Metode Godfrey vs Sherwood-Rout dalam Animasi Profil Program pada Lembaga Amil Zakat Solopeduli

Hanifah Permatasari, Indah Nofikasari, Zeno Candragufa Muria

Abstract


Lembaga Amil Zakat (LAZ) Solopeduli merupakan organisasi nirlaba berbasis pilantropi yang bertugas dalam pengelolaan zakat. Sama seperti organisasi profit, LAZ berusaha untuk mempromosikan program unggulannya, dengan memanfaatkan konten-konten multimedia untuk disebar melalui media sosial. Permasalahannya, belum semua program LAZ telah ada konten multimedianya. Apabila LAZ hendak membuat sebuah konten profil program berbasis multimedia, maka LAZ harus mempertimbangkan metode pengembangan sistem. Hal ini berkaitan dengan keterbatasan sumber daya manusia, waktu, dan keuangan lembaga yang dialokasikan untuk pengembangan. Minimnya penelitian terdahulu tentang konten multimedia pada LAZ, serta belum adanya pembahasan mendetail soal penerapan metode pengembangan multimedia, maka penelitian ini dilakukan untuk memberikan kontribusi baru dalam bidang multimedia di Indonesia. Penelitian ini memilih metode Godfrey dan metode Sherwood-Rout untuk dieksekusi, karena keduanya merupakan metode terstruktur, namun memiliki fokus yang berbeda dalam pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode Godfrey dan metode Sherwood-Rout dapat mengembangkan profil program organisasi nirlaba, dan apa perbedaan yang diperoleh dari kedua metode tersebut dalam kasus ini. Hasilnya, penelitian ini telah menemukan tiga fokus utama yang dapat memberikan referensi kapan dan dalam situasi apa metode tersebut akan tepat digunakan.

Kata Kunci: Godfrey Sherwood-Rout, Lembaga Amil Zakat, Animasi Program, Multimedia


The Amil Zakat Institute (LAZ) Solopeduli is a non-profit organization based on pilantropy which involves zakat management. Like profit organizations, LAZ strives to promote its flagship programs, utilizing multimedia content to be disseminated through social media. The problem is, not all LAZ programs have multimedia content. If LAZ wants to create multimedia-based profile program content, then LAZ must consider the system development method. This is related to the human resources, time, and financial institutions that are allocated for development. The lack of research on multimedia content at LAZ, and there has been no detailed discussion about the application of multimedia development methods, so this research was conducted to make new contributions in the field of multimedia in Indonesia. This study chose the Godfrey method and the Sherwood-Rout method to be executed, because it is a structured method, but has a different focus in development. The Godfrey research method and the Sherwood-Rout method can develop a nonprofit organization's program profile, and what are the differences obtained from the two methods in this case. The results, this study has found three main focus that can provide a reference at any time and in discussion what this method would be appropriate to use.

Keywords: Godfrey Sherwood-Rout, Lembaga Amil Zakat, Program Animations, Multimedia



Full Text:

PDF

References


Aisyah, R. D. (2010). Rancangan bangun sistem informasi penyaluran dana zakat kapada mustahik: studi kasus: lazis ar-Rahman-Aisyiyah.

Arfan, M., Wilopo, S. A., & Wahyuni, B. (2010). Effectivnes of Health Education Through Multimedia E-file and Face to Face Method on Teenage Reproductive Health to Improvement of Knowledge about Teenage Reproductive Health. Berita Kedokteran Masyarakat, 26(3), 107–114. https://doi.org/10.1109/WAINA.2013.176

Binanto, I. (2013). Kajian Metode-Metode Pengembangan Perangkat Lunak Multimedia. Jurnal Penelitian, 17(1).

Dara, Y., Kurniadi, D., & Budayawan, K. (2018). PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN ZAKAT MAL, MENENTUKAN WAKTU SHALAT DAN ARAH KIBLAT MENGGUNAKAN GPS BERBASIS ANDROID. Jurnal Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika, 2(2).

Dewanto, F. M. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif 3D dengan Structured Methodology Materi Sistem Pencernaan Manusia. Jurnal Informatika Upgris, 1(1 Juni).

Fatoni, A., & Puspitasari, N. (2016). PERANCANGAN SIMULASI PENGEMBANGAN SISTEM PROGRAMMING PENYALURAN DANA ZAKAT DI BADAN AMIL ZAKAT KOTA SERANG BERBASIS MULTIMEDIA. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 3(2).

Godfrey, R. (1995). New Wine in Old Bottle: Multimedia Design Methodology. ASCILITE, 95.

Gufroni, A. I., Wisandani, I., & Sukmawati, H. (2014). Sistem Informasi Unit Pengumpul Zakat Terintegrasi ( Studi Kasus : BAZNAS Kota Tasikmalaya ). Jnteti, 3(4), 236–241. ejnteti.jteti.ugm.ac.id/index.php/JNTETI/article/view/109

Hackler, D., & Saxton, G. D. (2007). The strategic use of information technology by nonprofit organizations: Increasing capacity and untapped potential. Public Administration Review, 67(3), 474–487. https://doi.org/10.1111/j.1540-6210.2007.00730.x

Hartono, S. B. (2018). Membangun Spiritual Capital Muzakki Dari Diferensiasi , Promosi , dan Minat Dalam Berzakat. Jurnal Iqtisaduna, 4(2), 154–169.

Haryanto, T., & Nugroho, S. (2015). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Perusahaan Pada Pt. Propan Raya Icc Semarang. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 8(1), 46–52.

Herdiyansyah, E., Satria, E., & Cahyana, R. (2013). Pengembangan Aplikasi Pendaftaran Muzakki dan Mustahik berbasis Web di Badan Amil Zakat Daerah Kabupaten Garut. Jurnal Algoritma, 10(2), 99–114.

Indonesia, I. A. (2011). Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan No 109: Akuntansi Zakat Infak/Sedekah.

Indonesia, P. N. R. (2014). Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007tentang Perpustakaan.

Khair, R. A. (2011). Rancang bangun mobile application informasi zakat berbasis multimedia.

Maimunah, Sunarya, L., & Nina Larasati. (2012). Media Company Profile Sebagai Sarana PENUNJANG INFORMASI DAN PROMOSI. Creative Communication and Innovative Technology Journal, 5(40), 281–301.

Melin, L., & Nordqvist, M. (2007). The reflexive dynamics of institutionalization: The case of the family business. Strategic Organization, 5(3), 321–333.

Nordqvist, M., Hall, A., & Melin, L. (2009). Qualitative research on family businesses: The relevance and usefulness of the interpretive approach. Journal of Management and Organization, 15(3), 294–308. https://doi.org/10.5172/jmo.2009.15.3.294

Novansyah, A., Sunardi, H., & Ramadhan, M. (2016). Sistem informasi pengolahan zakat dan infaq pada masjid agung palembang. Jurnal Ilmiah Informatika Global, 6(1).

Satryadi, A. (2016). ANALISIS PESAN DAKWAH DALAM IKLAN ZAKAT DOMPET DHUAFA KARYA SYAFA ’ AT MARCOMM. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Sembiring, E. B., & Ompusunggu, J. (2016). Rancang Bangun Multimedia Interaktif Pembelajaran Alat Musik Tradisional Melayu Menggunakan Metode Godfrey. Prosiding Seminar ABEC Politeknik Caltex Riau Pekan Baru, 7.

Sherwood, C., & Rout, T. (1998). A structured methodology for multimedia product and systems development. Proceedings of The Australasian Society for Computers in Learning in Tertiary Education (ASCILITE), 617–625.

Sinta, G., & Sembiring, E. B. (2017). Multimedia Interaktif Untuk Promosi Produk Pada Pegadaian Menggunakan Metode Godfrey,“. Jurnal Teknomatika, 9(2).

Suartama, I. K. (2010). Kualitas Pembelajaran Pada Mata Kuliah Media. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 43(3), 253–262.

Sunarya, Lusyani; Radiyanto; Susanti, E. (2013). ENRICHING COMPANY PROFILE SEBAGAI PENUNJANG MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI PADA PERGURUAN TINGGI RAHARJA. CCIT Journal, 7, 77–93.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v8i1.7698

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v8i1.7698.g3978

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License