ANALISIS DATA PENJUALAN VIDEO GAME SALES GENRE ACTION DI WILAYAH JEPANG STUDI INDEPENDEN BERSERTIFIKAT DI PT REVOLUSI CITA EDUKASI (REVOU)
Abstract
Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk menjadi analis data dengan mengikuti program MBKM yaitu Studi Independen bersertifikat, penulis mengikuti program ini dikarenakan jarangnya analisis data yang disebabkan oleh sklill gap maka diperlukan pelatihan. Tujuan dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah untuk meningkatkan kemampuan lulusan, baik soft skill maupun hard skill, agar mahasiswa lebih siap untuk menjadi pemimpin masa depan bangsa yang unggul dengan kebutuhan zaman yang terus berubah. Studi Independen RevoU Tech Academy merupakan program kerjasama antara Kemendikburistek yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan di bidang teknologi agar dapat bersaing di era digital. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kasus, studi pustaka, dokumentasi, wawancara. Untuk menjadi analis data dapat dilakukan dengan proses-proses sederhana dengan menggunakan Metode penelitian menggunakan Exploratory Data Analysis(EDA) yaitu proses data cleaning menggunakan spreadsheet, data analisis menggunakan Root Cause Analysis(RCA), data visualisasi menggunakan Power BI, dan data comunication untuk menjelaskan Insight rekomendasi bisnis. Studi kasus yaitu berupa capstone project data yang dianalisis bersumber dari kaggle adalah data penjualan video game sales, memberikan pengetahuan kepada pembaca terkait strategi meningkatkan penjualan video game. Hasil analisis menunjukan penjualan game di jepang, genre Role-Playing mendominasi dengan jumlah penjualan 104, diikuti oleh genre Action yang mencatatkan 87. Sedangkan genre lain seperti Miscellaneous mencatatkan 43, dan genre Sports 31. Genre lain seperti Adventure dan Fighting memiliki penjualan 27 dan 2, masing-masing. Sementara itu, genre Shooter, Platform, Simulation, dan Strategy mencatatkan penjualan lebih sedikit, masing-masing dengan jumlah 17 dan kurang.
Kata kunci: Studi Independen Bersertifikat, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Exploratory Data Analysis(EDA), Power BI, PT Revolusi Cita Edukasi.
Full Text:
PDFReferences
Anjani, D., Novriyenni, N., & Fatmaira, Z. (2024). Korelasi Kegiatan MBKM Terhadap Peningkatan Soft Skills Mahasiswa Menggunakan Metode Apriori. https://doi.org/10.61132/saturnus.v2i4.334
Arisman, A. F., & Widodo, U. P. W. (2024). Capstone Project Data Analytics Untuk Menigkatkan Penjualan Secara Efektif. JURNAL ILMIAH EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(2), 842–852. https://doi.org/10.61722/jemba.v1i2.415
Hardianti, B. G. P., & Dwiridotjahjono, J. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Project Dalam Pengembangan Digital Skill Melalui Program Studi Independen Di PT Revolusi Cita Edukasi. ALKHIDMAH: Jurnal Pengabdian dan Kemitraan Masyarakat, 1(3), 12–21. https://doi.org/10.59246/alkhidmah.v1i3.398
Humaira, U. R., & Istiqamah, St. H. N. (2024). Capstone Project Data Analyst Pada Studi Independen Bersertifikat di Revou Rech Academy Batch 5: Analisis Data Untuk Meningkatkan Penjualan Produk Pada E-Commerce Fashion di Australia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(2). https://doi.org/10.56799/jim.v3i2.2740
Irfanullah, A., Sinay, L. J., & Palembang, C. F. (2023). Peran Analisis Data dalam Pengembangan Dashboard Visualisasi Data PRODAMAS Pemerintah Kota Kediri. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14(2), 323–330. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas
Nugraha, A., Nurdiawan, O., & Dwilestari, G. (2022). PENERAPAN DATA MINING METODE K-MEANS CLUSTERING UNTUK ANALISA PENJUALAN PADA TOKO YANA SPORT. Dalam Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika) (Vol. 6, Nomor 2). https://doi.org/10.36040/jati.v6i2.5755
R. H., D. D., & Irbayuni, S. (2023). Menuju Karir Masa Depan: Pelatihan Skill untuk Analis Data Sebagai Peluang Baru di Era Digital Melalui Program Studi Independen di Bitlabs Academy. TRIDHARMADIMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Jayakarta, 3(1), 5. https://doi.org/10.52362/tridharmadimas.v3i1.1165
Ramadhan, E., & Voutama, A. (2025). VISUALISASI PREDIKSI PENJUALAN GAME DI DUNIA MENGGUNAKAN POWER BI. Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, 13(2). https://doi.org/10.23960/jitet.v13i2.6353
Rismaninda Putri Dwi Prasetya, Azizah, R. N., Halwa, J. B. W., Nugroho, R. H., & Kusumasari, I. R. (2024). Implementasi Penggunaan Data Analytics untuk Mengoptimalkan Pengambilan Keputusan Bisnis di Era Digital. Jurnal Bisnis dan Komunikasi Digital, 2(2), 12. https://doi.org/10.47134/jbkd.v2i2.3459
Rosandhy, S. P., & Tsabit, M. (2024). PENGARUH APLIKASI GOOGLE SPREADSHEET TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA PT. PEGADAIAN DIVISI INNOVATION CENTER. Multidisiplin Saintek. https://ejournal.warunayama.org/kohesi
Saweho, F. F., Celia, V., & Handoko, T. W. (2025). Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB): Efektivitas dalam Meningkatkan Kapabilitas Mahasiswa Sebelum Memasuki Dunia Kerja. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Tri Yulianto, A., & Riansyah, A. (2025). EXPLORATORY DATA ANALYSIS BERBASIS EXCEL DALAM ANALISIS DATA UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK PADA VENDING MACHINE. Journal of Computer Science and Information Technology, 1–9. https://www.kaggle.com/datasets/awesomeasingh/vending-machine-
Tsaabitah, A. K., & Azizah, N. (2023). Implementasi Pembelajaran Daring pada Program Studi Independen di PT Revolusi Cita Edukasi (Revou) dalam Pengembangan Diri Bidang Teknologi Digital. Jurnal Kabar Masyarakat, 1(2), 57–62. https://doi.org/10.54066/jkb.v1i2.449
Widhianingsih, W., & Wahyuni, H. C. (2024). Strategi Peningkatan Kualitas Sepatu dengan Metode Failure Mode and Effect Analysis, Grey Relational Analysis, dan Root Cause Analysis. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 3(3), 1–17. https://doi.org/10.47134/innovative.v3i3
Zahrani, R., & Taqrim, ibadi. (2024). Program MSIB RevoU Sebagai Media Untuk Mengasah Kemampuan Mahasiswa di Dunia Industri. https://jurnalpengabdianmasyarakatbangsa.com/index.php/jpmba/index
DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v13i2.27083
ISSN: 2338-9761

