Pelatihan Pemanfaatan Efek Animasi PowerPoint Sebagai Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada TPQ Nurul Jihad

Elin Panca Saputra, Endah Eka Setiawati, Kudiantoro Widianto, Ahmad Jurnaidi Wahidin

Sari


Pada era digital saat ini bidang pendidikan harus berinovasi dalam memberikan pembelajaran yang interaktif, dibutuhkan konten pembelajaran yang menarik agar peserta didik mudah memahami materi yang disampaikan. Tingkat pemahaman dan kemampuan pengajar sangat menentukan kualitas konten pembelajaran yang diberikan, penggunaan media pembelajaran PowerPoint masih belum maksimal oleh pengurus dan staf TPQ Nurul Jihad, PowerPoint digunakan tanpa menggunakan animasi yang membuat pembelajaran kurang interaktif. Tujuan dari dibeirkanya pelatihan ini agar pengurus dan staf TPQ Nurul Jihad dapat memanfaatkan efek animasi yang terdapat pada Ms.PowePoint dalam membuat bahan ajar. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah indentifikasi dan pelatihan, pelatihan pemanfaatan efek animasi PowerPoint yang diberikan kepada 19 peserta memberikan perkembangan tingkat pemahaman dan peningkatan kopetensi dalam membuat konten pembelajaran yang interaktif pada pengurus dan staf yaitu berdasarkan survei pra dan pasca pelatihan, kegiatan pelatihan mendapatkan umpan balik yang baik dengan 98,95% peserta puas. Pelatihan aplikasi Microsoft Office selain PowerPoint direkomendasikan sebagai materi pelatihan selanjutnya guna menambah pengetahuan pengurus dan staf TPQ Nurul Jihad dalam membuat konten pembelajaran yang interaktif.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan solusi dalam perkembangan teknologi pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Alimudin, E., Yuliati, T., & Nugraha, N. B. (2019). Pelatihan Media Pembelajaran dengan Ms. Office Power Point bagi Guru SMA IT Plus BAZMA Brilliant Dumai. Madani: Indonesian Journal of Civil Society, 1(1), 11–16.

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–50.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2013). Strategi Belajar Mengajar (Cetakan ke-5). Jakarta: Rineka Cipta.

Endayani, T. B., Rina, C., & Agustina, M. (2020). Metode demonstrasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Al-Azkiya: Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 150–158.

Fatmawati, R., & Rozin, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1).

Harefa, K., Rachmatika, R., Rosyani, P., Herry, N. A. S., & Priambodo, J. (2022). Penggunaan Aplikasi Pembuatan Video Untuk Konten Pembelajaran. Praxis: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 51–56.

Kadaruddin. (2018). Mahir Desain Slide Presentasi Dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Powerpoint. Deepublish.

Minardi, J., & Akbar, A. S. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Power Point untuk Peningkatan Kompetensi Guru SD. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(1), 96–100.

Pratita, B. P. G. B. (2019). 36 Jam Belajar Komputer Microsoft PowerPoint 2019. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books?id=89HGDwAAQBAJ

Retnasari, L., Suyitno, & Hidayah, Y. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal SOLMA, 8(1), 32–38.

Rikawati, K., & Sitinjak, D. (2020). Peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penggunaan metode ceramah interaktif. Journal of Educational Chemistry (JEC), 2(2), 40.

Salamah, I., Lindawati, L., Asriyadi, A., & Kusumanto, R. D. (2019). Peningkatan kemampuan guru-guru SD negeri 130 Palembang dalam menyajikan presentasi atraktif melalui pelatihan Microsoft Power Point. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 52–62.

Setiawan, B., & Purnomo, E. (2016). Pelatihan media pembelajaran multimedia dengan powerpoint dan wondershare untuk pengembangan soft skills siswabagi guru SD &TK1. Warta LPM, 19(1), 64–73.

Sianipar, P. (2019). Menyajikan Presentasi ala Profesional dengan Microsoft PowerPoint 2019. Elex media komputindo. https://books.google.co.id/books?id=Md60DwAAQBAJ

SOLMA, J. (2019). Penguatan Peran Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Pendidikan Karakter Religius. Jurnal Solma, 8(01), 32–38.

Sormin, M. A., Sahara, N., & Agustina, L. (2018). Pelatihan pemanfaatan perangkat lunak (microsoft office word, excel, power point) dalam kinerja pengolahan data di pemerintahan desa bagikepala desa se-kecamatan batang angkola. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 78–82.

Tanti Kurniasih, S. K., Nirwana, D., & Ibanez, H. (2023). Mengenal Microsoft Powerpoint 2019. Cahya Ghani Recovery. https://books.google.co.id/books?id=1iHBEAAAQBAJ

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., & Komputer, F. I. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasio, 1(1), 38–45.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14523

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i2.14523.g6061

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License