Program Pendampingan Usaha Rak Pot Bunga di SMKN 1 Cipunagara

Aurelia Beryl Foustine, Erick Widjaya, I Putu Krisna, Richelin Anggraini, Valencia Kusanto, Elisabeth Novira da Silva

Sari


Tujuan program pengabdian masyarakat adalah mendampingi mitra usaha dari SMKN 1 Cipunagara mengembangkan usaha rak pot bunga sebagai salah satu UMKM yang memiliki potensi untuk berkembang selama pandemi. Tim penulis mengidentifikasi      masalah yang dihadapi mitra yaitu kurang nya pengetahuan dalam hal pencatatan keuangan,  kegiatan pemasaran, kurangnya prosedur kerja sistematis dan terbatasnya minat berusaha dan untuk berbisnis. Tim penulis melakukan program pendampingan Community Development melalui media daring dengan aplikasi google meet dan komunikasi dilakukan melalui aplikasi pesan singkat whatsapp grup. Temuan tim penulis adalah aspek keuangan, pemasaran dan produksi mitra usaha belum dijalankan secara profesional. Analisis terhadap permasalahan yang dialami mitra dilakukan dengan menggunakan konsep SWOT dan aplikasinya dalam TOWS Matriks,  untuk mencari strategi yang cocok dalam menghadapi permasalahan mitra. Solusi yang diajukan oleh tim penulis kepada mitra berupa pendampingan pencatatan dan pengelolaan keuangan, pembuatan jalur pemasaran menggunakan media digital dan perumusan standar operasi prosedur kegiatan produksi. Rekomendasi penulis bagi program di masa mendatang adalah waktu pelaksanaan program tidak bersamaan dengan periode ujian sekolah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almanei, M., Salonitis, K., & Xu, Y. (2017). Lean Implementation Frameworks: The Challenges for SMEs. Procedia CIRP, 63, 750–755. https://doi.org/10.1016/j.procir.2017.03.170

Amalia, N. S. (2021). Menkop Ungkap Tantangan UMKM di Era Digital dan Strateginya. DetikFinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-5605605/menkop-ungkap-tantangan-umkm-di-era-digital-dan-strateginya

Azizah, N. L., & Mauliana, M. I. (2020). Program Pengabdian Masyarakat Usaha Mikro Kecil Menengah ( Umkm ) Mengenai Desain. Jurnal ABDI, 6(1), 58–64.

Badan Pusat Statistik. (2020). Katalog: 3101028. In Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha.

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2015). Digital Marketing (7th Editio). Pearson Education.

Fitriasari, F. (2020). How do Small and Medium Enterprise (SME) survive the COVID-19 outbreak? Jurnal Inovasi Ekonomi, 5(02), 53–62. https://doi.org/10.22219/jiko.v5i3.11838

Hermuningsih, S., & Kurniawan, V. R. B. (2019). Penerapan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Untuk Meningkatkan Kuantitas Usaha Rintisan Mahasiswa Di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 5(1), 30. https://doi.org/10.32528/pengabdian_iptek.v5i1.2157

Jaharuddin, J., Purnawan, I., Mujiastuti, R., Muthmainnah, R. N., & Prasetyawati, M. (2019). Strategi Melahirkan Mahasiswa Pengusaha Pemula (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jakarta). Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(13), 25. https://doi.org/10.20961/jkb.v24i13.29310

Lynch, W. (2020). Strategic Planning to Actionable Items: From SWOT to TOWS Analysis. Medium.Com.

Mudjijah, S., & Anggraini, T. (2021). Pendampingan Kewirausahaan bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 119–127. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i1.9596

Mulyani, A. S., Nurhayaty, E., & Miharja, K. (2019). Penerapan Pencatatan dan Laporan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 219–226. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5818

Oktaviani, F., & Rustandi, D. (2018). Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas : Jurnal Ilmiah Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 1. https://doi.org/10.24198/prh.v3i1.15878

Pearce, A., Pons, D., & Neitzert, T. (2018). Implementing lean—Outcomes from SME case studies. Operations Research Perspectives, 5, 94–104. https://doi.org/10.1016/j.orp.2018.02.002

Rosyadi, I. (2013). Strategi Pengembangan Usaha Mikro Milik Mahasiswa. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2), 112–122.

Schermerhorn, J. R., & Bachrach, D. G. (2015). Introduction to Management. Wiley. https://books.google.co.id/books/about/Introduction_to_Management.html?id=wixEDwAAQBAJ&redir_esc=y

Septiani, Y., Sugiharti, R. R., & Setyawan, S. (2020). Pelatihan Pembukuan dan Operasional Koperasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Rangka Perbaikan Kesejahteraan Guru Se-Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 25–32. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v3i1.6534

Soputan, G. J., Mamuaja, N. C., Ohy, J., & Krisnanda, M. (2019). Program Pengembangan Kewirausahaan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal Kewirausahaan Dan Bisnis, 24(Xiv), 100–108.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10952

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10952.g5247

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License