KAMPANYE URGENSITAS TES BUTA WARNA BAGI SISWA-SISWI CALON MAHASISWA DESAIN

Rafitasari Ritonga, Hendy Yuliansyah

Sari


Abstract - One aspects of communication is a visual design that promotes goods or services good commercially or non -commercial visual media is aiming to deliver message to the target . Color blindness is an eye disorder in iB , identify colors . Where sufferers have trouble seeing prayers One among the primary color lie because loss malfunction regular prayers One eye the cone cells normally function to see the color . And due to genetic factors have not been found using the method treatment color blind . Although not regular  all understand True Colors Will blind husband , but we doesnot have regular net net requirements requested More Articles New Shares Number of regular mail is not color blind . Either In , how to make a letter called a driving license , when enter vocational school or college , even while applying for a job . Until finally color blind test is considered a formality. In design , in which color plays a role as important elements placed and design , determine whether or not color blind that self we husband engaged in capital ownership is Important In , supporting an optimal design . In, colour blind test campaign efforts .

 

Keywords : Design , Visual Communication Design ,  Campaign , Color Blind , Color Blind Test , prospective design student

 

Abstrak - Salah satu aspek desain komunikasi visual adalah mempromosikan barang atau jasa baik secara komersil atau non komersil melalui media visual yang bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada sasaran. Buta warna merupakan kelainan pada mata dalam  mengidentifikasi warna. Dimana penderitanya kesulitan melihat salah satu warna primer diantara warna-warna lain karena hilangnya tidak berfungsinya salah satu sel kerucut pada mata yang biasanya berfungsi untuk melihat warna. Disebabkan faktor genetis dan belum ditemukan metode pengobatan buta warna. Meski tidak semua paham betul akan buta warna ini, tapi kita sudah tidak asing lagi dengan persyaratan meminta surat keterangan tidak buta warna. Entah dalam membuat surat ijin mengemudi, saat masuk sekolah kejuruan atau perguruan tinggi, bahkan saat melamar pekerjaan. Hingga akhirnya tes buta warna di anggap hanya formalitas. Dalam desain, dimana warna berperan penting sebagai elemen dasar desain, mengetahui buta warna atau tidaknya diri kita yang berkecimpung di bidang ini sangatlah penting dalam menunjang optimalnya suatu desain. Dalam upaya mengkampanyekan tes buta warna.

Kata Kunci : Desain, Desain komunikasi Visual, Kampanye, Buta Warna, Tes buta Warna, calon mahasiswa desain.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arthur, R. (2007). Desain grafis dari mata turun ke hati. Bandung: Kelir.

ISI, P. D. (2009). Irama Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Jacoby, David B dkk.(2009). Pustaka Kesehatan Popular Pancaindra edisi bahasa indonesia, Jakarta:Gramedia Direct Selling.

Kusrianto, A. (2009). Pengantar Desain Komunikasi Visual Edisi II. Yogyakarta: Andi.

Masri, A. (2010). Strategi Visual. Yogyakarta: Jalasutra.

Rustan, S. (2009). Layout: Dasar & Penerapannya. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2011). Mendesain Logo. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Sachari, A. (2004). Pengantar Metodelogi Penelitian Budaya Rupa. Jakarta: Erlangga.

Sarwono, J. (2007). Metode Riset untuk DKV. Yogyakarta: Andi.

Sunyoto, S. E. (2009). Nirmana Elemen-Elemen Seni & Desain edisi II. Yogyakarta: Jalasutra.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI