Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat
Abstract
Abstract— Information is a very important thing in life so that everyone is working to be able to access information quickly. The advent of the technological development that is the internet is becoming a necessity inseparable in life. We need the internet to communicate and to access information and to disseminate information to everyone. With the increasing use of the internet growing so rapidly, so the current information exchange can occur within seconds one of them through the innovation in social interaction that is social media. Social media today are not just simply to communicate and establish relationships with new people but also as a means of information dissemination. Social media is very easy to use as a means of dissemination of information in all fields such as bussiness, tourism, health, religion, and politics. However, in communicating or disseminating information through social media should be careful, because the Government has passed a law on Information and Electronic Transactions (UU ITE). UU ITE regulating various legal protection over activities that utilize the internet as a medium, good deals as well as the utilization of the information.
Keywords:Social Media, Dissemination of Information, UU ITE
Abstrak – Informasi merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehingga setiap orang berupaya untuk dapat mengakses informasi dengan cepat. Munculnya perkembangan teknologi yaitu internet menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan. Kita membutuhkan internet untuk berkomunikasi dan mengakses informasi serta untuk menyebarkan informasi kepada semua orang. Dengan makin berkembangnya penggunaan internet yang demikian pesat, maka arus pertukaran informasi dapat terjadi dalam hitungan detik salah satunya melalui inovasi dalam interaksi sosial yaitu media sosial. Media sosial saat ini tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan orang-orang baru tetapi juga sebagai sarana penyebaran informasi. Media sosial sangat mudah digunakan sebagai sarana penyebaran informasi di semua bidang. Di penulisan ini hanya membahas beberapa bidang saja seperti bidang pendidikan, bisnis, pariwisata, kesehatan, keagamaan, dan politik. Namun, dalam berkomunikasi maupun menyebarkan informasi melalui media sosial harus berhati-hati, karena pemerintah telah mengeluarkan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). UU ITE mengatur berbagai perlindungan hukum atas kegiatan yang memanfaatkan internet sebagai medianya, baik transaksi maupun pemanfaatan informasinya.
Kata Kunci: Media Sosial, Penyebaran Informasi, UU ITE
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
REFERENSI
Dewi, Kania Astri. 2013. Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi : Studi kasus SMA Negeri 28 Jakarta dalam Kaitannya dengan Perpustakaan Sekolah.
Brogan, Chris. 2010. Social Media 101: Tactics and Tips to Develop Your Business Online.
Hasugian, Jonner, 2009. Dasar-Dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Medan: USU PRESS.
Kaplan, Andreas M; Michael Haenlein. 2010. Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media.
Kusumadewi, anggi dan Syahrul Ansyari. . 2012.Diambil dari : http://sorot.news.viva.co.id/print_detail/printing/337420-media-sosial--jurus-murah-kampanye-politik. ( 20 Juli 2012).
Mulyanto, Agus. 2009. Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta
Pradiyatiningtias, Diah. 2016. Peran Instragram dalam Menarik Minat Wisatawan Berkunjung ke Objek wisata Yogyakarta. Vol-2. Jurnal Khasanah Ilmu
Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan melalui Social Media. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Purnama, Hadi. 2011. Media Sosial di Era Pemasaran 3.0. Corporate and Marketing Communication. Jakarta
Septria, Nevita 2016. Mengoptimalkan Medsos untuk Promosi Pariwisata. Diambil dari : http://m.radarbangka.co.id/rubrik/detail/perspektif/13837/mengoptimalkan-medsos-untuk-promosi-pariwisata.html. (17 Mei 2016).
Syamsuriyanto. 2015. New Media dan Sosial Media dalam Dakwah. Diambil dari : http://www.kompasiana.com/syamsuriyanto/new-media-dan-sosial-media-dalam-dakwah-di-era-modernisasi_54f77244a333115a348b490e. (23 Juni 2015)
Zamris, Habib. 2014. Peranan Media sosial dalam Pengembangan dakwah. Diambil dari : http://www.zamrishabib.web.id/2014/12/peranan-media-sosial-dalam-pengembangan.html. (8 Desember 2014).
Zarella. 2010.Bijak dalam menggunakan media sosial, diambil dari : http: //www. journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/download/3295/2991
http://nasional.kompas.com/read/2014/03/29/1153482/Media.Sosial.dalam.Kampanye.Politik. (29 Maret 2014).
https://digitalmarketer.id/social-media/panduan-memanfaatkan-media-sosial-untuk-bisnis-online-terbaik. (24 Maret 2015).
DOI: https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120
Copyright (c) 2017 Yuni Fitriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
ISSN: 2579-3500

