Pembelajaran Interaktif melalui Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh untuk Guru SMA di Sidoarjo

Martinus Sony Erstiawan, Ayuningtyas Ayuningtyas, Sri Suhandiah, Tutut Wurijanto

Sari


Pendidikan salah satu bidang yang terdampak secara langsung dengan adanya pandemi, sehingga interaksi proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik tidak dapat dilakukan didalam kelas dan bertemu tatap muka, namun beralih ke pembelajaran jarak jauh (PJJ). Guru dituntut memiliki kreatifitas dan inovasi menggunakan media belajar yang mendukung pembelajaran jarak jauh. Dukungan perangkat lunak sebagai media belajar dan sebagai media evaluasi yang dapat dikemas secara interaktif kedalam mata pelajaran. Permasalahan yang dihadapi guru tidak maksimal menggunakan media belajar berbasis teknologi akrena dengan kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam pemanfaatan teknologi. Tujuan dilakukan pengabdian kepada masyarakat yaitu pertama, dengan memberikan wawasan dalam penggunaan media interaktif berbasis teknologi, Kedua, guru merancang sendiri kedalam media belajar.  Ketiga, pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan keterampilan guru dalam menggunakan media belajar interaktif yang didukung teknologi. Metode pelaksanaan dan penerapan selama dilakukannya pelatihan yaitu dengan melakukan pendampingan secara intensif selama pelatihan berlangsung sebagai upaya peningkatan keterampilan dan kepercayaan diri guru dalam melakukan evaluasi menggunakan teknologi informasi. Kesimpulan yang dihasilkan dimana pelatihan yang dilakukan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru dengan menggunakan media evaluasi belajar Kahoot dan Quizizz serta dapat menambah keterampilan baru yang digunakan sebagai media interaktif dalam belajar mengajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad Rofi’i, D. (2020). Pemanfaatan Ethnoscience Berorientasi Pembelajaran Teknologi Tepat Guna pada Kelompok Guru Gugus Karangrejo Guna Menyiapkan Siswa Kompeten di Era Revolusi Industri 4.0. J-Dinamika, 5(2), 5–10.

Erstiawan, M. (2021). Good Corporate Governance Penyelenggara Pendidikan dalam Perspektif Agency Teory. Majalah Ekonomi, 26(1), 40–51.

Erstiawan, M., & Alifianto, A. Y. (2021). Pemanfaatan Google Spreadsheet penjualan pada Warung Majapahit di Mojokerto. Majalah Ekonomi, 2(2), 50–57.

Hananto, VR, I.G.N Alit Widana Putra, Erstiawan, M. (2020). Implementasi Web Portal Komunitas Gereja Menggunakan Metode Crowdsourcing Pada Gereja Santo Paulus Juanda. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 70–77. https://doi.org/https://doi.org/10.37802/society.v1i1.98

IGNAW Putra, MS Erstiawan, A. A. (2019). PKM Pada TK Wijaya Dan TK Kartika Dalam Menciptakan TK Ramah Anak Berbasis Teknologi Informasi. SNHRP, 61–72.

Indonesia, U.-U. R. no 20. (2003). Standar Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara Republik Indonesia.

Irinna Aulia Nafrin, H. H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IImu Pendidikan, 3(2), 456–462.

Permatasari Anita, M. S. E. (2013). Keberlanjutan Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Akuntansi Pada 5 (lima) Perguruan Tinggi Swasta di Surabaya. Bisnis Perspektif, 5(2), 123–156.

Salma Rahma Chrisya Adriani, D. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 53–58.

Shadiqien, S. (2020). Efektivitas komunikasi Virtual Pembelajaran Daring dalam masa PSBB (Studi Kasus Pembelajaran Jarak Jauh Produktif Siswa SMK Negeri 2 Banjarmasin). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 11–21.

Soebijono Tony, Candraningrat, M. S. E. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan dengan Pemanfaatan Smartphone pada UMKM yang di Bina oleh Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. In Laporan Pengabdian Masyarakat.

Soebijono Tony, E. M. S. (2020). Peranan Revoluasi Industri 4.0 terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Akuntansi. Jurnal Bisnis Perspektif, 12(2), 115–122.

Sri, Suhandiah, Pantjawati Sudarmaningtyas, A. (2020). Pelatihan E-Learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Pengabdian Dan Pengabdian Masyarakat Aksilogia, 4(1), 108–117.

Sudika, I. W. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dasar Pada Era Revolusi Industri 4.0 dan Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidkan Dasar, 1(2), 113–124.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12964

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12964.g5532

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License