Rancang Bangun Game Side Scrolling Gatotkaca Berbasis Android

Dinar Ajeng Kristiyanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan membuat sebuah game berbasis Android yang dapat dijalankan di Smartphone yang memiliki fiture multitouch, dapat memberikan hiburan bagi player, sebagai pengisi waktu luang, serta melatih koordinasi syaraf motorik, sensorik dan gerak reflex. Tahap perancangan dimulai dengan mengidentifikasikan kebutuhan yang dihasilkan dari pengamatan   dan   penelitian,   selanjutnya   melakukan   perancangan   game   dan storyboard. Tahap implementasi dilakukan dengan cara pengujian dari berbagai hardware dan software serta menggunakan bahasa pemrograman  Actionscript 3.0. Hasil yang dicapai adalah sebuah game berjudul Gatotkaca yang ber-genre side scrolling dengan grafik 2 dimensi dan terdiri dari 3 level dengan jenis latar tempat yang berbeda-beda. Sesuai dengan perancangan, karakter yang ada pada game ini berupa kartun Gatotkaca dan Mandrakumara sebagai apresiasi terhadap budaya Indonesia. Game ini dimainkan oleh satu player (single player) dan mengambil latar tempat di langit dan angkasa luar sesuai dengan storyline. Dan digerakkan dengan menggunakan tombol navigasi yang diintegrasikan dengan fiture multitouch pada smartphone. Sesuai dengan testing hasil uji coba aplikasi yang telah dilakukan pada emulator Android  serta  smartphone  berbasis  Android  didapat  bahwa  aplikasi  ini dapat dioperasikan dengan baik di smartphone yang ber-platfrom Android versi 2.3 ke atas dan memiliki fiture multitouch, dengan kecepatan rata-rata disetiap menunya 0,01 - 0,02 detik.

Kata Kunci: Android, Game, Game Side Scrolling Gatotkaca



References


Andi. “Panduan Lengkap Adobe Flash CS4 Profesional”. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2009.

Ees. “Membuat Animasi Kartun Dengan Macromedia Flash 8”. Jakarta: D@takom Lintas Buana, 2008.

Enterprise, Jubille. “Kupas Tuntas Flash CS4". Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2009.

Luluk, Eva. “Budaya Indonesia Antara Hidup dan Mati”.

http://sosbud.kompasiana.com/2014/05/19/budaya-

indonesia-antara-hidup-dan-mati-657940.html, 2014. Diakses tanggal 20 Oktober 2017 pukul 10.44 WIB.

Martin, Anthony Dio. “Tujuh Pelajaran Paling Inspiratif dari Tokoh Gatotkaca”. http://www.hrexcellency.com/tujuh-pelajaran-paling-inspiratif-dari-tokoh-gatotkaca/, 2017. Diakses tanggal 20 Oktober 2017 pukul 17.15 WIB.

Mulyana, Eueung. “Ciptakan Sendiri Aplikasi Androidmu”. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2012.

Radion, Kristo. “Easy Game Programming Using Flash and ActionsScript 3.0”. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2012.

Rogers, Rick. “Learning Android Game Programming”. United States: Pearson Education, Inc, 2012.

Safaat. “Pemrograman Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android”. Bandung: Informatika Bandung, 2012.

Tong, M. “Side Scrollers: A Planar Odyssey. 1-2”.

https://web.stanford.edu/group/htgg/sts145papers/mtong_2001_2.pdf, 2001. Diakses tanggal 25 Oktober 2017 pukul 14.39 WIB.

Wahana Komputer. “Pembuatan Animasi Interaktif”. Yogyakarta: CV. Andi Offset, 2010.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2569

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License