Perancangan Sistem Informasi Penjualan Produk Konveksi Dengan Menerapkan Metode System Development Life Cycle

Resti Lia Andharsaputri - AMIK BSI Pontianak

Abstract


Abstract—Designing an e-commerce-based information systems can help in improving the marketing and sales of garment products. Those products can be promoted in a medium such as a website. It is expected to design a web-based sales information system to further expand the marketing area and better known by various people. In designing this sales information system, the method used is the System Development Life Cycle (SDLC) with several stages of the planning system, systems analysts, design / system design, application / system implementation, and maintenance of the system. In a sales system that runs some obstacles faced by the limited scope of marketing in terms of both the areas of marketing and in terms of consumer targets are achieved, the lack of promotional products, and limited transactions that occur because products are less known to the public. The expected results of web-based sales information system is easier to promote, facilitate and ease of transaction in the market for consumers.

Keywords; ecommerce, convection, sales information system

 

IntisariMerancang sebuah sistem informasi berbasis ecommerce dapat membantu dalam meningkatkan pemasaran dan penjualan produk konveksi. Produk-produk tersebut dapat dipromosikan pada sebuah media seperti sebuah website. Diharapkan dengan merancang sebuah sistem informasi penjualan berbasis website dapat semakin memperluas area pemasaran dan lebih dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Dalam merancang sistem informasi penjualan ini, metode yang digunakan adalah System Development Life Cycle(SDLC) dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan sistem, analis sistem, desain/perancangan sistem, penerapan/implementasi sistem, dan perawatan sistem. Dalam sistem penjualan  yang berjalan ada beberapa kendala yang dihadapi yaitu terbatasnya lingkup pemasaran baik dari segi area pemasaran maupun dari segi target konsumen yang dicapai, kurangnya promosi produk, dan terbatasnya transaksi yang terjadi karena produk kurang dikenal masyarakat. Hasil yang diharapkan dari sistem informasi penjualan berbasis website ini adalah mempermudah dalam berpromosi, mempermudah dalam memasarkan dan kemudahan bertransaksi bagi konsumen.

Kata Kunci; ecommerce, konveksi, sistem informasi penjualan


Full Text:

PDF

References


Anhar. 2010. Panduan Menguasai PHP dan MySQL Secara Otodidak. Jakarta: Mediakita

Fathansyah. 2007. Basis Data.Bandung: Informatika

Kristanto, Andri. 2010. Kupas Tuntas PHP dan MySQL. Klaten: Cable Book

Munawar. 2005. Pemodelan Visual Dengan UML. Jogjakarta: Graha Ilmu

Nugroho, Adi. 2006. E-Commerce Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika

Nugroho, Bunafit. 2004. Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL (Studi Kasus, Membuat Sistem Informasi Pengolahan Data Buku). Jogjakarta: Gava Media

Sholiq. 2006. Pemodelan Sistem Informasi Berorientasi Objek Dengan UML. Jogjakarta: Graha Ilmu

Suhartanto, Heru, Christine Angelina, Fuady Rosma Hidayat, Johanes, Yonna widyanti. 2007. Meeting Management System: Analisis, Desain dan Implementasi. Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia

Sunarto, Andi. 2009. Seluk Beluk E-Commerce Panduan Bagi Pemula Untuk Menjual Produknya Melalui Internet. Jogjakarta: Garailmu




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v5i1.1897

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v5i1.1897.g1413

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License