PEMANFAATAN ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA
Abstract
Sektor pariwisata merupakan salah satu industri jasa terbesar saat ini yang secara nyata mampu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global. Berbagai macam tujuan orang untuk melakukan perjalanan wisata seperti halnya sekedar bersenang-senang, melihat peninggalan-peninggalan sejarah dan prasejarah, event-event tertentu, keindahan alam, perjalanan agama dan lain sebagainya. Indonesia memiliki potensi SDA (sumber daya alam) yang sangat banyak, khususnya di sektor kepariwisataan baik dari segi objek dan daya tarik wisata, keramah tamahan masyarakat serta tersedianya sarana dan prasarana sebagai faktor penting dalam memajukan sector pariwisata tersebut. Namun kekayaan SDA tersebut banyak yang belum kita optimalkan. Salah satunya adalah bidang promosi pariwisata. Maka dari itu penulis tertarik untuk menganalisa pemanfaatan ICT untuk mempromosikan bidang pariwisata ini. Dan dengan kemajuan ICT yang sangat pesat dewasa ini, internet/web kini merupakan salah satu wahana yang potensial untuk mempromosikan pariwisata di tanah air. Diharapkan penelitian ini sebagai bahan referensi bagi para pengelola web khususnya untuk lebih mengoptimalkan isi web secara keseluruhan dalam hal promosi di bidang pariwisata.
Keywords: ICT, internet, wisata, promosi, pariwisata.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.546
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.546.g438
ISSN: 2338-9761