Rancang Bangun Sistem Informasi Pengadaan Dan Penerimaan Aset Studi Kasus: Carrefour Cipinang Indah Mall Jakarta

Ela Nurelasari, Nisawa Dewi Paramita - AMIK BSI Jakarta

Abstract


Abstract - Any manual process of a company can be replaced by a computer because of the provision of more sophisticated information and can support the process of making a decision made by the Management. By using a computer, the company can perform a process of computerized system easily, and sophisticated. because the level of system processes on the computer will be faster and efficient, so that the company easily using the system that is not manual anymore. PT. Trans Retail Indonesia, or which we are familiar with Carrefour also needs assets to support sales and office activities, especially for the back office is to support the team. In this case certainly needed a system that can support the work especially for pengadan and acceptance of the asset. The receipt and procurement of such assets may occur for several reasons. For example, the condition of assets that are not feasible, old asset life, or maybe the necessary assets do not exist. To support the system must have SOP (Standart Operating Procedure) is clear. In this case Carrefour already has a clear SOP and run in the process of asset procurement for the company, but for the process still requires a long process and acceptance there is no system that support. Web-based information system is one solution for PT. Trans Retail Indonesia, especially Cipinang Indah outlet to improve the efficiency of its employees, especially for department store controller.

Keywords: System Design, Procurement Information System Design, Asset Reception

 

Abstrak – Setiap proses manual dari perusahaan dapat digantikan oleh komputer karena penyediaan informasi yang lebih canggih serta dapat mendukung proses pengambilan suatu keputusan yang dilakukan oleh Manajemen. Dengan menggunakan komputer, perusahaan dapat melakukan suatu proses sistem komputerisasi dengan mudah, dan canggih. karena tingkat sistem proses pada komputer akan lebih cepat dan efisien, sehingga dengan mudah perusahaan menggunakan sistem yang bukan manual lagi. PT. Trans Retail Indonesia, atau yang sering kita kenal dengan Carrefour juga membutuhkan aset untuk mendukung penjualan dan kegiatan kantornya terutama untuk bagian back officenya yaitu untuk supporting team. Dalam hal ini tentu diperlukan suatu sistem yang dapat menunjang pekerjaan tersebut terutama untuk pengadan dan penerimaan aset tersebut. Penerimaan dan pengadaan aset tersebut dapat terjadi karena beberapa hal. Misal, kondisi asset yang sudah tidak layak, umur asset yang sudah lama, atau mungkin asset yang diperlukan memang belum ada. Untuk menunjang sistem tersebut tentunya harus ada SOP (Standart Operating Procedure) yang jelas. Dalam hal ini Carrefour sudah memiliki SOP yang jelas dan dijalankan dalam proses pengadaan aset untuk perusahaan, tetapi untuk prosesnya masih membutuhkan proses yang lama serta penerimaan belum ada sistem yang menunjang. Sistem informasi berbasis web merupakan salah satu solusi bagi PT. Trans Retail Indonesia khususnya gerai Cipinang Indah untuk meningkatkan efisiensi kerja karyawannya, terutama untuk departemen store controller.

Kata kunci:  Perancangan Sistem , Perancangan Sistem informasi Pengadaan, Penerimaan Aset


Full Text:

PDF

References


. Fathansyah. 2015. Basis Data. Bandung: Informatika.

. Jogiyanto, HM. 2010. Analisis dan Desain. Yogyakarta: Penerbit Andi.

. Kenneth E. Kendall. 2010. Analisis dan Perancangan Sistem. Jakarta: Penerbit Indeks.

. Ladjamudin, Al Bahra bin. 2008. Konsep Sistem Informasi. Jakarta: STMIK Muhammadiyah Jakarta.

. McLeod, Raymon Jr dan George P.Schell. 2010. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Indeks

. Pratama, I.P.A.E. 2014. Sistem Informasi dan Implementasinya. Bandung: Informatika.

. Rosa, A. S., dan Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Informatika.

. Satzinger, J.W., Jackson, R.B., and Burd, S.D. 2010. System Analysis And Design in A Changing World. Boston, MA: Course Technology.

. Simarmata, Janner. 2007. Perancangan Basis Data. Jakarta: Andi.

.Sommerville, Ian. 2007. Software Engineering, Eight Edition. Harlow: Pearson Education Limited.

.Sutanta, Edhy. 2011. Basis Data Dalam Tinjauan Konseptual. Yogyakarta: Andi.

. Transmart Carrefour. 2017. Carrefour, Gerai Retail Pilihan Untuk Keluarga Indonesia. http://www.carrefour.co.id/id/shop/carrefour/index.php. (04 Juli 2017)

.Yakub. 2012. Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v5i2.2547

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v5i2.2547.g1736

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License