Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android bagi Guru SDIT Anak Sholeh

Sardiarinto Sardiarinto, Angela Bayu Pertama Sari, Dwi Iswahyuni, Anik Andriani, Eko Saputro, Paulus Tofan Rapiyanta

Abstract


Ketrampilan berbahasa Inggris saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat luas. Strategi-strategi pengajaran yang menarik, sederhana dan mudah diingat adalah beberapa kunci penentu dalam Bahasa inggris kepada anak-anak dari usia dini. Guru memiliki peran sebagai motivator siswa agar dapat lebih memahami pelajaran bahasa inggris, tidak hanya pada saat itu, namun juga dapat diingat dan digunakan selanjutnya dalam kalimat. Teknologi perlu dimanfaatkan untuk memaksimalkan proses belajar mengajar bahasa Inggris pada pendidikan anak pada saat ini. Saat ini telah tersedia ribuan aplikasi, namun cukup sulit untuk memilih yang paling sesuai untuk guru dan murid. Untuk itu perlu dibangun sebuah aplikasi Pembelajaran Bahasa inggris yang menarik, sederhana dan mudah diingat agar dapat dipraktikkan sendiri oleh peserta didik. Aplikasi dibangun dengan model waterfall yaitu Analisa, Design, Cooding, dan Testing. Dengan Aplikasi Pembelajaran bahasa Inggris menggunakan teknologi berbasis android ini mampu menunjang proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru menjadi lebih optimal sehingga anak mampu memahami dan mengenal bahasa Inggris yang baik dan benar.

Kata Kunci:  Aplikasi Android, Bahasa Inggris, Pembelajaran Guru


Full Text:

PDF

References


Ariona, R. (2014). Game Edukasi Pengenalan Warna Sebagai Media- Pembelajaran Anak Usia Prasekolah Berbasis Android. Jurnal Teknik Elektro, 6(1), 30. https://doi.org/10.15294/jte.v6i1.3573

Jati, A. G. (2018). The Use Of Smartphone Applications In English Language Teaching And Learning. SOSIOTEKNOLOGI, 17(1). https://journals.itb.ac.id/index.php/sostek/ article/view/6308

Kusnadi, Yahdi, D. (2018). Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Multimedia (Studi Kasus : Paud Al-Hasanah Cilimbung Tasikmalaya). Teknik Komputer UBSI, 4(1). http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jtk/article/view/2401/1898

Papadakis, S., & Kalogiannakis, M. (2017). Mobile educational applications for children. What educators and parents need to know. International Journal of Mobile Learning and Organisation, 11(2), 1. https://doi.org/10.1504/ijmlo.2017.10003925

Siregar, Syamsiah D., Sari, Siti M., Simamora, D. F. (2020). Using Application Based on Smartphone Android “Hello English” To Increase Students’ English Competency. English Journal for Teaching and Learning, 8(1), 47 – 56. http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/EEJ/article/view/2677

Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Tersruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31294/bi.v9i2.10772

DOI (PDF): https://doi.org/10.31294/bi.v9i2.10772.g5120

ISSN2338-9761 (media online), 2338-8145 (media cetak)

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Kramat Raya No.98, Kwitang, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10450
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License