Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Karyawan Untuk Jabatan Tertentu Dengan Pendekatan Analisa Gap Profile Matching

Dinar Ajeng Kristiyanti

Abstract


Seiring dengan bertambahnya jumlah karyawan yang bekerja, baik karyawan edukatif maupun karyawan nonedukatif berpengaruh pada pengambilan keputusan untuk menentukan karyawan dalam menempati jabatan tertentu. Selain itu tingkat kemajemukan karyawan yang semakin kompleks, dapat membuat sulitnya memilih karyawan yang tepat dan cepat untuk dapat memenuhi jabatan yang diharapkan oleh perusahaan. Menempatkan karyawan pada jabatan yang kosong merupakan masalah penting, sulit dan kompleks. Hal ini karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan mesin. Evaluasi kinerja karyawan melalui wawancara yang penilaiannya berdasarkan atribut subyektif (kualitatif), seperti kepribadian, kepemimpinan dan pengalaman, maupun penilaian evaluasi tes seleksi berdasarkan atribut obyektif (kuantitatif), seperti latar belakang pendidikan dan kemampuan analisis, dirasakan masih kurang dalam penilaian kinerja karyawan yang notabene masih dianggap tidak sesuai atau tidak objektif dengan kenyataan dari seorang karyawan, apalagi jika beberapa karyawan memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda. Untuk itu dibutuhkan suatu sistem pendukung keputusan yang mampu untuk dapat menjadi solusi dalam menangani permasalahan yang dihadapi oleh manajemen SDM dalam sulitnya menyeleksi karyawan untuk menempati jabatan yang kosong. Sistem program yang akan dibuat ini akan berusaha membantu mengatasi problem-problem yang terjadi dengan pendekatan analisa gap profile matching, agar SDM dapat didayagunakan secara efektif dan efisien. Sistem ini dibangun bukan untuk menggantikan peran manajer, namun untuk  membantu manajer dalam pengambilan keputusan yang diharapkan agar pengambilan keputusan lebih efektif dan efisien.


References


Kusrini dan Awaluddin. “Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Karyawan Untuk Promosi Jabatan”. Yogyakarta, 2005.

Simamora, Henry. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi III. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN, 2001.

Turban, E. , dkk. Decision Support System and Intelligent Systems (Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas) Jilid 1. Yogyakarta: Andi Offset, 2005.

Wibowo, Henry, dkk. Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penerima Beasiswa Bank BRI Menggunakan FMADM (Studi Kasus: Mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia). Yogyakarta: SNATI 2009, 2009.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v19i1.1502

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License