Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Aktiva Tetap Pada PT.Coolpad Elektronik Indonesia Pontianak

Imam Muzakki, Nurfia Oktaviani Syamsiah, Fara Dina - AMIK BSI Pontianak

Abstract


ABSTRACT - Fixed asset information system is a sub-operation in financial accounting that take care of the degeneration of asset usefulness because of its responsibility. Asset management is very important in any organization. Asset management is a content of every balance sheet and then proper attention should be given to provide complete and accurate information that will assist management in planning and policy making. The objective of this research is to design a fixed asset information system that will curb the problems and malpractices of the existing system. This automatic software facilities will recording and modifying of assets using electronic keyboard. However, the computerized system will provide management with various reports on fixed asset at the end of every period.

Keywors : Activa, Information, System

ABSTRAK - Sistem informasi aset tetap merupakan sub-operasi dalam akuntansi keuangan yang menjaga kemerosotan kegunaan aset karena tanggung jawabnya. Manajemen aset sangat penting dalam organisasi manapun. Pengelolaan aset adalah isi setiap neraca dan perhatian yang tepat harus diberikan untuk memberikan informasi yang lengkap dan akurat yang akan membantu manajemen dalam perencanaan dan pembuatan kebijakan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang sistem informasi aset tetap yang akan mengendalikan permasalahan dan malpraktek sistem yang ada. Fasilitas perangkat lunak otomatis ini akan merekam dan memodifikasi aset menggunakan keyboard elektronik. Namun, sistem komputerisasi akan menyediakan berbagai laporan mengenai aset tetap setiap akhir periode.

Kunci: Activa, Informasi, Sistem


Full Text:

PDF

References


Arief ,M. Rudiyanto. 2011. Pemograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi

Fatta, Hanif Al. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Yogyakarta :CV Andi Offset.

Haryanto, Bambang. 2011. Esensi-Esensi Bahasa Pemograman java. Yogyakarta: Andi.

Hasugian, Humisar dan Ahmad Nur Shidiq. 2012. Rancangan Bangun Sistem Informasi Industri kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Jakarta: FIKOM Universitas Dian Nuswantoro.

Kusrini dan Andri koniyo. 2007. Tuntunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi dengan Visual Basic dan Microsoft SQL Server. Yogyakarta: Andi

Kustiyahningsih . 2011. Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySql. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nugroho. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Obyek dengan Metode USDP. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Puspitawati, Lilis dan Sri Dewi Anggadini. 2011. Sistem Informasi Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu .

Rahmayu, Mulia. 2015. Rancangan bangun sistem informasi nilai ujian siswa SMP Negeri 3 Bumiayu bebasis Web http://ejournal.bsi.ac.id/assets/files/

MULIA_RAHMAYU. PDF. (07 Mei 2017).

Sukamto, Rosa A dan M. Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

Wahana Komputer. 2015. Membangun Sistem Informasi dengan Java Netbeans dan MySQL. Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Widjajanto, bambang, Aristanti Widyaningsih dan Heraini tanuatmodjo. 2007. Mengasah Kemampuan Ekonomi Untuk kelas XII SMA/MA Program Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Citra Praya.

Wijaya, Santo F dan Hendra Alianto. 2012. Esensi Dan Penerapan ERP Dalam Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, Al Haryono. 2011. Dasar-dasar Akuntansi jilid 2. Sekolah Tinggi Ekonomi Yayasan Keluarga Pahlawan Negara: Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v5i2.2968

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v5i2.2968.g1890

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License