PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PELENGKAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA PROGRAM DIPLOMA TIGA AMIK BSI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan e-learning sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka, mengetahui tanggapan siswa terhadap e-learning dan mengetahui efektivitas e-learning sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka pada program Diploma Tiga AMIK BSI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan gabungan pendekatan penelitian riset and development (R and D) dan kuantitatif deskriptif. Populasinya adalah mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik stratified random sampling, dimana sampel diambil per kelas per angkatan. Subjek penelitian mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Pengembangan e-learning dilakukan menggunakan Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE). Moodle merupakan Learning Management Systems (LMS) yang bersifat open source. Dengan menggunakan Moodle dapat dilakukan beberapa aktivitas pembelajaran diantaranya diskusi, quis, dan penilaian
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.547
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.547.g439
ISSN: 2338-9761