Pentingnya Internet Sebagai Sarana Pendukung Kegiatan Belajar Pada Masa Pandemi Covid-19

Yudhistira Yudhistira, Hermanto Hermanto, Nuraeni Herlinawati, Muhammad Iqbal

Sari


Pengembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) memberikan peran dalam meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat. Berbagai bidang yang sudah dapat dirasakan dengan kehadirannya teknologi salah satunya adalah bidang pendidikan (Saryoko et al., 2020). Pentingnya peran serta dunia pendidikan tinggi dalam mendorong pembangunan tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini tercermin dalam pasal 20 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU Diknas) yang menyatakan bahwa salah satu dharma Perguruan Tinggi, selain pendidikan dan penelitian,  adalah  kegiatan  pengabdian  masyarakat.  Tri Dharma Perguruan Tinggi itu sendiri merupakan tiga pilar utama penyelenggaraan institusi perguruan tinggi.  Untuk menunaikan salah satu Tri Dharma tersebut, dengan ini Universitas Bina Sarana Informatika melaksanakan Pengabdian Masyarakat. Saat ini Indonesia masih dalam situasi pandemi. Salah satu yang terdampak dalam pandemi saat ini adalah Warga RT. 010/03 Mampang Prapatan yang berada di Rukun Tetangga RT. 010/003 Jl. Mampang Prapatan VII Tegal Parang, Kota Jakarta Selatan. Banyak dari mereka yang masih kesulitan dalam menggunakan aplikasi pembelajaran daring. Oleh karena itu kami sebagai dosen dan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika, Fakultas Teknik dan Informatika, program studi Teknologi Komputer, ingin memberikan pengetahuan kepada mereka tentang bagaimana menerapkan pembelajaran daring  secara tepat dan efektif. Target yang akan kami capai terkait dengan pelaksanaan pengebdian masyarakat ini adalah untuk dapat membantu masyarakat warga RT 010/003 Mampang Prapatan untuk dapat lebih memahami penggunaan aplikasi secara daring. Selain itu juga output dari hasil pengabdian ini akan kami jadikan artikel untuk di terbitkan pada jurnal pengabdian masyarakat serta berita pada media online.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hermanto, & Noviriandini, A. (2021). ANALISA SENTIMEN TERHADAP BELAJAR ONLINE PADA MASA COVID-19 MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR. 5(1), 129–136.

Saryoko, A., Ramanda, K., Rosyda, S., & Sari, R. (2021). Pelatihan Dasar Animasi Menggunakan Macromedia Flash Pro 8 . 0 Untuk. 1(April), 35–38.

Saryoko, A., Sari, R., Rianto, V., & Rosyida, S. (2020). Pemanfaatan IPTEK Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Untuk Masyarakat Pela Mampang Di Masa Pandemi. ABDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 304–310. https://doi.org/10.35568/abdimas.v3i2.920

Saryoko, A., Susafa’ati, Ardiansyah, & Kholis, N. (2021). Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis Pendampingan UMKM Ipunk Snack and Coocies Dalam Mempertahankan dan Meningkatkan Usaha Perekonomian Menggunakan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 Jurnal Abdimas Ekonomi dan Bisnis. 1(1), 12–18.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan Unnes, 5(2), 117–133. https://doi.org/10.15294/dp.v5i2.4921




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10351

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10351.g4951

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License