Pelatihan Pembuatan Konten LMS bagi Guru di MTs Hasyim Asy’ari Kecamatan Gebog

Suci Herwani, Siti Qomariyah

Sari


Kemunculan konsep e-learning juga tidak terlepas dari adanya pandemi covid-19 yang menyebar hampir di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Karena adanya pandemi covid 19 ini, pembelajaran yang awalnya dilakukan secara konvensional dengan tatap muka harus diganti dengan full online, blended, dan kemudian berganti menjadi full tatap muka lagi. Sehingga guru harus dapat menggunakan berbagai perangkat berbasis teknologi agar pembelajaran dapat tetap berjalan. Padahal, tidak semuanya siap menghadapi perubahan pada pembelajaran. Masih banyak guru yang belum bisa membuat konten pembelajaran yang menarik. Padahal konten yang menarik merupakan nyawa dalam pelaksanaan pembelajaran di era pandemi ini. Oleh karena itu, pengabdian kepada masyarakat ini  bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada guru MTs tentang pembuatan konten pembelajaran yang menarik dan inovatif. Metode pengabdian kepada masyarakat dilakukan melalui beberapa tahapan yakni pelatihan, praktik, dan pendampingan. Hasil dari pengabdian masyarakat ini yakni para peserta pelatihan (guru) dapat membuat konten pembelajaran LMS melalui pembuatan video pembelajaran serta para peserta memperoleh pengetahuan dan pengalaman bagaimana membuat konten pembelajaran yang menarik dan inovatif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Affouneh, S., Salha, S., & Khlaif, Z. N. (2020). Designing Quality E-Learning Environments for Emergency Remote Teaching in Coronavirus Crisis. Interdisciplinary Journal of Virtual Learning in Medical Sciences, 11(2), 135–137. https://staff.najah.edu/en/publications/10560/

Al Ghozali, M. I., Fatmawati, S., & Mustoip, S. (2021). Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Pada Era Pandemi Covid 19. EduBase: Journal of Basic Education, 2(2), 61–68. https://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/edubase/article/view/427

Alghizzawi, M., Habes, M., Salloum, S. A., Ghani, M. A., Mhamdi, C., & Shaalan, K. (2019). The Effect of Social Media Usage on Students’ E-learning Acceptance in Higher Education: A Case Study from The United Arab Emirates. International Journal of Information Technology and Language Studies, 3(3), 13–26. https://journals.sfu.ca/ijitls/index.php/ijitls/article/view/109

Andayani, D. D., Fathahillah, F., & Abdal, N. M. (2020). Penerapan E-Learning Sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Semnas, 199–228. https://doi.org/10.14527/9786052415726.12.

Faridi, A. (2022). Implementasi E-Learning Sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19 di MAN 1 Karanganyar. Jurnal Educandum, 8(1), 98–106. https://blamakassar.e-journal.id/educandum/article/view/701

Guan, W., Ni, Z., Hu, Y., Liang, W., Ou, C., He, J., Liu, L., Shan, H., Lei, C., Hui, D. S. C., Du, B., & Li, L. (2020). Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 in China. The New England Journal of Medicine, 382(18), 1708–1720. https://doi.org/10.1056/nejmoa2002032.

Hakim, L., & Agung, H. (2018). Kajian Desain E-Learning Universitas Bunda Mulia Berdasarkan Spesifikasi E-Learning. Prosiding Semnastek, 17(0), 1–8. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/view/3404

Hikmah, I., Rochmanto, R. A., Yusro, M., Nurlaili, N., Permatasari, I., & Ikhwan, S. (2022). Pengimplementasian Learning Management System (LMS) untuk Membantu Pembelajaran Daring di SMA IT Al-Irsyad Al-Islamiyyah Purwokerto. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation, 2(1), 66–72. https://doi.org/10.20895/ijcosin.v2i1.378.

Istiarsono, Z. (2022). Pelatihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Bagi Guru SMA YPK Tenggarong. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 1–8.

Nada, C., & Sari, Y. (2023). Pemanfaatan Program E-Learning Divisi Humas Kementerian Koperasi Dan Usaha Kecil Menengah Di Era Pandemi Covid 19. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4).

Septia, F. (2019). Pengembangan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Sekolah Menengah Sederajat. Jurnal Tata Rias, 9(2), 1–10. https://doi.org/10.21009/9.2.1.2009.

Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas, A. (2020). Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Axiologiya/article/view/3470

Ucu, N. L., Paturusi, S. D. E., & Sompie, S. R. U. A. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196.

Yanti, F. A., Kristiawan, M., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2021). Pembuatan Konten Online Learning untuk Guru MTs Darussalam Kota Bengkulu. Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6(2), 38–45. https://journal-center.litpam.com/index.php/linov/article/view/537




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.14669

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.14669.g6342

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License