KAJIAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI LAYANAN AKADEMIK BERBASIS WEB BERDASARKAN PENDEKATAN TAM : Studi Kasus di AMIK BSI JAKARTA

Eni Heni Hermaliani

Abstract


Di era globalisasi ini, informasi menjadi sesuatu yang memiliki nilai komoditas tinggi  dan menjadi sesuatu yang bersifat krusial. Teknologi informasi memberikan konstribusi yang sangat luar biasa dalam hal penyebaran materi informasi ke berbagai belahan dunia tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Dalam bidang pendidikan saat ini, penggunaan internet sudah merupakan suatu kebutuhan. Sekolah-sekolah, lembaga-lembaga pendidikan maupun universitas sudah banyak yang memanfaatkan internet sebagai sarana pendukung bagi kegiatan akademisnya, baik sebagai alat bantu proses pembelajaran maupun sebagai media untuk pengaksesan sistem informasi layanan keakademikan berbasis web. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap Sistem Informasi Layanan Akademik berbasis Web, dan untuk mengidentifikasi bagaimana model penerimaan pengguna Sistem Informasi Layanan Akademik di AMIK BSI dengan menggunakan model untuk menggambarkan hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan Sistem Informasi Layanan Akademik tersebut adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) pada perangkat lunak Analisys of MOment Structure (AMOS) versi 6.0. Adapun variabel yang digunakan pada penelitian ini adalah variabel laten eksogen sebagai variabel independen (X) yang berupa kemudahan menggunakan (Percieved Ease of Use), serta variabel laten  endogen sebagai variabel dependen (Y) yaitu adanya kemanfaatan (Percieved Usefulness), sikap kearah penggunaan (Attitude Toward Using), perilaku atau niat untuk terus menggunakan (Behavioral Intention to Use) serta penggunaan sistem secara nyata (Actual System Usage). Dari hasil penelitian diketahui bahwa penerapan layanan akademik berbasis web dipengaruhi oleh adanya kemudahan. Dengan kemudahan dalam penggunaan maka akan memperoleh suatu manfaat dan dengan manfaat akan timbul sikap serta niat untuk menggunakan, sehingga dengan demikian penggunaan sistem secara nyata akan dilakukan oleh pengguna.

Full Text:

PDF

References


Davis, F. D., 1989. Perceived Usefulness, Rerceived Ease of Use and User Acceptance of Information Tehnology, Management Information System Quarterly.

Ferdinand, Augusty., 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian manajemen, BP UNDIP, Semarang.

Gardner, Christina, & Amoroso L. Donald, 2004. Development of an Instrument to Measurement Acceptance of Internet Technology by Consumers, Proceedings of the 37th Hawaii International Conference on System Sciences.

Ghozali, Imam A., 2005. Model Persamaan Struktural – konsep dan aplikasi dengan program AMOS Ver 5.0, BP UNDIP, Semarang.

Jogiyanto, HM, 2003. Analisa Desain Sistem Informasi, Andi, Yogyakarta.

Kadir, Abdul., 2005. Pengenalan Teknologi Informasi, Andi, Yogyakarta.

Landry B, J.L., Griffeth R. & Hartman S., 2006. Measuring Student Perceptions of Blackboard Using the Technology Acceptance Model, Decision Sciences Journal of Innovative Education, Volume 4 Number 1 January 2006. USA. (http://www.blackwell_sinergy.com)

Leong, Leslie, 2003. “Theoretical Models in IS Research and the Technology Acceptance (TAM)”, Central Connecticut State University, USA.

Mc Leod., Raymond, 2001. Sistem Informasi Manajemen, Jilid I, Prenhallindo, Jakarta.

Nugroho, Bhuono, Agung., 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS, Andi Offset, Yogyakarta.

Riduwan., 2003. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Sianipar, Pandapotan, 2006. Panduan Menggunakan Internet, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Stern, Morgan., 1998. NetWare Untuk Koneksi ke Internet, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

Widodo, Prabowo, Pudjo, 2006. Statistika Analisis Multivariat : Seri Metode Kuantitatif, Kumpulan Modul Kuliah, Jakarta.

Zulganef, 2006. Pemodelan Persamaan Struktur dan Aplikasinya Menggunakan Amos 5, Pustaka, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.31294/p.v9i3.1159

ISSN2579-3500

Dipublikasikan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika

Jl. Dewi Sartika No. 289, Cawang, Jakarta Timur Telp : 021-8010836, ext. 202
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License