PEMANFAATAN ICT (INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGY) DALAM PROMOSI PARIWISATA DI INDONESIA

Suleman Suleman

Abstract


Sektor pariwisata merupakan salah satu industri jasa terbesar saat ini yang secara nyata mampu mempengaruhi pertumbuhan ekonomi global. Berbagai macam tujuan orang untuk melakukan perjalanan wisata seperti halnya sekedar bersenang-senang, melihat peninggalan-peninggalan sejarah dan prasejarah, event-event tertentu, keindahan alam, perjalanan agama dan lain sebagainya. Indonesia memiliki potensi SDA (sumber daya alam) yang sangat banyak, khususnya di sektor kepariwisataan baik dari segi objek dan daya tarik wisata, keramah tamahan masyarakat serta tersedianya sarana dan prasarana sebagai faktor penting dalam memajukan sector pariwisata tersebut. Namun kekayaan SDA tersebut banyak yang belum kita optimalkan. Salah satunya adalah bidang promosi pariwisata. Maka dari itu penulis tertarik untuk menganalisa pemanfaatan ICT untuk mempromosikan bidang pariwisata ini. Dan dengan kemajuan ICT yang sangat pesat dewasa ini, internet/web kini merupakan  salah satu wahana yang potensial untuk mempromosikan pariwisata di tanah air. Diharapkan penelitian ini sebagai bahan referensi bagi para pengelola web khususnya untuk lebih mengoptimalkan isi web secara keseluruhan dalam hal promosi di bidang pariwisata.

 

Keywords: ICT, internet, wisata, promosi, pariwisata.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.546

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v1i1.546.g438

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License