Sistem Pendukung Keputusan Siswa Berprestasi Dengan Metode AHP Pada SDS Harapan Jaya

Saskia Novtrivia Maharani, Indah Purnamasari

Abstract


Menjadi siswa yang berprestasi ialah keinginan setiap siswa di sekolah. Dan setiap siswa memiliki berbagai kriteria yang dapat menjadikannya siswa berprestasi. Sekolah Dasar Swasta Harapan Jaya merupakan SD Swasta yang berlokasi di Jakarta Barat, Provinsi DKI Jakarta, Visi dan misi SDS Harapan Jaya adalah menghasilkan lulusan terbaik, cerdas, berprestasi dan berpikiran terbuka. Tetapi saat ini penentuan siswa berprestasi pada SDS Harapan Jaya hanya berdasarkan nilai akademik, tanpa menilai dari kriteria lain. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk pemilihan siswa berprestasi berdasarkan 4 kriteria berikut yakni, nilai, absensi, kedisiplinan dan keterampilan. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) sehingga memudahkan SDS Harapan Jaya dan guru-guru dalam pemilihan siswa-siswa  yang memiliki prestasi untuk pembentukan kelas favorit. Hasil pembobotan yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan 4 kriteria yang digunakan adalah Salsabila Pringkat pertama dengan bobot 0,650 atau 65,0%, Syakila Anindya Pringkat kedua dengan bobot 0,547 atau 54,7%, Diki nanda Pringkat ketiga dengan bobot 0,519 atau 51,9%.

Kata Kunci : Siswa Berprestasi, SPK, AHP


Being a good student is the desire of every student at school. Of course the achievements are based on the ability of each student. SDS Harapan Jaya is a private elementary school located in West Jakarta, DKI Jakarta Province. The vision and mission of SDS Harapan Jaya is to produce the best, intelligent, accomplished and open-minded graduates. However, to determine students who excel at SD Harapan Jaya only with report cards, therefore the results of the decisions are not transparent. The criteria used in this study are 4 criteria, namely, grades, absenteeism, discipline and skills. The purpose of selecting students who excel is to make it easier for Harapan Jaya Elementary Schools and teachers to find students who have achievements. In this study, the AHP method was used to help select outstanding students. The weighting results obtained from the 4 criteria used are the final result of Diki Nanda, the first rank with a weight of 0.649 or 64.9%, Salsa Khansa, the second rank with a weight of 0.570 or 57%, Ahmad Fauzi, the third rank with a weight of 0.498 or 49.8, Zura Ayla Fourth place with a weight of 0.304 or 30.4%, Gibran Iban last rank with a weight of 0.291 or 21.9%.

Keywords: Achievement Students, DSS, AHP



Full Text:

PDF

References


A. Faroby Falatehan. (2017). Analytical Hierarchy Process (AHP) Teknik Pengambilan Keputusan Untuk Pembangunan Daerah. Yogyakarta: Indomedia Pustaka. https://www.academia.edu/36591696/ANALYTICAL_HIERARCHY_PROCESS_AHP_Teknik_Pengambilan_Keputusan_untuk_Pembangunan_Daerah

Asyiriati, L., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). BUKU AJAR: SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN TEORI DAN IMPLEMENTASI (1st ed.). Yogyakarta: DEEPUBLISH. https://repository.bsi.ac.id/repo/files/242885/download/Buku-Ajar-Sistem-Pendukung-Keputusan.pdf

Danang, & Nisar, M. F. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan PTS Jurusan Komputer Menggunakan Metode AHP di Kota Semarang. Simetris, 8(1), 45–52. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/simet/article/view/819

Gunawan, H. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). INFORMASI (Jurnal Informatika Dan Sistem Informasi), 11(1), 1–17. https://doi.org/10.37424/informasi.v11i1.7

Jenita Puspita Angelina Pulu. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Siswa Berprestasi Pada Sman 1 Haharu Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process. Jati, 2(2), 142–149. https://ejournal.itn.ac.id/index.php/jati/article/view/397

Limbong, T., Muttaqin, & Iskandar, A. (2020). Sistem Pendukung Keputusan : Metode & Implementasi. Medan: Yayasan Kita Menulis. https://kitamenulis.id/2020/03/24/sistem-pendukung-keputusan-metode-implementasi/

Narti, N.-, Sriyadi, S., Rahmayani, N., & Syarif, M. (2019). Pengambilan Keputusan Memilih Sekolah Dengan Metode AHP. Jurnal Informatika, 6(1), 143–150. https://doi.org/10.31311/ji.v6i1.5552

Rahardiansyah, A., Rusman, A., Kahfi, A. H., & Mandiri, U. N. (2022). Bianglala Informatika ERA INFORMATIKA. 10(1), 2022. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/view/11521

Sastradipraja, C. K., Dawiyah, N., Sembiring, F., & Erfina, A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Prestasi Siswa Dengan Analyical Hierarchy Process. Jurnal Rekayasa Tekonologi Nusa Putra, 6(2), 24–31. https://rekayasa.nusaputra.ac.id/article/view/71

Ulfa, A., Medan, P. G., Utara, S., Medan, P. G., & Utara, S. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Memilih Tempat Kursus Bahasa Inggris Dikota Medan Dengan Penerapan Metode Analitycal Hierarchy Process ( AHP ). Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 1(April), 7–13. https://jurnal.polgan.ac.id/index.php/remik/article/view/10115




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v11i2.13237

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v11i2.13237.g6216

ISSN2338-9761

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License