Meningkatkan Akses Kesehatan bagi Masyarakat Miskin Melalui Operasi Hernia Gratis di RS Telogorejo Semarang

Nana Noviada Kwartawati, Agnes Isti Harjanti, Swanny Trikajanti

Sari


Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia, karena tanpa hal tersebut maka seseorang tidak akan mampu memperoleh hak-hak lainnya. Salah satu kelompok rentan terhadap akses pelayanan kesehatan yang layak adalah masyarakat miskin. Hernia menjadi salah satu kasus gangguan kesehatan yang banyak dialami di Indonesia. Pengobatan melalui operasi hernia dibutuhkan biaya yang cukup besar sehingga terkadang tidak dapat diakses oleh masyarakat miskin. Tujuan pengabdian ini adalah melaksanakan kegiatan operasi hernia gratis di RS Telogorejo Semarang untuk meningkatkan akses kesehatan bagi masyarakat miskin. Metode yang dilakukan meliputi tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Sasaran program adalah 100 orang masyarakat miskin dengan gangguan hernia. Waktu pelaksanaan antara bulan Februari hingga Desember tahun 2021 bertempat di RS Telogorejo Semarang. Hasil kegiatan menunjukan tingginya minat masyarakat miskin untuk mengakses pelayanan kesehatan dengan total peserta mencapai 115 orang, padahal target awal hanya sebanyak 100 orang peserta. Dampak program juga sangat luas tidak hanya diterima oleh masyarakat miskin di sekitar RS Telogorejo Semarang tetapi penerima manfaat juga dari beberapa kota di Jawa Tengah bahkan dari Provinsi lain di Indonesia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfarisi, R., Erianto, M., & Chintiyani, F. (2022). Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan Jenis Hernia Inguinalis. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 4(1), 115–123.

Amrizal. (2015). Hernia Inguinalis: Tinjauan Pustaka. Syifa’ MEDIKA: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.32502/sm.v6i1.1374.

Astuti, M. F., Virgiandhy, I. G. N., Andriani, & Wicaksono, A. (2018). Hubungan antara Usia dan Hernia Inguinalis di RSUD dr . Soedarso Pontianak. Jurnal Cerebellum, 4(2), 1052–1058.

Binti, S. D., & Sudarwanto, A. S. (2021). Pelaksanaan Corporate Social Responsibility Di Rumah Sakit Orthopedi Dan Traumatologi Surabaya Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat. Private Law, 9(2), 472–481.

Dachi, C. S., & Djakman, C. D. (2020). Penerapan Stakeholder Engagement dalam Corporate Social Responsibility: Studi Kasus Pada Rumah Sakit Mata X. Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 8(2), 291–306.

Darnus. (2021). Kebijakan Publik Tanggungjawab Sosial dan LIngkungan Rumah Sakit Swasta Dalam Pelayanan Kesehatan. Jurnal Ilmiah Publika, 9(1), 88–100.

Fariadi, H., Kanto, S., & Mardiyono. (2016). Persepsi Masyarakat Miskin terhadap Pelayanan Kesehatan Bidang Gizi (Studi Kasus di Wilayah Puskesmas Sidotopo Surabaya Utara). Pamator, 9(2), 109–118. Retrieved from http://journal.trunojoyo.ac.id/pamator

Gasim, H. (2015). Optimalisasi Pelayanan Kesehatan Terhadap Masyarakat Miskin di Provinsi Gorontalo. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 4(1), 1–8. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/JAP/article/view/12863/12453

Gunawan, I. M. K., Suraswati, P. A. I., & Putra, P. M. G. A. (2020). Relationship between obesity with risk of obstruction in lateral inguinal hernia. In International Journal of Health & Medical (Vol. 3, p. 35).

Jamaluddin, Y., Fitriani, F., Safrida, S., & Warjio, W. (2019). Strategi dan Model Pemberdayaan Masyarakat Miskin di Sumatera Utara. Jurnal Administrasi Publik : Public Administration Journal, 9(1), 21. https://doi.org/10.31289/jap.v9i1.2231

Jouanka, S. Des, Kessik, G., Raharjo, S. T., Apsari, N. C., & Irfan, M. (2020). Partisipasi Corporate Social Responsibility (Csr) Dalam Pembangunan Infrastruktur Kesehatan Di Kalimantan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 187. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28590

Kasiati, N. S., & Rosmalawati, N. W. D. (2016). Kebutuhan Dasar Manusia I. Jakarta: Pusdik SDM Kesehatan, Kementerian Kesehatan.

Köckerling, F., Koch, A., & Lorenz, R. (2019). Groin hernias in women—a review of the literature. Frontiers in Surgery, 6(February), 1–8. https://doi.org/10.3389/fsurg.2019.00004

Mahayani, I. A. W., & Darmajaya, M. (2013). Inguinal hernia and hydrocele in children. E-Jurnal Medika Udayana, 2(6), 1035–1046.

Özkan, E., Yildiz, M. K., Çakir, T., Dulundu, E., Eriş, C., Fersahoǧlu, M. M., & Topaloǧlu, Ü. (2012). Incarcerated abdominal wall hernia surgery: Relationship between risk factors and morbidity and mortality rates (a single center emergency surgery experience). Ulusal Travma ve Acil Cerrahi Dergisi, 18(5), 389–396. https://doi.org/10.5505/tjtes.2012.48827

Rachman S, A., Pujangkoro, S., & Ginting, R. (2013). Pendekatan Blue Ocean Strategy Terhadap Strategi Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal Teknik Industri USU, 1(2), 40–46.

Restiyani, P., Fitriyah, & Astrika, L. (2013). Aksesibilitas Masyarakat Miskin dalam Memperoleh Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus di Kawasan Kampung Tambak Mulyo Kelurahan Tanjung Mas Semarang). Jurnal Ilmu Pemerintahan, 2(3), 186–195. Retrieved from http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jpgs/article/view/2982

Rofiyqoh, A. (2015). The Accounting Treatment of The Costs Activities of Corporate Social Responsibility in Bina Sehat Jember Hospital. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 2015, 1–6.

Simons, M. P., Smietanski, M., Bonjer, H. J., Bittner, R., Miserez, M., Aufenacker, T. J., … Wijsmuller, A. R. (2018). International guidelines for groin hernia management. Hernia, 22(1), 1–165. https://doi.org/10.1007/s10029-017-1668-x

Suharmiati, Handayani, L., & Kristiana, L. (2012). Faktor-faktor yang Memengaruhi Keterjangkauan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Daerah Terpencil Perbatasan di Kabupaten Sambas (Studi Kasus di Puskesmas Sajingan Besar) (Factors Influence Accesibility of Health Services at a Remote and Border Health Service in Sambas District). Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, Vol. 15(No. 3), 223–231.

Usria, F. (2014). Implementasi Dan Peran Csr Terhadap Kepercayaan Anggota Bmt Fastabiq Pati. Iqtishadia: Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam STAIN Kudus, 7(2), 291–314.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12647

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i2.12647.g5542

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License