Literasi Pemanfaatan Business Model Canvas dan Analisis SWOT dalam Perumusan Strategi Usaha Burung Puyuh di Desa Dero, Pakem, Sleman

Ignatius Novianto Hariwibowo, Daniel Yudistya Wardhana

Sari


Usaha ternak burung puyuh memiliki peluang yang besar untuk dapat dikembangkan sebagai alternatif ternak unggas yang selama ini telah banyak dilakukan oleh masyarakat di Desa Dero, Harjobinangun, Pakem, Sleman. Usaha ternak burung puyuh telah bekerja sama dengan PT. Peksi dalam hal pasokan bibit dan distribusi hasil. Namun demikian pengusaha ternak burung puyuh memiliki kesempatan untuk dapat mengembangkan pasar secara mandiri. Oleh karena itu, tujuan pengabdian ini adalah meningkatkan literasi bisnis dan mendampingi perumusan strategi pengembangan usaha ternak burung puyuh diperlukan untuk dapat memaksimalkan hasil ternak. Pengabdian dilakukan dengan menggunakan pendekatan analisa SWOT dan Business Model Canvas. Dengan pendekatan tersebut, metode wawancara dan pendampingan dilakukan dengan bertujuan untuk membantu pemilik usaha untuk dapat memahami potensi usaha yang merumuskan strategi atas dasar potensi yang dimiliki. Hasil pengabdian adalah rencana strategis usaha yang dapat diimplementasikan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badaruddin, R., Sani, L. O. A., Sandiah, N., Aka, R., Hadini, H. A., Auza, F. A., & Indi, A. (2021). Pengolahan Dan Strategi Pemasaran Produk Olahan Burung Puyuh Sebagai Alternatif Peningkatan Income Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Kendari. Jurnal Pengabdian NUSANTARA, 1(2), 117–125. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jpnus/index

Chladkova, H., & Formankova, S. (2016). Strategy for SMEs In The Area of Primary Agricultural Production. Agricultural Economics (Czech Republic, 62(9), 395–406. https://doi.org/10.17221/260/2015-AGRICECON

Hendriani, S. (2018). The Role of Cooperative Development Strategy to Improving The Success of Village Cooperative (KUD) in Riau Indonesia. International Journal of Law and Management, 60(1), 87–101. https://doi.org/10.1108/IJLMA-11-2016-0132

Jose, A., & Shanmugam, P. v. (2020). Supply Chain Issues in SME Food Sector: A Systematic Review. Journal of Advances in Management Research, 17(1), 19–65. https://doi.org/10.1108/JAMR-02-2019-0010

Nafiudin, N., & Umdiana, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berwirausaha Bagi Pelaku Usaha Ternak Puyuh Di Link Pesanggrahan WalantakaKecamatan Walantaka Kota Serang. Kaibon Abhinaya: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–34. https://doi.org/10.30656/ka.v1i1.991

Nemeth, N., Rudnak, I., Ymeri, P., & Fogarassy, C. (2019). The Role of Cultural Factors in Sustainable Food Consumption—An Investigation of the Consumption Habits among International Students in Hungary. Sustainability, 11(11), 1–27. https://doi.org/10.3390/su11113052

Nurdianto, I., & Baehaki, I. (2020). Strategi Pemasaran Pada Peternakan Puyuh Bapak Eka Sepdian Desa Plosorejo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar. REVITALISASI: Jurnal Ilmu Manajemen, 9(2), 172–187. https://doi.org/10.32503/revitalisasi.v9i2.1357

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challenggers (Vol. 1). John Wiley & Sons, Ltd.

Pratama, D. A., Hadi, R. M., & Wulandari, S. (2017). Perancangan Model Bisnis Dengan Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Sebagai Bentuk Strategi Pengembangan Bisnis Budidaya Burung Puyuh Pada Ukm Ikhlas Quail Farm (IQF). eProceedings of Engineering, 2416–2422. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/928

Raharjo, S., Rahayu, E. S., & Purnomo, S. H. (2018). Analisis Keuntungan Usaha Beternak Puyuh di Kecamatan Kokap Kabupaten Kulonprogo. Seminar Nasional Fakultas Pertanian UNS, 22(1), 22–30. https://jurnal.fp.uns.ac.id/index.php/semnas/article/view/1072/750

Rupnik, R., Vavpotiˇc, D., Jakliˇc, J., Kuhar, A., Plavši´c, M., & Žvanut, B. A. (2021). A Reference Standard Process Model for Agriculture to Facilitate Efficient Implementation and Adoption of Precision Agriculture. Agriculture, 11(1257), 1–22. https://doi.org/10.3390/agriculture

Susilowati, E. M. (2021). Pengembangan Dan Pemasaran Ternak Burung Puyuh Di Desa Tegaldowo Gemolong Sragen. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 897–900. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1527

Tahwin, M., & Widodo, A. (2020). Perancangan Model Bisnis Menggunakan Pendekatan Business Model Canvas Untuk Mengembangkan Usaha Kecil Menengah. Fokus Ekonomi, 15(1), 154–166. https://doi.org/10.34152/fe.15.1.154-166

Wahyuningsih, D., & Nashar, M. (2016). UMKM Study Pendahuluan Untuk Melihat Kemampuan Pemasaran Dari Bisnis Telur Puyuh Dalam Menghadapi Kompetitor (Studi Kasus pada CV Jayanti Utama Peternak Burung Puyuh Bogor. Jurnal Ilmiah Manajemen, 4(3), 144–152. https://jurnal.ibik.ac.id/index.php/jimkes/article/view/105

Wangefela, L., Santa, N. M., Salendu, A. H. S., & Kalangi, L. S. (2018). Analisis Margin Of Safety Usaha Peternakan Puyuh “Merryland” Di Desa Kali Kecamatan Pineleng Kabupaten Minahasa. Zootek Journal, 38(1), 183–191. https://doi.org/10.35792/zot.38.1.2018.18672




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13197

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v6i1.13197.g5781

Terindex oleh:

 
 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License