Pemanfaatan Animatron untuk Pembuatan Iklan Animasi bagi Para Pelaku UMKM di Wilayah Tangerang Selatan
Sari
Teknologi yang semakin berkembang pesat, menuntut adanya kebaharuan pula dalam metode promosi atau periklanan produk. Adanya pengetahuan dan keterampilan yang masih terbatas para pelaku UMKM mengenai hal tersebut, menjadikan kegiatan pelatihan untuk pembuatan iklan produk sangat perlu diterapkan guna membantu usaha mereka agar lebih dikenal dan mampu menarik pembeli dengan bentuk promosi yang lebih interaktif. Inilah yang kemudian tim Pengabdian pada Masyarakat dari Jurusan Teknik Informatika Universitas Trisakti lakukan, dengan mengajarkan cara membuat iklan produk berbentuk animasi dengan menggunakan perangkat lunak daring berupa Animatron. Dalam pelaksanaannya, pelatihan ini diikuti secara daring melalui Google Meet oleh 12 orang (6 panitia dan 6 peserta) terdiri dari 2 sesi, yaitu sesi pengenalan dasar Animatron dan sesi studi kasus pembuatan iklan promosi produk kopi. Berdasarkan hasil kuisioner awal saat pendaftaran, diketahui bahwa 100% peserta belum pernah menggunakan Animatron untuk membuat iklan dan sebanyak 66.7% peserta beriklan melalui media sosial Instagram. Dan dari hasil evaluasi pelaksanaan kegiatan, didapat umpan balik yaitu 60% peserta menyatakan mampu menerapkan Animatron secara mandiri dan pelatihan ini sangat berguna dalam mempromosikan usaha mereka nantinya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelatihan pembuatan iklan produk berbasis animasi ini telah berhasil memberikan pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM untuk membuat iklan produk dengan mudah dan lebih menarik dalam bentuk animasi.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afgan, Q. (2012). Pembuatan Animasi 3D Sebagai Iklan Layanan Masyarakat Pentingnya Sosialisasi Penghijauan pada Walhi Yogyakarta. Repository Amikom. http://repository.amikom.ac.id/files/Naskah_Publikasi 08.11.2557.pdf
Cook, M. (2019). Animation and Advertising. Palgrave Animation, Springer Nature Switzerland AG Publisher.
Hadi, S. (2015). Pelatihan Animasi Guna Mendorong Industri Animasi Iklan. Tribun News. https://surabaya.tribunnews.com/2015/08/18/pelatihan-animasi-guna-mendorong-industri-animasi-iklan
Hasibuan, L. (2020). Putri Tanjung Beberkan Dampak Pandemi terhadap UMKM RI. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/entrepreneur/20201126200053-25-205012/putri-tanjung-beberkan-dampak-pandemi-terhadap-umkm-ri
Indrawan, G., Aryanto, K. Y. E., & Sariyasa. (2017). Pelatihan dan Pendampingan Animasi 2D sebagai Media Pembelajaran di SMKN 1 Sawan. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (SENADIMAS), 217–223.
Melet, A. (2011). Animatron Reviews & Product Details. Animatron. https://www.g2.com/products/animatron/reviews
Narayanan, A. N. (2019). Animatron Reviews. https://www.capterra.com/p/155780/Animatron/reviews/
Permana, A. A. J., Saputra, P. H., & Dantes, G. R. (2017). Pelatihan Animasi 3 Dimensi (3D) dan Pemrograman Scratch untuk Siswa Sekolah. Seminar Nasional Vokasi Dan Teknologi (SEMNASVOKTEK), 112–119.
Pratiwi, D., Zuhdi, A., Shofiati, R., & Pratama, R. R. (2021). Penerapan Animaker dalam Pembuatan Iklan Produk UMKM berbasis Animasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS BSI), 1(1), 138–147.
Wiyaka, Lestari, S., & Nur’Aini, S. (2017). Pelatihan Pembuatan Animasi untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Sekolah Dasar Kota Semarang. https://media.neliti.com/media/publications/168719-ID-pelatihan-pembuatan-animasi-untuk-pembel.pdf
Zebua, T., Nadaek, B., & Sinaga, S. B. (2020). Pengenalan Dasar Aplikasi Blender 3D dalam Pembuatan Animasi 3D. Jurnal ABDIMAS Budi Darma, 1(1), 18–21.
DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10640
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v5i1.10640.g5235
Terindex oleh:
dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia
Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License