Sistem Pembelajaran Online Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pembelajaran di Tengah Pandemi Covid 19

Esti Wijayanti, Anastasya Latubessy

Abstract


Saat ini wabah COVID-19 atau yang masyarakat sering bicarakan adalah korona. Sehingga seluruh aktivitas manusia dibatasi agar dapat mengurangi penyebaran virus ini, termasuk kegiatan pembelajara baik di jenjang sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas,sampai jenjang perkuliahan mulai menerapkan kegiatan belajar dari rumah atau pembelajaran online. Seluruh dosen serta guru di setiap daerah yang terdampak, diminta untuk menghentikan aktivitas kegiatan akademik seperti pembelajaran tatap muka dan perkuliahan secara tatap muka. Sebagai tindak lanjut dari surat edaran tersebut seluruh perguruan tinggi dan sekolah juga diminta untuk mengeluarkan kebijakan tentang proses pembelajaran secara daring bagi siswa di sekolahan. Guru serta dosen juga merasakan perubahan dari tatap muka menjadi tatap maya. Yang mau tidak mau guru dan dosen melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Pembuatan aplikasi untuk pembelajaran daring sangat penting untuk pengajar khususnya. Aplikasi dibuat berbasis web untuk memenuhi kebutuhan guru, yang dapat diakses melalui smart phone.  Luaran yang diharapkan guru dapat melakukan pembelajaran online dengan mengunakan aplikasi berbasis web yang dapat di terapkan di sekolahan

Full Text:

PDF

References


Dogru and Tukaya. (2008). Promotion Student's Learning in Generatic With the Learning Cycle. International Jurnal of Experimental Education, page 259-280.

Kulsum U., Hindarto N., (2011), Penerapan Model Learning Cycle pada sub pokok bahasan Kalor untuk Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Siswa kelas VII SMP, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Page 128-133.

Jacobsson A., Asa Ek, Roland Akselsson, (2012), Learning from incidents e A method for assessing the effectiveness of the learning cycle, Journal of Loss Prevention in the Process Industries), page 561-570.

Lauren J. Ralph, Erin King, Elise Belusa, Diana Greene Foster, Claire D. Brindis, and M. Antonia Biggs, (2017), The Impact of a Parental Notification Requirement on Illinois Minors’ Access to and Decision-Making Around Abortion, Journal of Adolescent Health.

Pressman, RS, 2015, Rekayasa Perangkat Lunak , Pendekatan Praktisi Buku, Jogjakarta, Andi.

Sangpikul A., (2017), Implementing academic service learning and the PDCA cycle in a marketing course: Contributions to three beneficiaries, Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education.

R. Benson and C. Brack, (2010), Online Learning and Assessment in Higher Education, UK and the USA

Wang Y., Millet B., James L. Smith, (2016), Designing wearable vibrotactile notifications for information communication, Internasional. Jurnal Human-Computer Studies, 24-34.

Wijayanti E., Riadi A.A., (2018), Penerapan Algoritma Learning Cycle Untuk Evaluasi Hasil Belajar Siswa Dengan Parental Notification, Jurnal UPGRIS.

Wijayanti E., Latubessy A., (2019), Teknologi Android untuk Monitoring Hasil Belajar Anak Mengunakan Metode Problem Solving, Jurnal UPGRIS




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9837

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v9i1.9837.g4782

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License