Pelatihan Penggunaan Microsoft Teams pada Mahasiswa Baru

Joosten Joosten, Heru Kurniawan, Sherly Joe

Sari


Sebelum masa pandemi, para pelajar bisa mendatangi sekolah/kampus dan belajar di dalam kelas yang diajarkan langsung oleh guru. Tetapi pada saat pandemi Covid-19 melanda di berbagai negara termasuk Indonesia, para pelajar harus bersekolah atau kuliah di rumah atau sekarang lebih dikenal belajar daring. Para pelajar terkadang menggunakan aplikasi yang terkadang kurang membantu mereka dalam melakukan pembelajaran daring. Seperti sinyal tidak kuat, aplikasi tidak cocok dengan spesifikasi perangkat, dan masih banyak lainnya. Para pelajar sering kesulitan berdiskusi atau bertanya lebih lama pada saat pembelajaran masa kini. Dari permasalahan tersebut, diperlukan pengenalan dan pelatihan menggunakan Ms. Teams dalam pembelajaran masa kini agar suasana belajar menjadi aktif dan menyenangkan.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anaelka, A. H. (2018). Education 4.0 Made Simple: Ideas For Teaching. International Journal of Education and Literacy Studies, 6(3), 92. https://journals.aiac.org.au/index.php/IJELS/article/view/4616

Anderson, J. (2020). Should schools close when coronavirus cases are still rare? Quartz. https://qz.com/1810224/does-closing-schools-protect-kids-and-us-from-coronavirus/

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Profesi Pendidikan Dasar, 7(1), 121–132. https://doi.org/10.23917/ppd.v7i1.10973

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 465–503.

Jamaluddin, D., Ratnasih, T., Gunawan, H., & Paujiah, E. (2020). Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru : Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah UIN Sunan Gunung Djjati Bandung, 1–10. http://digilib.uinsgd.ac.id/30518/

Oktavian, R., & Aldya, R. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 129–135. https://doi.org/10.30651/didaktis.v20i2.4763

Orgaz, F., Moral, S., & Domínguez, C. (2018). Student’s Attitude and Perception with the Use of Technology in the University. Journal of Educational Psychology - Propositos y Representaciones, 6(2), 277–299.

Rigianti, H. A. (Universitas P. Y. I. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 6. https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/768

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574

Sohrabi, C., Alsafi, Z., O’Neill, N., Khan, M., Kerwan, A., Al-Jabir, A., Iosifidis, C., & Agha, R. (2020). World Health Organization declares global emergency: A review of the 2019 novel coronavirus (COVID-19). International Journal of Surgery, 76(February), 71–76. https://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34. https://doi.org/10.21107/metalingua.v5i1.7072

Traxler, J. (2018). Distance learning—Predictions and possibilities. Education Sciences, 8(1). https://doi.org/10.3390/educsci8010035

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jppg/article/view/12462

Yang, J., Park, E. C., Lee, S. A., & Lee, S. G. (2019). Associations Between Hand Hygiene Education and Self-Reported Hand-Washing Behaviors Among Korean Adults During MERS-CoV Outbreak. Health Education and Behavior, 46(1), 157–164. https://doi.org/10.1177/1090198118783829




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11532

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11532.g5234

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License