BRANDING USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH TOKO ANYAMAN HIKMAH CIJAETUN DI KECAMATAN SELAAWI KABUPATEN GARUT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN CITRA PRODUK

Neng Siti Nursa Indah Aeni S, Hendy Yuliansyah

Sari


Abstract - Branding is a process to plan identities within all subject related to the system of the company and its promotional media to support the success of the company. One of its factor is a Logo as a company identity. The right promotional media needs to be delivered to the right promotional target while marketing a product. Micro and Middle Business Hikmah Cijaetun established since 2007, they have been marketing their product to several cities in Java. They offer much kind of products in a good quality and cheaper price. This business expected to be Good Quality Waving Centre (Kecamatan Selaawi – Garut) and knowing as an icon of Kecamatan Selaawi. A promotion needs to support the growth of the business, with a creative promotional concept they expect people will identified and makes their store as a bamboo waving craft centre.

 

Keywords : Branding, Company Identities, Logo, Promotional Media, Commercial Advertisement, Bamboo Waving Products, Hikmah Cijaetun Waving Store Micro and Middle Business.

 

Abstrak - Branding adalah proses merancang identitas dan dalam segala hal yang berhubungan dengan sistem pada perusahaan dan media promosi untuk menunjang keberhasilan suatu perusahaan. Salah satu aspek pendukung dalam meningkatkan citra produk adalah sebuah logo sebagai identitas suatu usaha. Dalam pemasaran suatu produk, dibutuhkan media promosi yang tepat untuk disampaikan kepada target sasaran. Usaha Mikro Kecil dan Menengah Anyaman Hikmah Cijaetun didirikan sejak tahun 2007, pemasarannya telah meliputi berbagai kota dan daerah Pulau Jawa. Usaha ini menawarkan berbagai macam produk dengan kualitas baik dan harga yang relatif murah. Usaha ini diharapkan menjadi Sentra Anyaman Berkualitas (Kecamatan Selaawi - Garut) dan dikenal sebagai ikon dari Kecamatan Selaawi. Sebuah promosi sangat diperlukan dalam mendukung kemajuan sebuah usaha, dengan perancangan media promosi yang kreatif diharapkan masyarakat dapat mengenal dan  menjadikan toko tersebut sebagai pusatnya kerajinan anyaman dari bambu.

 

Kata Kunci : Branding, Identitas Perusahaan, Logo, Media promosi, Iklan Komersial, Produk Anyaman Bambu, Usaha Mikro Kecil dan Menengah Toko Anyaman Hikmah Cijaetun.


Teks Lengkap:

PDF PDF

Referensi


Ananda, M. 1978. Seluk Beluk Reklame dalam Dunia Perdagangan. Jakarta: Mutiara.

Buchory, Herry A. Saladin, Djaslim. 2010. Manajemen pemasaran. Bandung : CV. Linda Karya.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi ke-Empat. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Umum.

Hadi. 1978. Metode desain grafis. Jakarta : PT. Gramedia,.

Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iiklan Memproduksi Iklan. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Mubyarto. 1996. Ekonomi Rakyat dan Program IDT. Yogyakarta : Aditya Media.

Nicolino, Patricia F. 2007. Brand Management. Jakarta : Prenada Media Group.

Nuradi dkk. 1996. Kamus Istilah Periklanan Indonesia. Jakarta: PT. Gramedia.

Prasetyowibowo, Bagas. 2002. Manajemen Desain. Bandung: Yayasan Delapan-Sepuluh.

Rustan, Surianto. 2011. Mendesain logo. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sihombing, D. 2001. Tipografi dalam Desain Grafis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sobur, Alex. 2003 Semiotika Komunikasi, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,.

Sritua, Arif. 1999. Ekonomi Kerakyatan Indonesia; Mengenang Bung Hatta Bapak Ekonomi Kerakyatan Indonesia. Jawa Tengah : Muhammadiyah University Press.

Sumodiningrat, Gunawan. 1999. Pemberdayaan masyarakat dan jaring pengaman sosial, Jakarta : PT.Gramedia Pustaka Utama.

Surakhmad. 1787. Pengantar Penelitian Ilmiah. Jakarta : PT. Tarsito.






Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
 
LPPM Universitas BSI