Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sales Executive Terbaik Pada Kia Motors Siliwangi Menggunakan Weighted Product
Abstract
Abstrak - Sales Executive pada KIA Motors Siliwangi merupakan karyawan dengan status kontrak yang masa kerjanya dapat diperpanjang secara berkala dengan melihat capaian target penjualan yang telah ditentukan oleh perusahaan. Apabila target penjualan tidak tercapai maka kontrak kerja akan dihentikan. Agar dapat memacu semangat para karyawan untuk dapat bekerja secara optimal dan maksimal maka pemberian penghargaan sebagai Sales Executive terbaik merupakan hal yang penting. Sales Supervisor dalam menentukan karyawan terbaik belum menggunakan metode yang dapat menangani penilaian karyawan dengan banyak kriteria sehingga untuk membantu proses penilaian dibutuhkan sebuah sistem yang diharapkan dapat membantu untuk membuat suatu keputusan. Metode Weighted Product merupakan metode pengambilan keputusan dengan cara perkalian untuk menghubungkan rating atribut, di mana rating setiap atribut harus dipangkatkan dulu dengan bobot atribut yang bersangkutan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pendukung keputusan dengan metode Weighted Product memudahkan Sales Supervisor dalam melakukan penilaian terhadap Sales Executive sesuai kriteria yang telah ditentukan sehingga tujuan dalam melakukan penelitian dapat tercapai.
Kata Kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Sales Executive Terbaik, Weighted Product.
Abstract - Sales Executives at KIA Motors Siliwangi are employees with contract status whose tenure can be extended periodically by looking at the achievement of sales targets that have been determined by the company. If the sales target is not achieved, the work contract will be terminated. In order to stimulate the enthusiasm of employees to work optimally and maximally, the awarding of the best Sales Executive is important. Sales Supervisors in determining the best employees have not used a method that can handle employee assessments with many criteria so that to assist the assessment process a system is needed which is expected to help make a decision. The Weighted Product method is a decision-making method by multiplying to connect attribute ratings, where the rating of each attribute must be raised first with the weight of the attribute in question. The results showed that the decision support system with the Weighted Product method made it easier for Sales Supervisors to evaluate Sales Executives according to predetermined criteria so that the objectives of conducting research could be achieved.
Keywords: Decision Support System, Best Sales Executive, Weighted Product.Full Text:
PDFReferences
Fahlevi, M. R., Ridha, D., Putri, D., & Utami, R. (n.d.). Penerapan metode weight product dalam pemilihan karyawan terbaik pada raz hotel medan. 115–124.
Hidayatullah, R. (2020). Pemrograman Web Seri PHP. START UP.
Ma’mur, K., & Maulina, B. (2020). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Mekanik Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product pada PT. Paramita Banindo. JOAIIA: Journal of Artificial …, 1(4), 169–176. http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/JOAIIA/article/view/7809
Marsono. (2020). Penggunaan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Penelitian. In Media.
Prehanto, D. R. (2020). Model Sistem Pendukung Keputusan Dengan AHP dan IPMS. Scopindo Media Pustaka.
Yudistira, A. C., & Sari, Y. S. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Menggunakan Metode Weighted Product untuk Pemilihan Karyawan Terbaik UMKM ZainToppas. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 9(2), 229–235. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v9i2.870
Yulyantari, L. M., & Wijaya ADH, I. P. (2019). Manajemen Model Pada Sistem Pendukung Keputusan (E. Risanto (ed.)). ANDI.
DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.13222
DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v10i2.13222.g5652
ISSN: 2338-9761