Pelatihan E-Commerce Menggunakan Sistem Informasi SIKOSAN Untuk Meningkatkan Pendapatan Para Penyedia Kos di Kelurahan Kandang Limun Kota Bengkulu

Andang Wijanarko, Aan Erlanshari, Helmizar Helmizar

Sari


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong kegiatan bisnis dan ekonomi untuk mempercepat operasinya. Mulai dari proses produksi, promosi, hingga proses penjualan. Perkembangan tersebut hendaknya dimanfaatkan dengan baik oleh pelaku bisnis sebagai upaya untuk meningkatkan pendapatan atau income. Masalah utama yang dihadapi oleh mitra kegiatan pengabdian di sekitar Universitas Bengkulu yang pertama adalah mitra belum mengerti penggunaan platform e-commerce yang tersedia di Internet. Kedua, proses promosi dilakukan dengan cara konvensional, yaitu dengan menunggu calon pelanggan datang ke lokasi. Agar permasalahan tersebut dapat teratasi, maka tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dengan menggunakan platform e-commerce bernama SIKOSAN bagi mitra atau dalam hal ini adalah pemilik kos untuk mempromosikan rumah indekosnya secara luas. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pembuatan aplikasi SIKOSAN, pelatihan dan pendampingan bagi mitra, serta evaluasi kegiatan pelatihan. Hasil dari kegiatan ini yang pertama adalah aplikasi SIKOSAN berhasil dibuat dan dapat diakses melalui website www.sikosan.com. Selanjutnya, tim pengabdian mendatangi mitra dari rumah kerumah untuk melatih dan mendampingi mereka dalam menggunakan platform e-commerce yang dibangun. Hasil evaluasi penggunaan platform e-commerce yang dilakukan dengan metode wawancara dan observasi kepada mitra, mendapatkan nilai sebesar 82% dan masuk dalam kategori sangat setuju. Secara umum mitra pengabdian menilai bahwa aplikasi yang dibangun mudah dimengerti dan dipahami sebagai alat pemasaran indekos, dan dapat menjadi peluang untuk meningkatkan pendapatan mitra.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aprini, Nisma. (2019). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Hasil Pertanian Berbasis Web di Kota Pagar Alam. Jurnal Informatika Lembah Dempo, 7(2). https://www.ejournal.lembahdempo.ac.id/index.php/AMIK-JI/article/view/15/8

Cahyono, N., Muljono, S., Gunadi, D., Agus, & Nugroho, C. (2020). Rancang Bangun Website Pemesanan Makanan Kedai Twins Menggunakan Laravel Php Framework. In Jurnal Praxis | (Vol. 3, Issue 1).

Endriastuti, A., & Permatasari, M. P. (2018). Pelatihan Pemasaran, Pemberdayaan Toko Online, dan Pengenalan M-Commerce Pada Produk Unggulan Jagung Tortiladi Kecamatan Trucuk Kabupaten Bojonegoro. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 56–66. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/martabe/article/view/446

Hayati, I., & Utami, C. (2019). Penguatan Manajemen Keuangan Syariah Bagi UMKM dengan Menggunakan Metode Door To Door di Desa Kotasan. Ihtiyath: Jurnal Manajemen Keuangan Syariah, 3(2), 180–191. https://doi.org/10.32505/ihtiyath.v1i2

Irawan, Y. (2019). Aplikasi E-commerce Untuk Pemasaran Kerajinan Tangan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Riau Menggunakan Teknik Dropshipping. Jurnal Ilmiah Core IT, 7(1).

Mellinda, I. Dita., & Hasanah, S. R. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Koseeker Dalam Upaya Menarik Minat Penyewa Pada Masa Pandemi Covid-19. E-Proceeding of Management, 6729–6736.

Nuraeni, N., & Astuti, P. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Online (E-commerce) Pada Toko Batik Pekalongan Dengan Metode Waterfall. Jurnal Teknik Komputer, 5(2), 59–64. https://doi.org/10.31294/jtk.v4i2

Nuriana, Dodi., Rizkiyah, Iin., Efendi, Lukman., Wibowo, Herry., & Raharjo, S. Tri. (2019). Generasi Baby Boomers (Lanjut Usia) Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(1), 32–46. http://journal.unpad.ac.id/focus/article/view/23117/11303

Pujastuti, E. (2021). Workshop Peningkatan Kemampuan Karyawan UMKM Dalam Marketing Digital Pada Laundry Eve. Prosiding Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat, 1(1), 138–143. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2705

Ryan, D. (2020). Understanding Digital Marketing: A Complete Guide To Engaging Customers And Implementing Successful Digital Campaigns. Kogan Page Publishers.

Suci, R. R. N., Maik, J. D., & Y, D. A. (2018). Kemajuan Teknologi Informasi Berdampak Pada Generalisasi Unsur Sosial Budaya Bagi Generasi Milenial. Jurnal Mozaik, 10(2), 61–71.

Susandi, D., Karyaningsih, D., Revi, T., Fajrin, A., & Hadi, I. (2022). Rancang Bangun E-commerce Produk Pertanian dan Perikanan Berbasis Android. Sistem Informasi Dan Komputer), 11(3), 387–393. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i3.1486

Susanti, Elisa. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36–50. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Vahlia, Ira., & Lelawati, Nina. (2019). Pelatihan E-Commerce dan Manajemen Keuangan Sebagai Langkah Meningkatkan Pendapatan Pada Keripik Pisang Arjuna. JurnalHilirisasiIPTEKS, 2(4), 509–518. http://hilirisasi.lppm.unand.ac.id/index.php/hilirisasi/article/view/311/139

Wardhono, W. S., Marji, M., & Kusuma, L. P. (2018). Evaluasi User Acceptance Augmented Reality Triage Mobile Pada Sistem Kedaruratan Medis. Prosiding Sentra (Seminar Teknologi Dan Rekayasa), 0(1), 2015. http://research-report.umm.ac.id/index.php/sentra/article/view/2115

Yuliadi, Taufan, A. Z. M., Rodianto, & Tazayyun, M. (2022). Rancang Bangun Galeri UMKM Britama Berbasis E-commerce. Jurikom (Jurnal Riset Komputer), 9(3), 715–725.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14601

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14601.g6107

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License