Penyuluhan Screen Dependency Disorder Melalui WhatsApp Bagi Ibu

Irfan Nafis Sjamsuddin, Tuti Surtimanah

Sari


Masa anak merupakan masa emas tumbuh kembang namun rentan pengaruh negatif. Penggunaan perangkat digital oleh anak memberikan dampak positif maupun negatif. Screen Dependency Disorder (SDD) perlu perhatian serta pencegahan. Pengabdian masyarakat bertujuan meningkatkan pengetahuan ibu tentang Screen Dependency Disorder. Sasaran penyuluhan adalah ibu dari anak usia 0-13 tahun. Pesan dalam bentuk infografis berisi pengertian, angka kejadian, gejala, jenis, dan cara pencegahan Screen Dependency Disorder. Penyebaran pesan dikemas dalam Google form yang terdiri dari bagian tes awal, infografis, tes akhir; kemudian dikirim via WhatsApp ke ibu. Sebanyak 68 ibu mendapat penyuluhan, sebagian besar berpendidikan SMA dan Perguruan Tinggi, berusia 20-35 tahun. Pengetahuan Screen Dependency Disorder ibu naik secara signifikan (p 0,007) sesudah penyuluhan, proporsi ibu berpengetahuan baik berubah dari 86,7% menjadi 92,6%.  Materi yang masih perlu diperkuat adalah gejala dan upaya pencegahan Screen Dependency Disorder. Infografis yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini bisa digunakan untuk penyuluhan ke sasaran ibu lainnya, serta digunakan bersama media lainnya agar efektifitasnya lebih meningkat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anjali, Mohapatra, I., & Banerjee, A. (2020). Screen dependency disorders in children under two years of age: A parent report measure. Indian Journal of Community Health, 32(2), 427–431. https://doi.org/10.47203/ijch.2020.v32i02.022

Badan Pusat Statistik. (2022). Penggunaan Perangkat Digital. https://sirusa.bps.go.id/sirusa/index.php/variabel/8145.

Febria, C. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget dengan Keterlambatan Berbicara (Speech Delay).

Hakim, A. A., & Ramadhan, A. (2020). Perancangan Video Infografis Siklus Hidup Nyamuk Demam Berdarah dan Cara Pencegahannya’. Andharupa: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 6(1), 83–99. https://doi.org/10.33633/andharupa.v6i1.3120.

Hidayat, A., & Maesyaroh, S. S. (2022). Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 1(5), 356. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v1i5.159.

Hidayatuladkia, S. T., Kanzunnudin, M., & Ardianti, S. D. (2021). Peran Orang Tua dalam Mengontrol Penggunaan Gadget pada Anak Usia 11 Tahun. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 363. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38996.

Lidwina, A. (2020). Pandemi Covid-19 Dorong Anak-anak Aktif Menggunakan Ponsel. Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/pandemi-covid-19-dorong-anak-anak-aktif-menggunakan-ponsel

Lubis, H., Rosyida, A. H., & Solikhatin, N. H. (2019). Pola Asuh Efektif Di Era Digital. PLAKAT (Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(2), 102. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i2.2967.

Nurfarahin. (2020). What is Screen Dependency Disorder? (SDD), SOL Integrative Wellness Centre. https://www.sol.com.my/post/what-is-screen-dependency-disorder-sdd#:~:text=Screen

Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. http://www.erickazof.com/apa-itu-.

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297.

Sharma, S. K. (2018). Screen Dependency Disorders (SDD): An Innovative Contest for Brain of Children. Global Journal of Addiction & Rehabilitation Medicine, 6(1), 7–8. https://doi.org/10.19080/gjarm.2018.06.555677.

Sigman, A. (2017). Screen Dependency Disorders: a new challenge for child neurology. Journal of the International Child Neurology Association, May. https://doi.org/10.17724/jicna.2017.119

Surtimanah, T., Sjamsuddin, I. N., & Metha Dwi Tamara, L. T. A. (2022). Exploration of Infant Spa Adoption Stages and Intervention for Pregnant and Baby Mothers. Jurnal Kesehatan Global, 5(2), 64–76. https://doi.org/10.33085/jkg.v5i2.5138

Thomas, N. G. R., Kandou, G. D., & Langi, F. L. (2019). Hubungan Antara Kecemasan Dengan Adiksi Smartphone Pada Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi, 8(2), 1–6. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/kesmas/article/view/23932

Widiastiti, N. L. G. M., & Agustika, G. N. S. (2020). Intensitas Penggunaan Gadget Oleh Anak Usia Dini Ditinjau Dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(June), 112–120. https://doi.org/10.23887/paud.v8i2.25179




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.14237

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.14237.g5784

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License