Pelatihan Program Inspiring Teaching Bagi Guru-Guru SDN Sangkanwangi 1 Dalam Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Daring
Sari
Berdasarkan hasil observasi guru di SDN Sangkanwangi 1 Kecamatan Leuwidamar, mereka kesulitan mengajar secara online. Hasil observasi server menunjukkan bahwa keterampilan mengajar dalam aspek pengetahuan, keterampilan maupun sikap, sangatlah penting dan menjadi keterampilan dasar yang harus dimiliki guru dalam menjalankan fungsinya, ternyata perlu dilatih kembali untuk meningkatkan motivasi mengajar. Masih ada guru yang kesulitan menggunakan dan menggunakan pembelajaran berbasis teknologi karena kurangnya keterampilan dan pengetahuan atau Gaptek. Melalui program pelatihan dan pembinaan yang inspiratif bagi para guru untuk mengatasi kesulitan belajar online tersebut, para guru di SD Negeri 1 Sangkanwangi diharapkan mampu memodifikasi metode pengajarannya sesuai dengan kondisi dan keadaan, selanjutnya mereka berharap guru lebih fleksibel. dan terampil dalam mengajar sesuai dengan perkembangan zaman. Penerima pengabdian ini adalah para guru SDN Sangkanwangi 1 Kecamatan Leuwidamar. Metode yang digunakan adalah observasi, survey sekolah dan wawancara dengan pimpinan sekolah. Program tersebut disampaikan dengan memberikan pelatihan dan kemudian melanjutkan pendidikan terkait topik yang dibutuhkan mitra untuk mempersiapkan guru mengatasi permasalahan pembelajaran online. Hasilnya adalah pemahaman semua guru dalam menerapkan metode pengajaran inspiratif kepada siswa di kelas.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arifa, F. N. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. Puslit, XII(7).
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112
Kahfi, A. (2020). Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19. Dirasah, 03(2), 137–154. https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir
Morrison, G. R., Ross, S. M., & Kemp, J. E. (2001). Designing effective instruction (3rd ed.). John Wiley.
Pamela Sammons , Ariel Mariah Lindorff , Lorena Ortega, A. K. (2014). Inspiring teaching: learning from exemplary practitioners. Jiurnal of Professional Capital & Community.
Rohani, S. (2013). Menjadi Guru Yang Inspiratif Pada Sekolah Islam Al Syukro Universal. 30.
Shen, T. (2012). Inspiring the Creativity and Imagination of University Students During Creative Curriculum by Teaching Design. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 45, 615–620. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.599
Slameto, S. (2015). Pembelajaran berbasis riset mewujudkan pembelajaran yang inspiratif. Satya Widya, 31(2), 102–112.
Sutarman, A., Wardipa, I. G. P., & Mahri, M. (2019). Penguatan Peran Guru di Era Digital Melalui Program Pembelajaran Inspiratif. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 229. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2097
Williams, L., Nixon, S., Hennessy, C., Mahon, E., & Adams, G. (2016). Inspiring to inspire: Developing teaching in higher education. Cogent Education, 3(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2016.1154259
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11510
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11510.g5232
Terindex oleh:
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License