Rancang Bangun Mobile Learning Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta dengan Metode Prototyping

Wahyu Eko Susanto, Agustina Shintaningrum Wijaya

Abstract


Abstract  - Smartgama Yogyakarta is one of the developing non-formal educational institution which is still implementing a conventional teaching-learning system. It has not maximized the utilization of technology in its system so that a system design solution which facilitates and optimizes the teaching and learning activities in it is needed. The purpose of this research is to create an alternative design of mobile learning application at Smartgama Yogyakarta Tutoring Institution.  Prototype method is applied on this research. It began by collecting system requirement based on its staff’s, tutors’ and students’ complaints, continued by designing and prototype making of the mobile learning system which ended up by a trial toward the mobile learning prototype itself This research implement the Unified Modeling Language (UML) to describe the system design which will be created. With the design of the information system of mobile learning application, it can be both a solution to facilitate the teaching learning activities and also a supporting facility for the institution so that it may have the opportunity to compete with the other institutions.

 

Keywords: Mobile Learning, Information System, UML, Prototype

 

Abstrak - Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang sedang berkembang yang masih menggunakan sistem belajar mengajar secara konvensional. Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta belum memanfaatkan teknologi dengan maksimal sehingga diperlukan sebuah solusi rancangan sistem yang dapat mempermudah dan mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar pada lembaga tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah alternatif rancangan aplikasi mobile learning pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta. Penelitian ini menerapkan metode prototipe. Metode ini diawali dengan mengumpulkan kebutuhan sistem berdasarkan keluhan staf, tutor dan siswa Lembaga Bimbingan Belajar Smartgama Yogyakarta dan dilanjutkan dengan merancang dan membuat prototipe sistem mobile learning dan diakhiri dengan uji coba terhadap prototipe mobile learning yang telah dibuat. Penelitian ini juga menggunakan bahasa pemodelan Unified Modelling Language (UML) untuk menggambarkan rancangan sistem yang akan dibuat. Dengan adanya perancangan sistem informasi aplikasi mobile learning ini dapat menjadi solusi untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar dan dapat menjadi fasilitas penunjang bagi Lembaga Bimbingan Smartgama Yogyakarta sehingga mampu bersaing dengan lembaga-lembaga lainnya.

 

Kata kunci : Mobile Learning, Sistem Informasi, UML, Prototype


Full Text:

PDF

References


Direktorat Pembinaan Kursus & Pelatihan. (2019). Informasi Lembaga Kursus. Retrieved April 27, 2019, from http://kursus.kemdikbud.go.id/site/datakursus/searchprop.php?kodewil=04&kodeklasif=all&idtif=1&veriv=2&x=32&y=9.

Jubilee Enterprise. (2015). Mengenal Dasar-Dasar Pemrograman Android. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Nofrion. (2016). Komunikasi Pendidikan : Penerapan Teori dan Konsep Komunikasi dalam Pembelajaran Edisi Pertama. Jakarta.

Raharjana, I. K. (2017). Pengembangan Sistem Informasi Menggunakan Metodologi Agile. Yogyakarta: Deepublish.

Rizka, M. A., & Hardiansyah, R. (2017). Analisis Strategi Fund Raising dalam Penyelenggaraan Program Pendidikan Nonformal Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Ceria. Journal of Nonformal Education, 3(59), 165–172. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jne.v3i2.10951

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33, 5. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Danang_Setyadi2/publication/322575973_PENGEMBANGAN_MOBILE_LEARNING_BERBASIS_ANDROID_SEBAGAI_SARANA_BERLATIH_MENGERJAKAN_SOAL_MATEMATIKA/links/5a66b349a6fdccb61c5a836a/PENGEMBANGAN-MOBILE-LEARNING-BERBASIS-ANDROID-SEBAGAI-SARANA-BERLATIH-MENGERJAKAN-SOAL-MATEMATIKA.pdf?origin=publication_detail

Sholihah, F. (2017). Pengembangan Mobile Learning Matematika Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa (Penelitian Dan Pengembangan Di SMA Negeri 24 Bandung). UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–41. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6797

Sukamto, R. A., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6572

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6572.g3697

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License