Peningkatan Kesiapsiagaan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi dan Kebakaran

Dendy Kharisna, Wardah Wardah, Delviana Safitri, Devi Andriyani, Siti Masyita, Linda Erica, White Asmara Gulo

Sari


Indonesia merupakan salah satu negara yang rawan akan bencana. Banyak dampak bencana yang dapat terjadi, mulai dari kerusakan bangunan, rumah, fasilitas pelayanan dasar, sekolah dan juga kesehatan. Selain itu, juga menimbulkan korban jiwa pada berbagai kelompok usia. Masih rendahnya tingkat pengetahuan, kesiapsiagaan masyarakat khususnya kelompok usia anak menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Anak sebagai kelompok rentan bencana perlu diberikan sosialisasi berupa edukasi tentang bencana gempa bumi dan kebakaran yang umumnya terjadi. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan kesiapsiagaan siswa terhadap bencana khususnya gempa bumi dan kebakaran. Metode kegiatan dilakukan secara tatap muka langsung dengan metode ceramah, pembelajaran bernyanyi, dan juga simulasi. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 13 dan 15 Desember 2022 di SDN 67 dan SDN 109 Pekanbaru dengan total peserta sebanyak 65 siswa. Tahapan kegiatan dimulai dari persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan diakhiri dengan penyusunan laporan serta publikasi hasil kegiatan. Peserta juga diberikan kuesioner untuk menilai pengetahuan tentang bencana gempa bumi dan kebakaran. Hasil kegiatan didapatkan rata-rata tingkat pengetahuan peserta masih dalam kategori sedang. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan berlangsung dengan lancar dan baik yang ditandai adanya peningkatan pengetahuan, respon, dan pemahaman siswa mengenai kesiapsiagaan saat bencana gempa bumi dan kebakaran. Selama dilakukan edukasi dan simulasi siswa juga menunjukkan ketertarikan dan semangat yang positif serta antusias terhadap materi dan pengalaman yang diberikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arisona, R. D. (2020). Sosialisasi Dan Simulasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Dalam Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa Sdn 2 Wates Ponorogo. ASANKA: Journal of Social Science And Education, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21154/asanka.v1i1.1939

Ashari, M. L., Prastiwi, T. R., Annabila, A. R., Rahmadani, N. R., & Kusuma, A. D. P. (2018). Sosialisasi Kebakaran Dan Penangannya Pada Siswa Sekolah Dasar Di Surabaya Guna Meningkatkan Self-Readiness Terhadap Bencana Kebakaran. Jurnal Cakrawala Maritim, 1(1), 21–24. https://doi.org/10.35991/cakrawalamaritim.v1i1.428

Ayub, S., Kosim, Gunada, I. W., & Verawati, I. N. S. P. (2020). Analisis Kesiapsiagaan Bencana Pada Siswa Dan Guru. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika 6.1 (2020): 129-134., 6, 129–134.

Ernawati, R., Dirdjo, M. M., & Wahyuni, M. (2021). Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana di SD Muhammadiyah 4 Samarinda. Journal of Community Engagement in …, 4(2), 393–399. https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/258

Hafida, S. H. N. (2018). Urgensi pendidikan kebencanaan bagi siswa sebagai upaya mewujudkan generasi tangguh bencana. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 28(2), 1–10. https://journals.ums.ac.id/index.php/jpis/article/view/7374

Hayudityas, B. (2020). Pentingnya Penerapan Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Untuk Mengetahui Kesiapsiagaan Peserta Didik. Edukasi Nonformal, 1(2), 94–102. https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0A

Hutagalung, R., Permana, A. P., Uno, D. A. N., Al Fauzan, M. N., & H Panai, A. A. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Tentang Pentingnya Mitigasi Bencana di Desa Hutamonu, Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 96–100. https://doi.org/10.34312/ljpmt.v1i2.15660

Indriasari, F. N., & Kusuma, P. D. (2020). Peran Komunitas Sekolah Terhadap Pengurangan Risiko Bencana Di Yogyakarta. Jurnal Perawat Indonesia, 4(2), 395. https://doi.org/10.32584/jpi.v4i2.556

Kemendikbud. (2015). Modul 1 Pilar 1 Fasilitas Sekolah Aman. In Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri.

Maidaneli, & Ernawati. (2019). Kesiapsiagaan Sekolah Dasar Tsunami Di Kecamatan Pariaman Tengah. Jurnal Kapita Selekta Geografi, 2(2012), 89–100.

Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi Kebencanaan Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Terhadap Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55.

Rustam, E., Mutthalib, N. U., & Rahman, H. (2022). Pengaruh Edukasi Mitigasi Bencana Banjir Melalui Video Animasi Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Anak Usia 8-13 Tahun. 3(3), 2756–2764.

Salsabila, W. S., & Dinda, R. R. (2021). Pembelajaran Mitigasi Bencana di Sekolah Dasar dengan Metode Demonstrasi. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 1(2014), 115–120. https://doi.org/10.30595/pssh.v1i.83

Simeulu, P., & Asmanidar. (2020). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan terhadap Kesiapsiagaan Menghadapi Bencana Gempa Bumi pada Siswa SD No 7 Labuhan Haji Kabupaten Aceh Selatan. 8(3), 379–386.

Widjanarko, M., & Minnafiah, U. (2018). Pengaruh Pendidikan Bencana Pada Perilaku Kesiapsiagaan Siswa. Jurnal Ecopsy, 5(1), 1. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v5i1.4878




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14882

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14882.g6054

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License