Peningkatan Daya Saing Produk Pertanian Appoli Melalui Perbaikan Kemasan Dan Pemanfaatan Digital Marketing

Arief Iman Santoso, Emi Widiyanti, Jazuli Abdin Moenib

Sari


Appoli (Aliansi Petani Beras Organik Boyolali) merupakan organisasi yang berfungsi sebagai wadah bagi para petani dalam pemasaran bersama dan peningkatan kualitas hasil pertanian. Dalam mengembangkan pemasaran produk Appoli terdapat beberapa kendala antara lain rendahnya daya saing produk terutama kemasan yang belum menjual dan jangkauan pemasarannya yang terbatas. Dari sisi pengemasan, permasalahan yang dihadapi adalah keterbatasan peralatan pengemasan, belum adanya label produk dan merek yang menjadi ciri produk dari Appoli. Sistem informasi dan pemasaran berbasis website atau digital sangat dibutuhkan untuk menjangkau pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar regional tetapi diharapkan mampu menjangkau pasar luar daerah atau nasional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan beberapa kegiatan yaitu: 1) pengenalan peralatan pengemas vakum dan penambahan kemasan plastik 2) pengenalan desain kemasan produk yang menarik dan aman 3) perbaikan label dan merek 4) pengembangan website pemasaran produk Appoli. Kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatan Appoli dari penjualan beras putih organik, beras merah organik dan beras hitam organik, serta meluasnya pemasaran mereka dengan hadirnya produk beras organik mereka di pasar online.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anonim, 2014. Peluang Bisnis Dari Sehatnya Beras Organik. www.mb.ipb.ac.id, diakses tgl 12 Mei 2014

Anugrah, R. J, 2020. Efektifitas Penerapan Strategi Online Marketing oleh UMKM Dalam Masa PSBB COVID-19. Jurnal MANOVA, 2 (2), 55-65

Handini, Virgia A dan Wahyuni Choiriyati, 2020. Digitalisasi UMKM sebagai Hasil Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Komunikasi, 11 (2), 150-167

Irrubai, M. Liwa, 2015. Strategi Labeling, Packaging dan Marketing Produk Hasil Industri Rumah Tangga di Kelurahan Monjok Kecamatan Selaparang Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Society, Jurnal Jurusan Pendidikan IPS Ekonomi. Edisi xiii, April 2015.

Julianti, Sri, 2014. The Art of Packaging : Mengenal Metode Teknik dan Strategi Pengemasan Produk Untuk Branding Dengan Hasil Maksimal . PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta 2014

Karmini dan Karyati, 2020. Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah Kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau di Kota Tarakan. Jurnal Riset Pembangunan, 2 (2), 89-97

Prasetyo, Dwi Yuli, 2016. Peranan Website E-Commerce Guna Meningkatkan Perekonomian di Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Pada UMKM Di Kabupaten Indragiri Hilir). Jurnal BAPPEDA, 2(2), 96-102

Purnomo, Margo. 2011, Adopsi Teknologi oleh Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. JDM Jurnal Dinamika Manajemen, 2 (2), 109-117

Sulaksono, Juli dan Nizar Zakaria, 2020. Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, 4 (1), 41-48

Thio, Sienny, 2012. Persepsi Konsumen Terhadap Makanan Organik di Surabaya. Jurnal Manajemen Perhotelan (1) 18-27

Wijayanti, Lucia Resty dan Sofyan Cholid. 2017. Praktik Cerdas Pelaksanaan Kegiatan Pemasaran Bersama Studi Kasus Kelompok Tani Permodelan Local Value Chain Development di Kabupaten Flores Timur. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 18 (1), 1-1




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12682

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12682.g5539

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License