Upskilling Bahasa Inggris Melalui Tongue Twister di MTS Negeri 3 Lombok Barat

Aprianoto Aprianoto, Sri Ariani, Ni Wayan Prami Wahyudiantari, Heri Hidayatullah, Dedi Sumarsono

Sari


Kurangnya pengetahuan tentang bahasa Inggris sangat berpengaruh besar pada minat belajar siswa. Guru mempunyai peranan yang krusial dalam menyajikan pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa. Akan tetapi guru masih terlihat enggan untuk menyisipkan metode pembelajaran yang kreatif sehingga  siswa dalam kesehariannya tidak mengenal bahasa Inggris dengan baik dan kurang berminat belajar bahasa Inggris. Siswa tidak fasih dalam berbahasa Inggris selama proses belajar dan mengajar karena malu untuk mengucapkan kosakata berbahasa Inggris dihadapan teman kelasnya. Permasalahan yang dipecahkan dalam program pengabdian kepada masyarakat adalah bagaimana penerapan Tongue Twister dalam upaya meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa, dan menemukan sejauh mana kemampuan berbahasa Inggris siswa dalam menggunakan Tongue Twister. Siswa diharapkan dapat memiliki pengucapan yang baik, mencapai skor standar, dan aktif dalam berbicara menggunakan bahasa Inggris. Metode berupa pendekatan kuantitatif dengan desain pre-experimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Populasinya adalah siswa kelas VII MTS Negeri 3 Lombok Barat yang terdiri dari 60 siswa dan sampel 20 siswa dengan prosedur yaitu memberikan speaking test, terdiri atas pre-test dan post-test. Skor tes diolah menggunakan T-test. Hasil adalah rerata skor pre-test pada pengucapan (pronunciation) adalah 3,9 dan post-test adalah 4,4. Sedangkan rerata skor pada kelancaran (fluency) adalah 4.15 dan post-test adalah 4,6. Total hasil pengucapan (pronunciation) dan kelancaran (fluency) atau X1 adalah 80.5 dan post-test atau X2 adalah 90. Hasil pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan adanya peningkatan capaian pengucapan siswa yang diajar dengan teknik tongue twister.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariawan, V. A. N., & Pratiwi, I. M. (2017). Joyful Learning Strategy using Game Method of Treasure Clue to Improve Reading Comprehension Skill. Jurnal Prima Edukasia, 5(2), 203–210. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i2.11601

Deslauriers, L., McCarty, L. S., Miller, K., Callaghan, K., & Kestin, G. (2019). Measuring Actual Learning Versus Feeling of Learning in Response to Being Actively Engaged in The Classroom. Proceedings of the National Academy of Sciences, 116(39), 19251–19257. https://doi.org/10.1073/pnas.1821936116

Dheressa, M. A., Olana, T., & Bekele, E. (2023). The Effect of Task-Based Language Instruction on Shambu Secondary Students’ Speaking Self-Efficacy Beliefs and Benefits. Journal of Languages and Language Teaching, 11(4), 822. https://doi.org/10.33394/jollt.v11i4.8811

Harlina, H., & Yusuf, F. N. (2020). Tantangan Belajar Bahasa Inggris di Sekolah Pedesaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(3), 325–334. https://doi.org/10.17509/jpp.v20i3.28191

Hussain, S. (2017). Teaching Speaking Skills in Communication Classroom. International Journal of Media, Journalism and Mass Communications, 3(3), 14–21. https://doi.org/10.20431/2454-9479.0303003

Istiqomah, U., & Prihatnani, E. (2019). Peningkatan Hasil Belajar dan Sikap Siswa terhadap Matematika melalui Joyful Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 471–482. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.470

Lingga, L. M., Simanjuntak, R. M., & Sembiring, Y. (2020). Students’ Strategies in Learning Speaking Skills at Smp Nasrani 3 Medan. Journal of Languages and Language Teaching, 8(1), 91. https://doi.org/10.33394/jollt.v8i1.2238

Lutfiani, D. (2017). Using Tongue Twister to Improve Students’ Pronunciation. ELLITE: Journal of English Language, Literature, and Teaching, 2(2), 110–115. https://doi.org/10.32528/ellite.v2i2.1511

Milanrianto, B. A., Permana, D., & Ariani, S. (2023). Cognitive and Social Strategies to Deal with Anxiety in Speaking: Typical Strategies and Application. Journal of Languages and Language Teaching, 11(3), 502. https://doi.org/10.33394/jollt.v11i3.8441

Nurhasanah, N., & Zainil, Y. (2018). Tongue Twister as a Technique to Help Students Solve Their Difficulties in Pronouncing /s/, /∫/ at Junior High School. Journal of English Language Teaching, 7(4). https://doi.org/10.24036/jelt.v7i4.101317

Pali, A., Mbabho, F., & Wali, M. (2021). English for the Beginners di Era New Normal melalui Joyful Learning di SDI Turekisa, Ngada-Flores, NTT. Publikasi Pendidikan, 11(1), 1. https://doi.org/10.26858/publikan.v11i1.16394

Rismayanti, R., Dollah, S., & Wello, M. B. (2020). The Effects of Metacognitive Learning Strategy on Students’ English -Speaking Skill at University. In Pinisi Journal of Art, Humanity, and Social Studies (Vol. 2, Issue 5, pp. 72–78). https://ojs.unm.ac.id/PJAHSS/article/view/36715

Schultz, J. M. (2005). Testing for Language Teachers. Modern Language Journal, 89(2), 312–313. https://www.jstor.org/stable/3588711

Shavladze, T. (2022, October 10). The Role of Tongue Twisters in The Process of Teaching Phonetics. Proceedings of ADVED 2022- 8th International Conference on Advances in Education. https://doi.org/10.47696/adved.202208

Yunita, W. (2015). Incorporating Project-Based Learning (Pbl) Into a University Speaking Classroom: Why and How? In BASIS Jurnal Bahasa dan Sastra Inggris (Vol. 2, Issue 1, pp. 50–59). https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/basis/article/view/2920




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.14510

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v7i1.14510.g6370

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License