1), 47–55. https://doi.org/10.1080/15424065.2012.680314

Wahyuningtyas, N., & Ratnawati, N. (2018). Pelatihan Dan Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru-Guru Ips Kabupaten Malang. Jurnal Praksis Dan Dedikasi Sosial, 1(1), 40. https://doi.org/10.17977/um032v0i0p40-47

Widagdo, A., & Susilo, S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru-Guru Sd Di Kecamatan Kendal. Abdimas Unwahas, 3(1), 25–29. https://doi.org/10.31942/abd.v3i1.2234




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15187

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15187.g6059

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License