Pemanfaatan Teknologi Informasi Untuk Peningkatan Pendapatan Dan Pemasaran Penjualan Buku Pada CV. Media Ilmu Pustaka Mandiri
Abstract
ABSTRACT - Currently the website has grown very rapidly. The world of commerce has also made use of websites for trading places on the internet with e-commerce methods. The Internet can be easily obtained at low prices with a wide access range that makes the public mengidolakan internet as a medium of information. CV.Media Ilmu Pustaka Mandiri needs to open an e-commerce website. This is intended to further maximize service to consumers in finding and selecting books as desired. It also makes it easier for companies to increase sales. The methodology used in the design of this information system is a waterfall model consisting of planning, analysis, design and implementation. While the method of data collection using observation and interview. The result is the creation of a web-based information system that can be used by CV. Media Science Pustaka Mandiri to support sales and marketing operations, and facilitate the public in searching for information about the products offered. Web-based information system can be used as one of the supporters of the company's competitive advantage and can minimize the cost of marketing and delivery of information to the public.
Keywords: Information Systems, Book Sales, E-Commerce
ABSTRAK - Saat ini website sudah berkembang sangat pesat. Dunia perdagangan juga telah memanfaatkan website untuk tempat perdagangan di atas internet dengan metode e-commerce. Internet bisa dengan mudah didapatkan dengan harga murah dengan jangkauan akses yang luas sehingga membuat masyarakat mengidolakan internet sebagai media informasi. CV.Media Ilmu Pustaka Mandiri perlu membuka website e-commerce. Hal ini dimaksudkan untuk lebih memaksimalkan pelayanan terhadap konsumen dalam mencari dan memilih buku sesuai keinginan. Selain itu juga memudahkan perusahaan untuk meningkatkan penjualan. Metodologi yang digunakan dalam perancangan sistem informasi ini adalah model waterfall yang terdiri dari perencanaan, analisa, perancangan dan implementasi. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Hasilnya adalah terciptanya sebuah sistem informasi berbasis web yang dapat digunakan oleh CV. Media Ilmu Pustaka Mandiri untuk mendukung kegiatan operasional penjualan dan pemasaran, serta mempermudah masyarakat dalam pencarian informasi tentang produk yang ditawarkan. Sistem informasi berbasis web dapat digunakan sebagai salah satu pendukung keunggulan kompetitif perusahaan serta dapat meminimalkan biaya pemasaran dan penyampaian informasi kepada masyarakat.
Kata kunci: Sistem Informasi, Penjualan Buku, E-Commerce
Full Text:
PDFReferences
Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP & Mysql Secara Otodidak. Jakarta : Mediakita.
Indrajani. 2011. Bedah Kilat 1 Jam Pengantar dan Sistem Basis Data. Jakarta: Elex Media Komputindo
Jogiyanto,HM.2005. Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur dan Praktik Palikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
Kurniawan,Budi. 2007. Desain Web Praktis dengan CSS. Jakarta: Elex Media Komputindo
Madcoms. 2010. Rahasia Sukses Menjual Produk Melalui Wordpress e-Commerce. Yogyakarta: Andi
Nugroho,Adi. 2010. E-commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Yogyakarta: Andi
Nugroho,Bunafit. 2009. Membuat Website Sendiri dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Mediakita
Raninardi, Vincent. (2008). Building a Data Warehouse With Examples in SQL Server. New York: Apress.
Shalahuddin, Rosa A.S. 2008. Java di Web. Bandung: Informatika
Sukarno, Mohammad. 2006. Membangun Website Dinamis Interaktif dengan PHP – MySQL (Windows & Linux). Jakarta: Eska Media Press
Sutopo, Aries Hadi. 2007. Pemrograman Flash dengan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Graha Ilmu
Yakub. 2008. Sistem Basis Data Tutorial Konseptual. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v5i1.544
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v5i1.544.g436
ISSN: 2338-9761