Program Complaint Online Untuk Departemen EDP Pada PT Indomarco Prismatama Cabang Bekasi Menggunakan Framework CodeIgniter

Verra Sofica, Aditya Widiatmoko

Abstract


Abstract  - Penyedia layanan yang cepat, tepat dan mudah merupakan prioritas sebagai penyedia jasa maupun pengusaha yang harus bersaing merebut konsumen. Untuk memenuhi hal tersebut diperlukan suatu sistem dengan cara kerja cepat dan tepat khususnya dalam penanganan komplain. Penanganan  komplain yang masih menggunakan media telepon sudah pasti memiliki kekurangan, contohnya  jaringan sibuk karena sedang menerima komplain lain sehingga mengakibatkan masalah dalam penyampaian komplain. Penelitian dilakukan di PT Indomarco Prismatama pada Departemen EDP cabang Bekasi. Masalah yang terjadi pada departemen EDP adalah penanganan komplain masih melalui media telepon. Dari permasalahan tersebut diperlukan sebuah program komplain, dengan adanya sebuah program komplain dapat menerima komplain dari banyak pemakai dalam waktu yang bersamaan dan dokumentasi laporan komplain menjadi ter-manage. Penelitian ini menggunakan metode RAD (Rapid Application Development) dengan  menggunakan framework CodeIgniter, database MySQL dan bahasa pemrograman PHP. 

 

Keywords: Program Complaint, RAD, CodeIgniter, PHP


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Abdussalaam, F., & Saputra, A. S. (2018). Perancangan Sistem Informasi Complaint Management Dengan Metode Rad Menggunakan Framework Laravel. Jurnal E-KOMTEK, 2, 54–68.

Batinggi, A., & Ahmad, B. (2014). Pengertian pelayanan Umum dan Sistem Manajemen.

Booch, G. (2005). Object Oriented Analysis and Design with Application 2nd Edition. United States of America.

Hasan, N. (2014). Perancangan Aplikasi E-Commerce Penjualan Komputer Pada Toko Mitra Purworejo Menggunakan Php & Mysql. Bianglala Informatika, II, 81–88. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/bi.v2i1.560.g452

Kemenristekdikti. (2017). Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran Dalam Jaringan. Jakarta.

Kendall, J. ., & Kendall, K. . (2010). Analisis dan Peancangan Sistem. Jakarta: Indeks.

Komputer, W. (2014). Panduan Aplikatif & Solusi (PAS) Sistem Informasi Penjualan Online untuk Tugas Akhir. Yogyakarta: CV.Andi Offset.

Mursalim, S. W. (2018). Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) di Kota Bandung. Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu Dan Praktek Administrasi, 15, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.31113/jia.v15i1.128

Nofyat, Adelina, I., & Ambarita, A. (2018). Information Systems Water Customers Complaints Web-Based On Pdam Ternate City. System, Indonesian Journal on Information, 3.

Nurhadi. (2017). Pondasi Dasar Pemograman Website. Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.

Saputra, A. (2011). Trik dan Solusi Pemprograman PHP. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Stauss, B., & Seidel, W. (2018). Effective Complaint Management The Business Case for Customer Satisfaction. Ingolstadt: Springer.

Subagia, A. (2018). Membangun Aplikasi Web Dengan Metode OOP. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.

Supono, & Putratama, V. (2016). Pemograman Web Dengan Menggunakan PHP dan Framework Codeigniter. Yogyakarta: Deepublish.

Trisyanto. (2017). Analisis & Perancangan Sistem Basis Data (1st ed.). Surabaya: Garuda Mas Sejahtera.

Wijaya, G. (2015). Internet Untuk Pemula : Panduan Cepat Dan Mudah Belajar Internet. Yogyakarta: Familia.

Winarno, E., Zaki, A., & Community, S. (2015). Panduan Lengkap Berinternet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6519

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v7i2.6519.g3696

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License