PERANCANGAN SISTEM INFORMASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK BERBASIS WEBSITE PADA RUMAH PINTAR INDONESIA (RPI) YOGYAKARTA.

Della Tiara, Akhmad Syukron

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan jalur pendidikan nonformal yang melaksanakan program pembelajaran secara fleksibel. Sistem monitoring sangat diperlukan pada lembaga pendidikan khususnya PAUD yang mengelola data guna menghasilkan informasi perkembangan anak yang akurat, relevan dan tepat waktu seperti pada Rumah Pintar Indonesia (RPI). Pada sistem monitoring perkembangan anak di Rumah Pintar Indonesia masih konvensional, dimana proses pembuatan catatan harian anak masih dituliskan ke dalam sebuah buku penghubung orang tua, orang tua  jarang menuliskan respon yang terdapat pada buku penghubung serta kelalaian orang tua dalam mengembalikan buku penghubung menyebabkan pembuatan catatan harian anak dan laporan perkembangan anak menjadi terhambat. Adapun tujuan yang ingin dicapai yaitu merancang sistem informasi monitoring perkembangan anak berbasis website sebagai media untuk memantau perkembangan anak secara real time yang dapat diakses kapan dan dimana saja. Metode pengumpulan data yang akurat dan objektif melalui metode wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode yang digunakan untuk pengembangan sistem yaitu menggunakan metode prototype yang terdiri dari mendengarkan pelanggan, membangun atau memperbaiki mock-up,  pengujian dan evaluasi sistem. Berdasarkan hasil dari pengolahan data yang dilakukan selama proses pengumpulan data, maka dihasilkan rancangan sistem informasi monitoring perkembangan anak berbasis website yang diharapkan mampu memberikan solusi dari permasalahan yang dialami oleh Rumah Pintar Indonesia.

Kata Kunci : Sistem Informasi, Sistem Monitoring, Perancangan Sistem, Website

 


Full Text:

PDF

References


Andriani, Anik, dan Bambang Eko Purnama (2019). Desain Database dengan ERD dan LRS. Yogyakarta: TEKNOSAIN..

Anggraeni, Elisabet Yunaeti & Rita Irviani. (2017). PENGANTAR SISTEM INFORMASI. Yogyakarta: CV.Andi Offset. (1 Mei 2019).

Chairiansyah, Syafril. (2018). Pengembangan model sistem informasi monitoring perkembangan siswa sekolah menengah atas. Jurnal Teknologi Informasi, 13(2), 9–16. Diambil dari www.jurnal-eresha.ac.id/index.php/esit/article/download/73/48.

Effendy, Faried, dan Barry Noquba. (2016). Sistem Monitoring Online untuk Perusahaan Multi Cabang. Jurnal ProTekInfo, 3(1), 55–59. Diambil dari http://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/ProTekInfo/article/view/59/55.

Hutahaean, Jeperson. (2015). Konsep Sistem Informasi (U. P. Hastanto & G. P. Jati, eds.). Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Purnomo, D. Model prototyping pada Pengembangan Sistem Informasi.jurnal Informatika Merdeka Pasuruan. Vol.2 No.2. Agustus 2017.

Rerung, Rintho Rante. (2018). PEMROGRAMAN WEB DASAR. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Saputra, Putu Satya, I Made Sukarsa, dan I Putu Agung Bayupati. (2017). Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Anak di Sekolah Taman Kanak – kanak Berbasis Cloud. LONTAR KOMPUTER, 8(2), 112–123. Diambil dari https://doi.org/10.24843/LKJITI.2017.v08.i02.p05. (21 April 2019).

Solichin, Achmad. (2016). Pemrograman Web dengan PHP dan MySQL (G. Brotosaputro, ed.). Jakarta: Budi Luhur.

Sukamto, dan M. Shalahuddin. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak (Edisi Revisi). Bandung: Informatika Bandung.

Wahyuningsri, Atti Yudiernawati, dan Meylia. (2017). STIMULASI PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA TODLER. Jurnal Keperawatan Terapan, 3(1), 50–55. Diambil dari http://ojs.poltekkes-malang.ac.id/index.php/JKT/article/view/18. (21 April 2019).




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6691

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License