PENGEMBANGAN E-LEARNING SEBAGAI PELENGKAP PEMBELAJARAN TATAP MUKA PADA PROGRAM DIPLOMA TIGA AMIK BSI YOGYAKARTA

Supriyanta Supriyanta

Abstract


 

                Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan e-learning sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka, mengetahui tanggapan siswa terhadap e-learning dan mengetahui efektivitas e-learning sebagai pelengkap pembelajaran tatap muka pada program Diploma Tiga AMIK BSI Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan gabungan pendekatan penelitian riset and development (R and D) dan kuantitatif deskriptif. Populasinya  adalah mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik stratified random sampling, dimana sampel diambil per kelas per angkatan. Subjek penelitian mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif deskriptif. Pengembangan e-learning dilakukan menggunakan Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE). Moodle merupakan Learning Management Systems (LMS) yang bersifat open source. Dengan menggunakan Moodle dapat dilakukan beberapa aktivitas pembelajaran diantaranya diskusi, quis, dan penilaian

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.547

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.547.g439

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License