Penerapan Association Rule Menggunakan Apriori Untuk Rekomendasi Produksi Roti

Dwi Hartanti, Indah Nofikasari, Muhammad Arizal Yusuf Hermawan, Dwi Handayani

Abstract


Bisnis mulai berkembang pesat pada masa sekarang. Salah satunya adalah bisnis dalam bidang bakery. Mega Saputera Bakery merupakan salah satu usaha dibidang penjulaan roti. Banyak jenis roti yang dijual dengan rasa yang berbeda-beda antara lain roti pisang coklat, roti mocca, roti konde, roti donat, roti pisang coklat goreng, roti kelapa, roti strawberry dan roti nanas. Dalam satu hari banyak transaksi yang terjadi pada pembelian roti. Tujuan dari penelitian yang dilakukan dengan pemodelan association rule untuk mengetahui pola pembelian roti oleh konsumen. Berdasarkan pola pembelian maka dapat di rekomendasikan produksi roti. Rekomendasi ini akan bermanfaat dalam prosuksi roti sehingga dalam produksi roti akan lebih optimal dan tidak merugikan pemilik karena banyak roti yang tidak terjual. Pada penelitian yang dilakukan nilai support dan nilai confident yang digunakan niali support minimal 25% dan nilai confident minimal 70%. Hasil penelitian didapatkan hasil untuk kombinasi 2 itemset didapatkan 11 kombnasi 2 itemset, 10 kombinasi 3 itemset dan 5 Kombinasi 4 itemset. Nilai lift ratio paling tinggi 2,073 dan paling rendah 1.285

Full Text:

PDF

References


Bramer, Max (2007)Principles of Data Mining, Springer Science

Hartanti, Dwi. Oktaviani Intan. Nofikasari, I. (2020). Penerapan Algoritma Apriori Untuk Pola Pembelian., 7(3), pp. 285–290.

Larose, Daniel T. 2014. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining (Third Edition). New Jersey : John Wiley & Sons.

Moh.Sholik and Salam, A. (2018). Implementasi Algoritma Apriori untuk Mencari Asosiasi Barang yang Dijual di E-commerce OrderMas’, Techno.COM, 17(2), pp. 158–170.

Mudjajanto, Eddy setyo dan Yulianti, Lilik Noor., 2004. Membuat Aneka Roti. Penebar Swadaya, Jakarta.

Retno, T. V. (2017). Data Mining. Surakarta: Gava Media.

Riszky, A. R. and Sadikin, M. (2019).Data Mining Menggunakan Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Produk bagi Pelanggan. Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, 7(3), pp. 103–108. doi: 10.14710/jtsiskom.7.3.2019.103-108.

Setiawan, A. and Putri, F. P. (2020). Implementasi Algoritma Apriori untuk Rekomendasi Kombinasi Produk Penjualan.Ultimatics (Jurnal Teknik Informatika), XII(1), pp. 66–71.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9941

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9941.g4732

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License