IMPLEMENTASI BARCODE SCANNER PADA APLIKASI CEK HARGA DAN HITUNG (SI-CEKING) BERBASIS MOBILE

F Febiyanti, Candra Agustina

Abstract


ABSTRAK - Hampir semua masyarakat pada era yang semakin modern seperti saat ini tidak asing lagi dengan smartphone, bahkan smartphone menjadi kebutuhan masyarakat dan punya peranan penting dalam menjalankan aktifitas masyarakat setiap harinya. Pada swalayan sering kali terjadi ketidak cocokan antara harga barang yang tertera dengan harga barang yang ada di database kasir. Hal ini tentu sangat merugikan dan berpengaruh terhadap kenyamanan konsumen pada saat berbelanja, karena harga yang mereka dapatkan tidak sesuai dengan yang tertera pada saat mengambil barang belanjaan. Tujuan penelitian ini adalah membuat Aplikasi Si-Ceking berbasis mobile untuk mempermudah konsumen saat berbelanja. Aplikasi ini dibuat menggunakan metode perangkat lunak model waterfall. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan studi kepustakaan. Dalam perancangan aplikasi ini terlebih dahulu adalah membuat Entity Relationship Diagram (ERD) yang ditransformasikan ke Logical Record Structured (LRS) dan membuat struktur navigasi. Software yang digunakan untuk merancang aplikasi ini adalah Delphi XE8 sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai basis data untuk menyimpan data. Pengujian unit menggunakan Blackbox Testing. Hasil pengujian menunjukan Aplikasi Si-Ceking sudah berjalan sesuai harapan dan memudahkan konsumen untuk melihat harga saat berbelanja di swalayan karena bisa dilakukan menggunakan barcode scanner.

Kata Kunci: Barcode Scanner, Waterfall, Si-Ceking, Smartphone.

 

ABSTRACT - Almost all people in an increasingly modern era like today are no stranger to smartphones, even smartphones become the needs of the community and have an important role in carrying out community activities every day. At supermarkets often there is a discrepancy between the price of the goods listed with the price of the items in the cashier database. This is certainly very detrimental and influences the comfort of consumers when shopping, because the price they get is not in accordance with what is stated when picking up groceries. The purpose of this study was to create a mobile-based Si-Ceking Application to facilitate consumers when shopping. This application is created using the waterfall model software method. Data collection techniques used are literature observation and study. In designing this application first is to create an Entity Relationship Diagram (ERD) that is transformed into a Logical Record Structured (LRS) and create a navigation structure. The software used to design this application is Delphi XE8 as a programming language and MySQL as a database for storing data. Unit testing using Blackbox Testing. The test results using the Si-Ceking Application have run as expected and make it easier for consumers to see prices when shopping at supermarkets because it can be done using a barcode scanner.

Keywords: Barcode Scanner, Waterfall, Si-Ceking, Smartphone

Full Text:

PDF

References


Rahmat, D. (2017). Implementasi Kebijakan Program Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu Di Kabupaten Kuningan. Jurnal Unifikasi, 4(1), 35-42

Agustina, C., & Wahyudi, T. (2015). Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Indonesian Journal on Software Engineering, 1(1), 1–8. Retrieved from http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/ijse/article/viewFile/243/178

Ainur Rivai, D., & Eka Purnama, B. (2013). Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo. IJNS -Indonesian Journal on Networking, 2(3), 2302–5700. https://doi.org/10.1123/IJNS.V3I2.97

Budiono, F. L. (2013). Persepsi dan Harapan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Data pada Smartphone di Jakarta User Perception and Expectation. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(2), 93–108. Retrieved from http://online.bpostel.com/index.php/bpostel/article/viewFile/110201/60

Prabowo, D. (2104). Rancang Bangun Aplikasi Historical Maintenance Kendaraan (BUS) Dengan Teknologi QR Code Berbasis Android. Karya Ilmiah. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/29237

Hidayat, R., Marlina, S., & Utami, L. D. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Barang Handmade Berbasis Website Dengan fMetode Waterfall. Simposium Nasional Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi (SIMNASIPTEK), 175–183. Retrieved from http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2017/article/view/138

Legowo, A. I. (2014). Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Website Dengan Menggunakan Barcode Scanner Pada SMK Negeri 3 Kendal. www.academia.edu/download/54823540/jurnal-13631.pdf

Arfida, S., Harahap, R. E. (2014). Implementasi Media Pembelajaran Teknik Pengkodean Barcode Berbasis Multimedia Dalam Meningkatkan Kualitas Kegiatan Belajar Mengajar. Prosiding Sembistek, 407-420. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/sembistek/article/view/226

Junaidi, A. (2016). Dasboard Sistem Informasi Support Manitenance. Indonesian Journal on Computer and information technology, 1(1), 17-26. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijcit/article/download/414/315

Wicaksono, I., Hakim, F. N., Utomo, V. G. (2016). Sistem Diagnosa Kerusakan Pada Motor Matic Vario Berbasis Web. Jurnal Transformatika, 13(2), 49-58. http://journals.usm.ac.id/index.php/transformatika/article/view/327

Mustaqbal, M. S., Firdaus, R. F., & Rahmadi, H. (2015). ( Studi Kasus : Aplikasi Prediksi Kelulusan SNMPTN ). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, I(3), 31–36.

Negerikaton, K., Pesawaran, K. A. B., Andoyo, A., Sujarwadi, A., & E-government, K. K. (2014). Sistem Informasi Berbasis Web Pada Desa Tresnomaju Kecamatan Negerikaton Kab. Pesawaran. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 3, 1–10.

Sukamto, dan M Salahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstrukturdan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Nugraha, A., & Octasia, A. (2016). Sistem Informasi Penjualan Kaos Berbasis Web Pada Distro Sickness Berbasis E - Commerce. Sniptek, 299–302.

Rahayu, Y., Hafifudin, Aulia, S. (2015). Aplikasi Barcode Scanner dengan Input Data Pada Pengukur Debit Air Untuk PDAM Tirta Intan Kabupaten Garut Berbasis Android. Jurnal eProceedings of Applied Science, 1(2), 1472-1478. http://libraryeprooceding.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/4405

Rahma, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Aktifitas Kehidupan Siswa. Jurnal Fisip, 2(2), 1–12.

Arif Rahman, R., Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Beebasis Multimedia. Jurnal Algoritma.184-190

Rahmayun, I., Jurusan, D., Informasi, T., & Negeri, P. (2014). Enkripsi SMS ( SHORT MESSAGE SERVICE ) Pada Telepon Selular Berbasis Android Dengan Metode RC6. Jurnal Momentum, 16(1), 63–73.

Firdaus, M., Pandudipa, D. P. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Kamus Psikologi Berbasis Android. Konvergensi, 11(1), 1-9. http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/KONVERGENSI/article/view/1149/993

Sugiharto, A. (2017). Sistem Kontrol Nirkabel pada Surveillance Mobile Robot Jurnal Disprotek. Universitas Teknologi Yogyakarta, 8, 8–15.

Supriyanta, & Nisa, K. (2015). Perancangan Website Desa Wisata Karangrejo Sebagai Media Informasi dan Promosi. Bianglala Informatika, 3(1), 35–40. https://doi.org/10.22216/jsi.2016.01.02.1573-4106

Achyani, Y. E., Erviana, E. (2018). Sistem Informasi Pendapatan Jasa Pada Koperasi PDAM Tirta Patriot Bekasi. Jurnal Teknik Komputer, 4(1), 178-185. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2377

Fridayanthie, E. W., Mahdiati, T. (2016). Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 4(2), 126-138. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/article/view/1264/1029




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v6i2.6021

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v6i2.6021.g3333

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License