Importance Performance Analysis (IPA) Pada Website Bappeda Kota Tangerang Menggunakan Metode Servqual

Mega Ratu Hartati, Mochammad Abdul Azis, Eko Yulianto, Pudji Widodo

Abstract


Website resmi instansi pemerintah berperan penting dalam menyampaikan informasi publik dengan cepat, mudah, dan transparan. Salah satunya adalah website Bappeda Kota Tangerang, yang menjadi sarana utama bagi masyarakat untuk mengakses data dan dokumen perencanaan pembangunan daerah. Namun, untuk memastikan bahwa layanan tersebut benar-benar sesuai dengan harapan pengguna, perlu dilakukan evaluasi menyeluruh. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kualitas pelayanan dan aksesibilitas website Bappeda Kota Tangerang berdasarkan persepsi dan harapan penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode analisis kinerja servqual dan importance performance analysis (IPA). Data dikompilasi melalui kuesioner online yang diisi oleh 150 responden, yang kemudian dianalisis menggunakan perhitungan kesenjangan dan pemetaan dalam diagram kartesius IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar indikator layanan memiliki nilai kesenjangan negatif, yang berarti bahwa layanan tersebut sepenuhnya memenuhi harapan pengguna. Namun, banyak indikator berada di kuadran II IPA, yang menunjukkan bahwa indikator tersebut penting dan sudah berkinerja baik. Sementara itu, beberapa indikator lainnya berada di kuadran III, yang mengindikasikan perlunya perhatian lebih lanjut untuk perbaikan di masa depan.


Full Text:

PDF

References


Diana, R., & Sutabri, T. (2023). Evaluasi Kualitas Website SMA dan SMK Kabupaten Ogan Komering Ulu Menggunakan Metode Webqual 4.0. https://doi.org/10.34012/jutikomp.v6i1.3601

Hamidani, ul, Primadasa, Y., Dewi Setyadi, P., Informasi, S., Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, S., Komputer, I., & Musi Rawas, U. (2024). Sistem Informasi Pengukuran Kepuasan Pelayanan Kantor Kepala Desa dengan Metode Servqual dan IPA. 4 No. 1 (2024) 27-32. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakaai.v4i1.720

Irawati, D. S., & Pibriana, D. (2021). Perbandingan Kualitas Dua E-Commerce Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Teknologi Sistem Informasi, 2(2), 251–264. https://doi.org/10.35957/jtsi.v2i2.1382

Melianti, K., Ahmad Dahlan Yogyakarta Jl Ringroad Selatan, U., Banguntapan, K., & Bantul, K. (2022). ANALISIS KUALITAS WEBSITE PORTAL UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN MENGGUNAKAN METODE IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. http://dx.doi.org/10.33020/saintekom.v12i2.336

Mia Sumiarsih, Ilman Ansori, Nijar Kurnia Romdoni, Putri Kamelia, & Ai Rahmatika. (2025). Strategi Perbaikan Kualitas Pelayanan Menggunakan Metoda SERVQUAL dan Model Importance Performance Analysis (IPA) pada Bisnis Kuliner Baso Aci Sambel Garut. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 3(4), 851–859. https://doi.org/10.31004/jerkin.v3i4.535

Nisa, R., Yusda, R. A., & Handoko, W. (2023). Sistem Pendukung Keputusan menggunakan Metode Servqual untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kinerja Aparatur Pemerintahan. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 7(2), 257–266. https://doi.org/10.29408/edumatic.v7i2.21240

Ramdani, D., Supriatna, E., Yuliani, W., & Studi Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi, P. (2023). FOKUS VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET KEMATANGAN EMOSI. 6(3), 2023. https://doi.org/10.22460/fokusv6i3.10869

Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS KUESIONER PERILAKU PROSOSIAL. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413

Salma, M., Dewi, W., Nabila, S., & Hilaly, S. G. (2023). Analisis Kepuasan Pengguna terhadap Kualitas Layanan Portal Layanan Mahasiswa (POLAM) Menggunakan Metode Servqual. 4(2), 198–207. https://doi.org/10.33365/jtsi.v4i2.2635

Ulfah Oktariani, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi (Aplikasi L Online) Terhadap Kualitas Pelayanan Di Bank Lampung KCP Kalianda Dengan Metode Service Quality (servqual). Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 1(2), 172–189. https://doi.org/10.61597/jbe-ogzrp.v1i2.12

Yudhana, A., & Peningkatan, A. (2022). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Model Utaut Untuk Evaluasi Sistem Pendaftaran Online Rumah Sakit (Vol. 9, Issue 2). https://doi.org/10.35957/jatisi.v9i2.2227




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v13i2.27598

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License