Rancangan Animasi Interaktif Pembelajaran 10 Hukum Taurat Pada GBI Ecclesia

A Astrilyana

Abstract


Abstrak: Pembelajaran yang lebih menarik merupakan salah satu motivasi dalam pengembangan keinginan belajar anak-anak. Dalam dunia pendidikan diperlukan tata cara yang lebih interaktif yang membuat anak-anak lebih aktif daripada pengajarnya. Perkembangan cara pengajaran juga perlu dilakukan agar tidak ketinggalan. Pendidikan agama kristen merupakan mata pelajaran yang sangat sulit ditemukan diajarkan khusus pada siswa sekolah dasar. Lebih banyak anak-anak belajar agama kristen melalui gereja mereka masing-masing yang disebut sekolah minggu. Cara pembelajarannya masih mengguanakan media yang sederhana yang sangat membosankan. Dengan pengajaran secara interaktif menggunakan animasi, maka akan membuat anak-anak lebih nyaman belajar. Dan juga mengasah kemampuan logika mereka. Dengan aplikasi pengajaran interaktif diharapkan dapat membuat anak-anak sekolah minggu lebih memahami pelajaran yang mereka khususnya 10 HukumTaurat Tuhan. Kata kunci: Animasi Interaktif, 10 Hukum Taurat.
 
Abstrak: Pembelajaran yang lebih menarik merupakan salah satu motivasi dalam pengembangan keinginan belajar anak-anak. Dalam dunia pendidikan diperlukan tata cara yang lebih interaktif yang membuat anak-anak lebih aktif daripada pengajarnya. Perkembangan cara pengajaran juga perlu dilakukan agar tidak ketinggalan. Pendidikan agama kristen merupakan mata pelajaran yang sangat sulit ditemukan diajarkan khusus pada siswa sekolah dasar. Lebih banyak anak-anak belajar agama kristen melalui gereja mereka masing-masing yang disebut sekolah minggu. Cara pembelajarannya masih mengguanakan media yang sederhana yang sangat membosankan. Dengan pengajaran secara interaktif menggunakan animasi, maka akan membuat anak-anak lebih nyaman belajar. Dan juga mengasah kemampuan logika mereka. Dengan aplikasi pengajaran interaktif diharapkan dapat membuat anak-anak sekolah minggu lebih memahami pelajaran yang mereka khususnya 10 HukumTaurat Tuhan. Kata kunci: Animasi Interaktif, 10 Hukum Taurat

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana Prenada media Group [2] Islandscript. Membuat Animasi Kartun dengan Macromedia Flash 8. Jakarta: Datakom Lintas Buana. 2008. [3] Nurwahyudin.2010.E-book Adobe Flash CS3. Diambil dari:http://www.nurwahyudin.com. Diakses 26 November 2011. [4] Puspitosari, Heni. A. 2012. Animasi Grafis Dengan Adobe Flash Pro CS5 Tingkat Lanjut.Jakarta:Skripta [5] Sodikin, Edi Noersasongko, Tyas Catur Pramudi. 2009. Jurnal Penyesuaian dengan modus pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X. Semarang:Jurnal Teknologi Informasi. Vol. 5, No. 2:740-754 [6] Suwindra, I Nyoman P, Rai Sujanem, Iwan Suswandi.2010. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Vol 4, No 3:ISSN 1979-7109




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5905

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v6i1.5905.g3294

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License