Peningkatan Keterampilan Bagi Tim Analis Sistem PT. TAS Melalui Analisa dan Perancangan Menggunakan Enterprise Architect

Herny Februariyanti, Arief Jananto, Wiwien Hadikurniawati, Edy Winarno

Sari


Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masayarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai proses perancangan sistem dalam kegiatan pengembangan sistem bagi Tim Analis Sistem di PT. TAS Semarang. Analisa dan perancangan merupakan tahap didalam pengembagan sistem dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran secara jelas serta detail apa saja yang akan dikerjakan. Kegiatan yang dilakukan adalah analisis kebutuhan fungsional dan nonfungsional sistem. Kebutuhan fungsional bertujuan  untuk didapatkan informasi yang berisi proses-proses apa saja yang nanti akan dilakukan. Sedangkan kebutuhan nonfungsional dimaksudkan untuk mendapatkan informasi terkait dengan kebutuhan-kebutuhan meliputi properti perilaku-perilaku yang dimiliki oleh sistem. Tahap analisis tersebut menjadi kunci kesesuaian sistem yang akan dikembangkan dengan kebutuhan pengguna. Untuk itu penting sekali sebuah tim pengembang sistem untuk dapat melakukan analisis dengan benar serta menggunakan kaidah-kaidah yang benar. Kebutuhan tim analis ini sangat dirasakan juga oleh PT. TAS Semarang,  yang selama ini belum memiliki tim khusus untuk kegiatan analisis sistem. Selama ini PT. TAS menggunakan pihak luar dalam kegiatan analisis sistem. Dengan kondisi tersebut maka pihak PT. TAS merasa perlu memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi tim analis, hal ini disambut baik oleh tim pengabdian masyarakat untuk melakukan pelatihan dengan materi analisis dan perancangan menggunakan software enterprise architect. Kegiatan dilakukan dengan cara memberikan pelatihan secara langsung kepada peserta pelatihan, yaitu dengan ceramah penyampaian materi, praktek menggunakan software, latihan-latihan serta dilakukan evaluasi  hasil rancangan peserta pelatihan dengan cara berdiskusi dan tanya jawab secara langsung pada saat kegiatan dilaksanakan. Dengan adanya pelatihan yang diberikan diharapkan dokumentasi terkait kegiatan analisis dan perancangan sistem di PT. TAS dapat terdokumentasi dengan baik serta tidak lagi bergantung dengan pihak luar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiguna, A. R., Saputra Chandra, M., & Pradana, F. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Manajemen Gudang pada PT Mitra Pinasthika Mulia Surabaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(2), 612–621.

Cahyaningrum, N. H. (2019). Keefektifan Metode Praktik Langsung Dan Metode Audiolingual Dalam Pembelajaran BIPA Aspek Berbicara Bagi Pemelajar BIPA 4 UNNES. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 44–59.

George, J. F., & Valacich, J. S. (2017). Modern Systems Analysis and Design - 8th Edition.

Kenneth E, K., & Julie E, K. (2011). SYSTEMS ANALYSIS AND DESIGN (8th ed.). Pearson Education, Inc.

Muhidin, R., Kharie, N. F., & Muin, K. (2017). IJIS Indonesian Journal on Information System ISSN 2548-6438. IJIS-Indonesia Journal on Information System, 2(September), 56–68. https://doi.org/10.36549/ijis.v2i2.31

Saputra, D. (2017). Modul Pembelajaran Analisa & Perancangan Sistem Informasi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Satzinger Jackson Burd Staff. (2009). Systems Analysis and Design in a Changing World 5th (Fifth) - Chapter 2.

Savira, A. N., Fatmawati, R., Rozin Z, M., & Eko S, M. (2018). Peningkatan Minat Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Ceramah Interaktif. Factor M, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.963

Tilley, S., & Rosenblatt, H. (2020). Systems Analysis and Design, Eleventh Edition. In Course Technology.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11421

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.11421.g5233

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License