Peningkatan Literasi Keuangan Anak Sejak Dini pada Sekolah PAUD Melati Surabaya Melalui Gamifikasi

Gesti Memarista, Natalia Kristina

Sari


Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan pada Sekolah PAUD Melati Surabaya. Tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi keuangan sejak dini pada siswa PAUD. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian masyarakat yakni dengan metode gamifikasi. Terdapat tiga puluh siswa dan lima guru yang dikenal dengan bunda PAUD yang mengikuti kegiatan abdimas. Pelaksanaan kegiatan dilakukan oleh dua dosen dan empat mahasiswa dari Fakultas Bisnis Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Metode gamifikasi menjelaskan penyampaian materi manajemen keuangan yakni terkait belajar mengelola uang dengan cara menabung melalui celengan sederhana yang dibagikan kepada para siswa. Metode gamifikasi ini akan mempermudah membantu siswa dan guru PAUD untuk mengaplikasikan pengelolaan keuangan secara sederhana yaitu melalui sistem belajar sembari bermain. Hasil pemberian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah peningkatan literasi keuangan bagi siswa PAUD untuk belajar hemat dan menabung yakni dengan akurasi dari 71% sebelum Abdimas menjadi 96% setelahnya. Melalui metode gamifikasi ibu guru PAUD memperoleh informasi baru berupa cara dalam sistem belajar keuangan sembari bermain yang meningkatkan literasi keuangan dari 87% menjadi 93% setelah abdimas, selain itu juga dapat membantu wali murid PAUD untuk turut serta memberikan pemahaman keuangan dalam keluarga yang menjadi lebih mudah saat celengan dibawa pulang dan diulas kembali dalam kelas selama pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat. Peningkatan literasi keuangan orang tua atau wali murid PAUD dari sebelum kegiatan abdimas adalah 71%, menjadi 96% setelah adanya diskusi bersama terkait kemampuan literasi keuangan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amini, M. (2015). Profil keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia TK. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 10(1), 9–20.

Ariyani, D. (2018). Pendidikan literasi keuangan pada anak usia dini di TK Khalifah Purwokerto. Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender Dan Anak, 13(2), 175–190.

Asnawi, M., Matani, C. D., & Patma, K. (2019). Pengenalan pendidikan literasi keuangan bagi anak usia dini pada kelas binaan jurusan akuntansi di Buper. The Community Engagement Journal: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1–8.

Fadilla, D. A., & Nurfadhilah, S. (2022). Penerapan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Inovasi Kurikulum, 19(1), 34–43.

Fardana, N. A., & Tairas, M. M. W. (2012). Pengembangan model parental involvement sebagai strategi stimulasi kemampuan literasi pada anak usia 4-6 tahun di wilayah pedesaan Kabupaten Gresik. INSAN, 14(3), 179–193.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2013). The economic importance of financial literacy: theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 1–63.

Marisa, F., Akhriza, T. M., Maukar, A. L., Wardhani, A. R., Iriananda, S. W., & Andarwati, M. (2020). Gamifikasi (Gamification) Konsep dan Penerapan. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(3), 219–228.

Memarista, G., Alfa Setyawan, A., Kristina, N., Dahana Mokoginta, D., & Saujaningati Kristyanto, V. (2022). Education and assistance for strengthening micro business institution at GKI EMAUS Surabaya. Abdimas, 26(1), 54–58.

Memarista, G., Kristyanto, V. S., & Kristina, N. (2022). What drives Indonesian financial satisfaction in the pandemic? Jurnal Manajemen Maranatha, 21(2), 155–164.

Mokoginta, D. D., Memarista, G., Setyawan, A. A., Kristyanto, V. S., & Kristina, N. (2022). Community service: Education and service learning for micro business’s parachurch. Sewagati, 6(6), 783–787.

Novieningtyas, A. (2018). Pentingnya edukasi literasi keuangan sejak dini. MANNERS, I(2), 133–137.

Rapih, S. (2016). Pendidikan literasi keuangan pada anak: Mengapa dan bagaimana? Scholaria, 6(2), 14–28.

Retnaningtya, M. S., & Paramitha, P. P. (2015). Keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di TK Anak Ceria (Parental involement in education at TK Anak Ceria). Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 4(1), 9–17.

Sirine, H., & Utami, D. S. (2016). Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku menabung di kalangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 27–52.

Sitorus, M. B. (2016). Studi literatur mengenai gamifikasi untuk menarik dan memotivasi: Penggunaan gamifikasi saat ini dan kedepan. Studi Literatur, 1(1), 1–10.

Yusbardini, & Darryl. (2022). Penyuluhan literasi keuangan sejak dini di TK Gema Nurani pejuang Bekasi. Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat (PRIMA), 1(4), 27–32.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14789

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14789.g6096

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License