Gaungkan Bahasa Arab Melalui Program Pengabdian Internasional di MaBIQ Pahang Kuantan Malaysia

Khoeriyah Ajeng Prasasti, Nurul Wahdah, Hamidah Hamidah, Aulia Mustika Ilmiani

Sari


Popularitas bahasa Arab saat ini tengah naik, mengingat kedudukannya sebagai bahasa asing mulai diperhitungkan dan banyak digunakan dalam berbagai kesempatan. Peran mahasiswa bahasa Arab sebagai generasi penerus, pelopor, dan pendidik bahasa Arab juga dituntut agar bisa menyeimbangi kepopularitasan dari bahasa Arab itu sendiri. Berawal dari itu, maka perlu diadakan sebuah kegiatan yang dapat membantu mahasiswa dalam meningkatkan wawasan dan keterampilan di bidang bahasa Arab agar pengetahuan mahasiswa tidak cukup dalam satu wadah saja. Salah satu bentuk perwujudan dari hal tersebut adalah dengan diadakannya program pengabdian bertaraf internasional di Mahad Bahasa dan Ilmu Qur’an (MaBIQ) Malaysia. Pada pelaksanaannya program ini metode yang digunakan adalah  pelatihan dan dilaksanakan selama seminggu dengan fokus pembelajaran mengarah kepada materi durushulughah dan khitobah. Kegiatan pengabdian ini diikuti oleh 120 santri yang dibagi menjadi 4 kelas dengan 4 pengajar yang berasal dari mahasiswa Indonesia. Berdasarkan hasil dari kegiatan ini, diketahui santri yang mengikuti pembelajaran bahasa Arab menjadi lebih terampil dan percaya diri menggunakan bahasa Arab, hal ini dibuktikan melalui perolehan rata-rata peningkatan kepercayaan diri sebesar 70%, penguasaan mufrodat sebesar 55% dan kemampuan berinteraksi menggunakan bahasa Arab 55% serta ditambah adanya penampilan persembahan yang ditampilkan kepada para pengajar di malam penutupan kegiatan pengabdian.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Damayanti, E., & Yolanda, Y. (2016). Optimalisasi Upaya Menduniakan Bahasa Indonesia Melalui Peran Mahasiswa.

Hamidah, H. (2019). Arabic Language: Between Learning And Necessity And Responsibility. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 7(1), 35–44.

Ilmiani, A. M., & Muid, A. (2021). Bi’ah Lughawiyyah Era Society 5.0 Melalui Penggunaan Media Sosial Mahasiswa. Arabi : Journal Of Arabic Studies, 6(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.24865/Ajas.V6i1.348

Muriyatmoko, D., Pradhana, F. R., & Musyafa, Z. A. (2019). Durus Al-Lughah Gontory: Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula Menggunakan Metode Langsung. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (Jtiik), 6(1), 77–84.

Nasrulloh, M. F., Nasoih, A. K., Satiti, W. S., & Afifa, S. K. (2020). Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Pelatihan Dan Permainan Bahasa Arab. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1.

Norhidayah09, N., Marsiah, M., & Ilmiani, A. M. (2022). Pengaruh Gaya Belajar Audio Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Taqdir, 8(1), 35–47. Https://Doi.Org/10.19109/Taqdir.V8i1.9744

Prasasti, K. A., Marsiah, M., Ajahari, A., & Surawan, S. (2022). Bimbingan Belajar Bahasa Arab Dasar Bagi Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Karya Wisata: Wahatul Mujtama’: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.36701/Wahatul.V3i2.581

Pratama, R. (2022). Macam-Macam Dialek Bahasa Inggris Dan Potensinya Dalam Memunculkan Kesalahpahaman Pada Komunikasi Lintas Budaya. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(4), Article 4.

Rois, I. N. (2021a). Peran Mahasiswa Bahasa Arab Dalam Pembelajaran Bahasa Pada Unit Kegiatan Mahasiswa (Ukm) Al-Muharrir Stai Masjid Syuhada Yogyakarta. International Conference Of Students On Arabic Language, 5(0), Article 0.

Rois, I. N. (2021b). Perkembangan Bahasa Arab Di Nusantara. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab, 0, Article 0.

Sa’adah, N. (2019). Problematika Pembelajaran Nahwu Bagi Tingkat Pemula Menggunakan Arab Pegon. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 15–32.

Sa’diyah, H., & Abdurahman, M. (2021). Pembelajaran Bahasa Arab Di Indonesia: Penelitian Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Asing. Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 51–69. Https://Doi.Org/10.32699/Liar.V5i1.1665

Semiun, T. T., Wisrance, M. W., Napitupulu, M. H., Seran, Y., Luruk, F. D., & Pale, E. S. (2022). Pelatihan Pidato Bahasa Inggris Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Speaking. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(02), 2015–2222. Https://Doi.Org/10.25134/Empowerment.V5i02.5516

Setyo Rini, F., & Abdullah, A. F. (2020). Utilization Of Visual Learning-Based Arabic Learning Multimedia To Improve Arabic Language Skills Of Female Students At University Of Darussalam Gontor. Jurnal At-Ta’dib Vol, 15(2).

Wahdah, N. (2021). Tathawwur Mu’taqadāt Al-Thullāb Haula Ta’allum Al-Lughah Fi Barnāmaj Daurah Al-Lughah Al-Arabiyyah Al-Mukatstsafah ‘Abr Al-Jinsi Wa Al-Khalfiyāti Al-Tarbawiyyah: Dirāsah Maqta’iyyah Wa Thūliyyah. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 4(1), Article 1. Https://Doi.Org/10.35931/Am.V4i1.536




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15063

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.15063.g6057

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License