Pelatihan Pembuatan Laporan Kerja Menggunakan Microsoft Excel Guna Mendukung Keahlian Staf Desa Kota Batu

Lilyani Asri Utami, Eka Rini Yulia, Siti Ernawati, Hylenarti Hertyana

Sari


Perkembangan teknologi yang begitu pesat diberbagai bidang mengharuskan masyarakat mengikuti setiap perkembangannya. Hal ini dilakukan untuk dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan. Salah satunya adalah penggunaan Microsoft Excel dalam pengolahan data. Hampir seluruh masyarakat baik organisasi, dunia pendidikan, instansi pemerintahan maupun swasta memanfaatkan microsoft excel. Penggunaan dari microsoft excel dapat meningkatkan kualitas dan profesionalitas pekerja dalam mengolah data. Para staff yang ada memiliki keterbatasan mengakses informasi dan mencari media pelatihan dalam pembelajaran untuk meningkatkan keahlian dalam mengolah data. Berdasarkan hasil pemikiran tersebut maka staff Desa Kota Batu membutuhkan pelatihan Microsoft Excel. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ceramah untuk memberikan penjelasan mengenai teori dan simulasi serta tanya jawab untuk metode praktikumnya. Dengan diadakannya pelatihan ini, para staff Desa Kota Batu dapat mengembangkan kemampuan dan kemahirannya dalam mengolah data untuk menyajikan laporan kerja yang lengkap, otomatis, dan lebih akurat.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, D., Millenia, D., Nusfiana, D., Ariance, E., & Krisnawati, F. (2019). Persamaan dan Perbedaan Microsoft Excel. 2016–2018.

Nurrahman, D., Aulianita, R., Nisa, K., Informatika, T., Makasar, K., & Timur, J. (2019). Pelatihan Microsoft Excel dan Pemanfaatan Internet Dalam Meningkatkan Informasi dan Layanan. Jurnal ABDIMAS Nusa Mandiri, 1(2), 5–10.

Petro, S., & Swatan, Handoko, K. (2019). Pelatihan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Ketrampilan Hard Skill Bagi Siswa Pada SMK YPSEI Palangka Raya. Jurnal ABDIMAS BSI, 2(2), 280–286.

Sormin, M. A., Sahara, N., & Agustina, L. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Perangkat Lunak (Microsoft Office Word, Excel, Power Point) Dalam Kinerja Pengolahan Data Di Pemerintahan Desa Bagi Kepala Desa Se-Kecamatan Batang Angkola. MARTABE : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 78–82.

Yulia, E. R., Ernawati, S., Purnamasari, I., Wasesha, D. A., & Ryansyah, M. (2019). Pelatihan Microsoft Word Dengan Materi Desain Surat Lamaran Kerja dan Curriculum Vitae ( CV ). Jurnal ABDIMAS Nusa Mandiri, 1(2), 5–10.

Yusri, R., Edriati, S., & Yuhendri, R. (2020). Pelatihan Microsoft Office Excel Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mahasiswa Dalam Mengolah Data. Rangkiang: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 32–37.




DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10342

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/jabdimas.v4i2.10342.g4950

 dipublikasikan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bina Sarana Informatika dengan dukungan Relawan Jurnal Indonesia

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License